fbpx

Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar

Apr 23, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Ramadhan akan segera tiba, banyak dari kita yang mempersiapkan diri untuk kedatangan bulan yang penuh berkah ini. Berbagai persiapan termasuk persiapan fisik dilakukan untuk menyambut ramadhan dengan tujuan dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Untuk mendukung kelancaran ibadah puasa, tentunya kita ingin melakukan ibadah puasa dengan tubuh tetap sehat dan bugar. Namun banyak dari kita yang lupa untuk menjaga kesehatan, terutama dalam mengkonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa. 

Lalu apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan?

Berikut tips pola sehat saat ramadhan yang telah tim Lifepack rangkum dan dapat Anda terapkan selama bulan ramadhan.

Banyak Minum Air dan Makan Makanan yang Banyak Mengandung Air

Minumlah banyak air antara jam buka puasa dan sahur. Kondisi suhu yang panas akan membuat Anda berkeringat lebih banyak, jadi penting untuk minum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat berkeringat seharian dengan minum minimal 10 gelas air per hari.

Selain itu hindari minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda, karena kafein dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil yang dapat mengakibatkan dehidrasi, sedangkan soda dapat menambah asupan kalori sehingga menimbulkan asupan kalori berlebihan pada tubuh. Kurangi juga konsumsi juga minuman berpemanis seperti sirup, dan sejenisnya yang berlebihan untuk menghindari kelebihan asupan kalori.

Mengembalikan Energi dengan Menu Berbuka Puasa Sehat dan Seimbang

Jika Anda menyukai kurma, Anda dapat menjadikan kurma sebagai pilihan makanan berbuka puasa. Mengkonsumsi tiga buah kurma merupakan cara tradisional yang sehat untuk dilakukan saat berbuka puasa. 

Selain kurma, Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan lainnya untuk mengembalikan energi setelah berpuasa dan membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari Anda. Sayur-sayuran juga merupakan makanan yang perlu ditambahkan dalam menu berbuka untuk memberikan vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu kebutuhan serat dan protein juga harus dipenuhi untuk menjaga keseimbangan menu saat sahur maupun berbuka puasa, serta hindari gorengan, makanan olahan yang tinggi lemak, tinggi gula, dan tinggi garam. Tetap makan dengan asupan gizi yang seimbang selama berbuka puasa.

Jangan Lewatkan Sahur

Sahur merupakan hal yang penting yang perlu dilakukan sebelum berpuasa setiap harinya. Sahur menjadi sangat penting terutama pada kelompok khusus seperti orang dengan usia lanjut, remaja, wanita hamil dan ibu menyusui, serta anak-anak yang memilih untuk berpuasa agar dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar.

Oleh karena itu, menu sahur perlu menyertakan sayuran, satu porsi karbohidrat seperti roti atau nasi, serta lauk pauk dan buah agar gizi yang diperlukan dalam tubuh tetap terpenuhi, sehingga tetap perhatikan asupan gizi yang seimbang saat sahur.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan
Ragam Gejala Tipes Mulai yang Ringan sampai Berat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1K
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat

Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Cobalah untuk bergerak sebanyak mungkin yang ada mampu dan lebih aktif pada malam hari, agar tubuh tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa. Tetap lakukan aktivitas fisik seperti biasanya seperti membersihkan rumah, berjalan santai, olahraga intensitas ringan dan sebagainya untuk tubuh tetap aktif dan bugar.

Itulah tips pola sehat saat ramadhan yang dapat Anda lakukan selama bulan ramadhan. Jangan lupa periksakan kesehatan secara berkala agar Anda tetap mengetahui kondisi kesehatan selama bulan ramadhan.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai kesehatan, kami menyediakan layanan konsultasi dengan dokter yang dapat Anda akses dengan mengunduh aplikasi Lifepack di Google Play Store dan App Store. Selain itu kami juga menyediakan kebutuhan obat-obatan penyakit kronis yang tentunya bisa Anda dapatkan dengan mudah dan bebas antri.

Sumber:

World Health Organization

Penulis: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis