fbpx

Mengenal Vometa, Obat Anti Muntah yang Ampuh

Sep 29, 2020 | Informasi Kesehatan Obat dari Huruf K, Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Anda mungkin salah satu orang yang sering mengalami mual akibat Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Ya, gangguan asam lambung yang satu ini memang sering menimbulkan rasa mual, bahkan membuat penderitanya bisa muntah. Salah satu obat yang ampuh mengatasi muntah akibat GERD adalah vometa.

Apa Itu Obat Vometa?

Mungkin bagi Anda penderita GERD sudah cukup akrab dengan obat yang satu ini. Ya vometa merupakan obat golongan antiemetik. Obat ini sering digunakan untuk mengatasi rasa mual, muntah, kembung, atau ketika perut terasa tidak nyaman akibat kekenyangan, GERD, atau gangguan perut lainnya. Vometa mengandung domperidone sebagai bahan aktifnya. Obat ini tersedia dalam beberapa bentuk, yakni tablet (Vometa FT), sirup, suppositoria, dan tetes (vometa drop).

Informasi Obat

Golongan: Antiemetik (obat keras)

Kategori: Obat resep

Kandungan: Domperidone

Bentuk sediaan: Tablet, suppositoria, sirup, dan tetes

Manfaat: Mengatasi mual, muntah, gangguan perut

Cara Kerja

Karena mengandung domperidone sebagai bahan aktifnya, obat ini bekerja dengan cara mempercepat proses pencernaan makanan di dalam lambung. Hal ini supaya makanan dapat lanjut masuk ke usus untuk proses pencernaan selanjutnya. Selain itu, obat vometa juga bekerja dengan bertindak sebagai antagonis terhadap reseptor dopamin di kemoreseptor “trigger zone” yang berpengaruh terhadap refleks muntah.

Dosis

Meski obat vometa sering digunakan untuk mengatasi mual, obat ini tidak dapat digunakan sembarangan tanpa resep atau pengawasan dokter. Namun terdapat beberapa rekomendasi dosis yang dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan, yakni:

1. Vometa Tablet

  • Usia >16 tahun : 10 mg yang dikonsumsi 3 kali sehari.

2. Vometa Suppositoria

  • Anak-anak >12 tahun : 30 mg yang dikonsumsi 2 kali sehari
  • Anak-anak <12 tahun dengan berat badan >15 kg : 0,75 mg/kgBB yang dikonsumsi 2 kali sehari.

Jangan menambahkan atau mengurangi dosis obat vometa tanpa saran dari dokter. Hal ini dapat menimbulkan efek samping pasca pemakaian.

Efek Samping

Pada beberapa kasus, obat ini dapat menimbulkan efek samping pasca konsumsi. Efek samping yang biasa muncul akibat konsumsi obat vometa adalah:

  1. Pusing 
  2. Mulut terasa kering, terbakar, atau terjadi iritasi
  3. Masalah tidur (Baca juga 9 Makanan untuk Susah Tidur)
  4. Kram perut
  5. Nyeri dada
  6. Nyeri pada kaki
  7. Keluarnya air susu berlebihan pada payudara
  8. Jadwal menstruasi terganggu
  9. Pembengkakan pada payudara atau mengalami kesulitan saat berkemih

Efek samping di atas dapat semakin memburuk. Anda perlu segera ke rumah sakit jika Anda merasakan beberapa gejala berikut ini:

  1. Kejang
  2. Penurunan kesadaran
  3. Denyut jantung menjadi cepat atau lambat
  4. Gelisah dan mengalami gerakan yang tidak terkendali seperti bola mata yang terus bergerak tidak teratur

Kontraindikasi Obat

vometa-obat
Obat vometa digunakan untuk mengatasi rasa mual, muntah, kembung, GERD, atau gangguan perut lainnya. Simak dosis dan efek sampingnya di sini.

Obat vometa dapat memiliki sifat kontraindikasi pada beberapa obat-obatan karena dapat menimbulkan interaksi obat. Penggunaan obat ini tidak boleh digunakan berbarengan atau dalam waktu yang berdekatan dengan obat phenelzine, tranylcypromine, furazolidone, dan selegiline.

Selain itu vometa dikontraindikasikan dengan orang yang memiliki sensitivitas terhadap domperidone. Vometa merupakan obat yang masuk ke dalam golongan obat C yang mana terindikasi menimbulkan efek samping pada jika diminum oleh ibu hamil. Namun belum ada studi lebih lanjut mengenai hal ini.

Konsultasikan kepada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau bahkan suplemen. Hindari konsumsi alkohol dan perilaku merokok selama penggunaan obat ini, atau konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter.

Beberapa kondisi kesehatan juga dapat membuat vometa menimbulkan kontraindikasi seperti tumor, gangguan hati, dan pendarahan pada sistem pencernaan.

Cara Penggunaan

Sebelum menggunakan obat ini, baca aturan pakai yang tersedia pada label kemasan dengan teliti. Pastikan Anda tidak melebihkan atau mengurangi dosis dari yang disarankan oleh dokter. Gunakan obat ini 30 menit sebelum makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan gunakan obat ini lebih dari dua minggu karena obat ini merupakan obat yang digunakan dalam pengobatan jangka pendek.

Itulah informasi mengenai obat vometa yang dapat mengatasi mual dan muntah. Pastikan gunakan obat ini secara bijak, dan konsultasikanlah kepada dokter atau apoteker terlebih dahulu untuk mengetahui cara penggunaan yang benar.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Nada Karisma Oktavia

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis