fbpx
BerandaHidup SehatTips Pola Makan Sehat agar Puasa Lancar

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Ramadhan akan segera tiba, banyak dari kita yang mempersiapkan diri untuk kedatangan bulan yang penuh berkah ini. Berbagai persiapan termasuk persiapan fisik dilakukan untuk menyambut ramadhan dengan tujuan dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Untuk mendukung kelancaran ibadah puasa, tentunya kita ingin melakukan ibadah puasa dengan tubuh tetap sehat dan bugar. Namun banyak dari kita yang lupa untuk menjaga kesehatan, terutama dalam mengkonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa.

Lalu apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan?

Berikut tips pola sehat saat ramadhan yang telah tim Lifepack rangkum dan dapat Anda terapkan selama bulan ramadhan.

Banyak Minum Air dan Makan Makanan yang Banyak Mengandung Air

Cara agar puasa lancar yang paling pertama adalah dengan asupan air. Minumlah banyak air antara jam buka puasa dan sahur. Kondisi suhu yang panas akan membuat Anda berkeringat lebih banyak, jadi penting untuk minum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat berkeringat seharian dengan minum minimal 10 gelas air per hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu hindari minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda, karena kafein dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil yang dapat mengakibatkan dehidrasi, sedangkan soda dapat menambah asupan kalori sehingga menimbulkan asupan kalori berlebihan pada tubuh. Kurangi juga konsumsi juga minuman berpemanis seperti sirup, dan sejenisnya yang berlebihan untuk menghindari kelebihan asupan kalori.

Mengembalikan Energi dengan Menu Berbuka Puasa Sehat dan Seimbang

Jika Anda menyukai kurma, Anda dapat menjadikan kurma sebagai pilihan makanan berbuka puasa. Mengkonsumsi tiga buah kurma merupakan cara tradisional yang sehat untuk dilakukan saat berbuka puasa. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain kurma, Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan lainnya untuk mengembalikan energi setelah berpuasa dan membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari Anda. Sayur-sayuran juga merupakan makanan yang perlu ditambahkan dalam menu berbuka untuk memberikan vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selain dengan buah dan sayur, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penting dengan konsumsi vitamin seperti Osfit Platinum – Suplementasi Multivitamin dan Mineral (Rp241.800).

Selain itu kebutuhan serat dan protein juga harus dipenuhi untuk menjaga keseimbangan menu saat sahur maupun berbuka puasa, serta hindari gorengan, makanan olahan yang tinggi lemak, tinggi gula, dan tinggi garam. Tetap makan dengan asupan gizi yang seimbang selama berbuka puasa.

Jangan Lewatkan Sahur

Sahur merupakan hal yang penting yang perlu dilakukan sebelum berpuasa setiap harinya. Sahur menjadi sangat penting terutama pada kelompok khusus seperti orang dengan usia lanjut, remaja, wanita hamil dan ibu menyusui, serta anak-anak yang memilih untuk berpuasa agar dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar.

Oleh karena itu, menu sahur perlu menyertakan sayuran, satu porsi karbohidrat seperti roti atau nasi, serta lauk pauk dan buah agar gizi yang diperlukan dalam tubuh tetap terpenuhi, sehingga tetap perhatikan asupan gizi yang seimbang saat sahur.

Jaminan Lifepack untuk Anda

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan
Ragam Gejala Tipes Mulai yang Ringan sampai Berat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1K
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat

Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Cobalah untuk bergerak sebanyak mungkin yang ada mampu dan lebih aktif pada malam hari, agar tubuh tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa. Tetap lakukan aktivitas fisik seperti biasanya seperti membersihkan rumah, berjalan santai, olahraga intensitas ringan dan sebagainya untuk tubuh tetap aktif dan bugar.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jadwal Makan dan Pola Makan yang Tepat Saat Puasa

Selama bulan Ramadhan, jadwal makan yang tepat adalah sewajarnya saat sahur dan berbuka. Jangan sahur terlalu cepat dan jangan berbuka terlalu lama setelah adzan.

Tips puasa saat sahur, pilihlah menu makanan yang akan memberikan energi dalam jangka lama. Menu harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari beragam makanan seperti kentang, pisang, oatmeal, nasi merah, hingga ubi jalar.

Selain itu, jagalah pola makan saat sahur untuk menghindari makanan yang digoreng. Makanan yang diolah dengan cara digoreng akan membuat Anda menjadi lebih mudah lapar. Maka dari itu, olah makanan dengan cara dikukus atau direbus yang tentunya juga lebih sehat.

Saat berbuka, pola makan harus tetap dijaga. Hindari makan banyak secara sekaligus karena Anda akan merasa mudah lapar dan meningkatkan resiko gangguan pencernaan. Mulailah dengan makanan ringan yang memiliki rasa manis alami seperti kurma dan aneka buah-buahan. Manis alami akan membantu meningkatkan kadar gula darah secara perlahan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Asupan makanan saat sahur dan berbuka harus diikuti dengan asupan air mineral yang seimbang. Daripada minum-minuman manis, utamakan untuk tetap meminum air mineral saat sahur dan berbuka. Air mineral juga harus diminum setelah berbuka hingga Anda tidur.

Itulah tips pola sehat saat ramadhan dan pola makan saat puasa yang dapat Anda lakukan selama bulan ramadhan. Jangan lupa periksakan kesehatan secara berkala agar Anda tetap mengetahui kondisi kesehatan selama bulan ramadhan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai kesehatan, kami menyediakan layanan konsultasi dengan dokter yang dapat Anda akses dengan mengunduh aplikasi Lifepack di Google Play Store dan App Store. Selain itu kami juga menyediakan kebutuhan obat-obatan penyakit kronis yang tentunya bisa Anda dapatkan dengan mudah dan bebas antri.

Sumber:

World Health Organization

Penulis: Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022
diet penyakit tbc

Bantu Proses Penyembuhan, Cek Diet Penyakit TBC Berikut

Hidup Sehat   06/11/2022
diet penyakit saluran cerna bawah

Ini Diet Penyakit Saluran Cerna Bawah: Konstipasi, Diare, Seliak, dan lain-lain

Hidup Sehat   06/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman