fbpx
BerandaHidup SehatSampel Tes Covid-19 dengan Saliva, Diklaim Lebih Akurat?

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

tes-covid-19

Tes untuk mendeteksi infeksi Covid-19 pada seseorang kini tersedia beragam jenis. Banyaknya  tes virus ini karena Covid-19 tergolong virus baru, maka masih banyak yang perlu diteliti untuk menekan pertumbuhannya. Agar masyarakat tidak bingung diagnosis yang tepat untuk virus ini, perlu adanya pengetahuan mengenai tes Covid-19

Definisi

Deteksi virus COVID-19 dapat dilakukan dengan cepat dan lambat. Tes cepat atau disebut rapid test karena diperlukan waktu satu jam untuk menerima hasilnya. Namun tes ini tetap harus dilanjutkan dengan tes pemeriksaan PCR. Tes dengan mengetahui RNA virus ini termasuk tes virus yang tergolong lambat. Butuh waktu berhari-hari untuk menilai hasilnya.

Kelompok yang  Harus Melakukan Tes

Baik tes cepat maupun tes lambat, hanya dilakukan oleh orang yang direkomendasikan oleh petugas kesehatan. Namun jika muncul gejala Covid-19 maka diharuskan untuk ke rumah sakit untuk deteksi  keberadaan virus di tubuh. Tidak perlu melakukan tes  ke rumah sakit, jika dalam kondisi  sehat. Hal ini dikhawatirkan, orang dengan status sehat, justru akan tertular virus. 

Jika ada kemungkinan kontak langsung dengan orang yang diketahui positif virus, segera lakukan tes ke rumah sakit. Dokter akan menjelaskan segala kemungkinan yang akan terjadi setelah adanya  kontak langsung. Serangkaian tes virus akan dilakukan untuk mendeteksi ada tidaknya virus di tubuh. Tujuan tes ini juga untuk mendeteksi  siapa saja yang berpotensi menularkan virus Corona

Tes Covid-19 dengan Air Liur

Salah satu tes Covid yang dinilai lebih efektif untuk deteksi yaitu saliva test. Tak hanya efektif, tes ini juga lebih nyaman karena hanya menggunakan sampel air liur. Berbeda dengan tes PCR lainnya yang diambil dari sampel, lendir di pangkal hidung, lendir di pangkal tenggorokan, dan darah di ujung jari. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sampel saliva diklaim lebih akurat dan dapat mengurangi satu langkah tes seperti yang ada di tes PCR yaitu ekstraksi DNA. Dikutip dari website Kemenristek, tes COVID-19 dengan sampel air liur ini dikembangkan dari Universitas Padjajaran. Diharapkan mampu memperluas deteksi virus di beberapa daerah yang tidak dilengkapi peralatan PCR.

Sampel air liur ini dipakai untuk menguatkan 3T (tracing, tracking, dan testing) yang berperan sebagai fondasi penanganan Covid-19. Tak melewati tahap ekstraksi namun tahapan ini diganti dengan penambahan enzim yang telah dipanaskan. Penambahan ini berlangsung sebentar sehingga lebih banyak hasil tes yang akan diperoleh. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tingkat akurasi tes saliva sebesar 94%. Jumlah ini sebanding dengan hasil tes usap di hidung atau tenggorokan. Tes ini memiliki kelebihan tidak terlalu bergantung pada tenaga medis dalam pengambilan sampel. Sampel dapat diambil sendiri, lalu dikirimkan ke rumah sakit tanpa perlu pergi untuk mengantarkannya. Lebih hemat biaya karena tak perlu memakai APD untuk pengambilan sampel. 

“Dengan cara mengambil sampel yang lebih mudah, dan sampel air liur juga dapat bertahan 24 jam, tes ini mungkin dapat memudahkan pasien mengambil sampel sendiri dirumah dan mengurangi risiko penularan ke petugas.” jelas dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Tes Covid-19 Kalbe

Tes ini menggunakan sampel air liur yang  hanya  membutuhkan peralatan sederhana dan relatif cepat. Teknologi yang digunakan berupa RT-LAMP yang sebanding dengan tes molekuler RT-PCR. Telah divalidasi dengan akurasi yang hampir sama dengan alat pendeteksi asam nukleat tersebut. 

RT LAMP (Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification) mendeteksi spesifik asam nukleat. Material genetik dari virus SARS CoV-2 termasuk ke dalam kategori NAAT (Nucleid AcidAmplification Test). Sampel yang digunakan ini meminimalkan resiko hidung sensitif dan muntah. Sesuai digunakan oleh orang yang hipersensitif. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Harga yang ditawarkan pun lebih murah dibanding RT-PCR dan telah disetujui oleh Badan POM. Perlengkapan ini telah diberikan izin edar resmi dari Kementrian Kesehatan RI. Alat tes dari Kalbe ini mulai didistribusikan ke berbagai laboratorium maupun klinik seluruh Indonesia. Pengenalan alat  tes ini akan diberikan biaya lebih murah hingga akhir Maret. 

Tes yang diciptakan ini bersifat non invasif dan dapat menyimpan koleksi spesimen. Saliva hanya perlu disimpan di dalam tabung steril. Tak perlu kemasan khusus untuk penyimpanan sampel. Sehingga dinilai lebih ekonomis. Selain itu, memiliki tingkat resiko penularan yang kecil ke tenaga medis. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dapat dilakukan secara mandiri untuk pengambilan sampelnya. Sedangkan untuk peralatannya sudah tersedia di laboratorium dan rumah sakit. Pemeriksaan sampel tetap akan dilakukan di laboratorium. Alat ini dapat digunakan dari  usia anak-anak hingga dewasa. Hasil akan lebih akurat dengan tidak mengonsumsi apapun selama 30 menit sebelum penggunaan. 

Meskipun sampel saliva test Covid-19 diambil di laboratorium, tetap tidak akan beresiko menularkan. Pasien cukup meludah ke kontainer yang telah disediakan dengan suhu ruang yang stabil. Hasil tes ini juga dapat digunakan untuk syarat perjalanan dengan dikoordinasikan terhadap pihak terkait terlebih dahulu.Anda dapat melakukan tes COVID-19 di rumah menggunakan layanan PCR TES (Rp495.000) dari Lifepack.

Kami dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis dengan mudah. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman