Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

Apr 17, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Apa yang anda pikirkan ketika pertama kali mendengar kata kanker? Pasti perasaan takut karena penyakit kanker terbilang mematikan. Benar saja, hingga saat ini obat kanker masih belum ditemukan dan penderita hanya bisa mengandalkan kemoterapi guna membunuh tiap sel kanker yang tumbuh supaya tidak menyebar. 

Siapapun bisa mengalami kanker yang dipicu oleh faktor eksternal, namun bagi seseorang yang memiliki riwayat keluarga kanker dipastikan akan mengalami hal serupa. Terlepas dari pandangan membahayakan penyakit kanker, penting bagi wanita untuk mengetahui ciri-ciri kanker payudara sejak dini.

Bagi wanita, payudara merupakan bagian tubuh yang penting guna menyusui sang buah hati. Namun, bagian ini rentan mengalami kanker karena beberapa penyebab. Ada yang mengaitkannya dengan gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, obesitas, paparan radiasi, hingga gangguan hormon. Jelasnya, seorang wanita berisiko mengalami kanker payudara jika ada riwayat keluarga yang pernah mengalami hal serupa.

Kanker payudara terjadi ketika ada sel-sel kanker yang tumbuh dan menyerang bagian jaringan payudara mulai dari kelenjar air susu, lobulus, ataupun jaringan penunjang lainnya. Nah, kanker payudara stadium 1 ditandai dengan munculnya benjolan kanker berukuran 2 cm atau lebih kecil di bagian payudara. Hanya saja, pada stadium ini, benjolannya masih belum menyebar ke kelenjar getah bening ataupun struktur lain disekitarnya. Lalu, bagaimanakah ciri-ciri kanker payudara yang harus wanita waspadai? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Ciri Kanker Payudara

Muncul Benjolan Kecil di Payudara

Salah satu pertanda awal munculnya kanker payudara ditunjukkan dengan adanya benjolan di bagian payudara. Pada mulanya, benjolan ini memang tidak terasa sakit. Meski demikian, memang tidak semua benjolan di payudara bersifat kanker. Namun, tetap saja Anda harus waspada dengan melakukan pemeriksaan sendiri di rumah.

Warna Kulit Payudara Berubah

Ciri-ciri kanker payudara selanjutnya yaitu terjadi perubahan warna pada bagian payudara. Ingat, jika Anda menemukan benjolan ditambah perubahan warna kulit payudara, sebaiknya patut curiga akan adanya kanker payudara. Pada tahap ini, Anda akan menemukan kulit payudara yang berubah jadi kemerahan. Jika disentuh, tekstur dan warna kulitnya menyerupai kulit jeruk. Begitu pula dengan permukaan kulit area payudara yang tampak berlekuk dan terjadi penebalan kulit.

Puting Terasa Sakit

Tak cukup sampai disitu, ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang perlu Anda waspada adalah muncul perubahan pada bagian puting yang disertai rasa nyeri. Bisa juga puting mengeluarkan cairan yang tidak normal bahkan puting yang melesak ke dalam. Jika menemukan hal tersebut pada payudara Anda, sebaiknya waspada.

Muncul Benjolan di Bagian Ketiak

Ketika benar Anda mengalami kanker payudara, maka akan menemukan benjolan pada bagian bawah ketiak. Jika hal tersebut benar terjadi, maka dipastikan kanker sudah menyebar ke bagian bawah ketiak, tepatnya kelenjar getah bening.

SADARI

Pentingnya pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI dilakukan sejak dini guna mengantisipasi munculnya kanker yang lebih parah. Berikut adalah langkah periksa payudara sendiri (SADARI) dari Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI)

  1. Perhatikan dengan teliti payudara anda di muka cermin, dengan kedua lengan lurus ke bawah. Perhatikan bila ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran pada payudara (Payudara kanan dan kiri secara normal tidak persis sama).
  2. Angkatlah kedua lengan ke atas sampai kedua lengan berada di belakang kepala dan tekan ke depan, ulangi pemeriksaan seperti langkah awal
  3. Tekanlah kedua tangan anda kuat-kuat pada pinggul dan gerakan kedua lengan dan siku ke depan sambil mengangkat bahu. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada anda dan perubahan-perubahan seperti cekungan (dekok) dan benjolan akan lebih terlihat.
  4. Angkat lengan kiri anda. Rabalah payudara kiri dengan tiga ujung tengah lengan kanan yang dirapatkan.
  • Perabaan dapat dilakukan dengan cara:
    • Gerakan memutar dengan tekanan lembut tetapi mantap, dimulai dari pinggang atas (Posisi Jam 12) dengan mengikuti arah jam bergerak ke tengah ke arah puting susu.
    • Gerakan dari atas ke bawah dan sebaliknya
    • Gerakan dari bagian tengah ke arah luar. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan anda.
  1. Pencet pelan-pelan daerah sekitar puting kedua payudara dan amatilah apakah keluar cairan yang tidak normal (tidak biasa)?
  2. Berbaringlah dengan tangan kiri di bawah kepala. Letakan bantal kecil di bawah bahu kanan. Rabalah seluruh permukaan payudara kiri dengan gerakan seperti diuraikan pada nomor 1. Lakukan pada pemeriksaan yang sama seperti di atas untuk payudara yang kanan.
  3. Berilah perhatian khusus pada payudara bagian atas dekat ketiak (Kwadran Superolateral) kanan dan kiri seperti terlihat pada gambar, sebab di daerah tersebut banyak ditemukan tumor payudara. Jika ditemukan kelainan atau ada perubahan dibandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya, maka segera periksa diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan di atas dapat dilakukan sewaktu mandi, karena busa sabun akan mempermudah pada saat meraba payudara.

Ketika Anda menemukan sedikit hal mencurigakan seperti benjolan di bagian payudara maka sebaiknya waspada dan segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Lebih lanjut, pemeriksaan kanker payudara stadium awal ini akan dilakukan oleh dokter dan mamografi atau USG payudara. Waktu SADARI akan lebih baik dilakukan seminggu setelah menstruasi.

Ingat, kanker payudara ini sama mematikannya dengan kanker serviks. Jadi, semakin cepat penyakit ini terdeteksi, maka akan semakin tinggi pula angka keberhasilan pengobatan kanker payudara.

Begitu pula ketika Anda waspada mengalami kanker payudara karena riwayat keluarga yang mengalami hal serupa, bisa konsultasi dengan dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis