fbpx

Ragam Gejala Tipes Mulai dari Ringan sampai Berat

Apr 17, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Penyakit tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak dialami masyarakat Indonesia. Gejala yang timbul dapat dikategorikan dari yang ringan hingga parah. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga sangat rentan mengalami penyakit ini. Sayangnya, banyak orang yang merasa penyakit tipes tak berbahaya bahkan cenderung menyepelekan. Padahal, penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian jika sudah terlalu parah. 

Gejala-gejala Tipes yang Muncul dari Ringan Hingga Berat

Penyakit ini biasanya dibawa oleh bakteri Salmonella typhi. Jangka waktu gejala tipes adalah 3 hingga 6 hari setelah bakteri tersebut menginfeksi tubuh. Oleh karena itu, berikut akan diulas beberapa gejala tipes yang muncul pada tubuh. Berikut ciri gejala tipes yang harus kamu ketahui!

1. Demam Panjang

Gejala tipes ringan yang muncul pada tubuh adalah demam. Oleh karena itu, jika Anda atau keluarga mulai mengeluhkan demam pada tubuh berhati-hatilah. Gejala tipes ringan ini muncul akibat adanya peradangan tubuh yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi. Jika demam biasa akan reda dalam waktu 2 hingga 3 hari, berbeda dengan tipes yang keadaannya  justru semakin parah. 

2. Diare 

Gejala lainnya yang identik dengan penyakit tipes adalah diare. Gangguan pencernaan pada perut ini diakibatkan oleh bakteri Salmonella typhii yang menyerang sistem pencernaan pada tubuh. 

Adanya serangan ini menyebabkan perut akan terinfeksi dan menimbulkan sakit. Serangan ini akhirnya memicu otot pada usus untuk terus berkontraksi dan menimbulkan kram serta mulas yang hebat pada perut.

Gejala diare biasanya muncul sekitar 8 hingga 72 jam sejak bakteri Salmonella masuk kedalam tubuh.

3. Sakit Kepala

Munculnya rasa sakit pada kepala juga menjadi salah satu gejala tipes yang harus diwaspadai. Gejala ini biasanya muncul berbarengan dengan demam pada tubuh. Ketidakmampuan tubuh dalam mengatur suhu saat demam memicu pelepasan zat-zat kimia peradangan yang menyebabkan sakit kepala.

4. Pendarahan

Jika sudah masuk kedalam tingkat pendarahan, maka Anda perlu berhati-hati karena gejala ini sudah mencapai tahap membahayakan. Saat sudah muncul gejala ini, lebih baik segera bawa penderita ke rumah sakit, agar segera memperoleh penanganan medis yang lebih baik dan lengkap. 

5. Gangguan Pernafasan

Gangguan pernafasan juga termasuk kedalam gejala tipes yang membahayakan. Penderita yang sudah mencapai tahap ini akan merasa sesak nafas. Meskipun ia tidak memiliki riwayat sesak napas sebelumnya.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1
Kenali Bahaya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2!
Mengenal Sakit Jantung Koroner, Penyebab Kematian Nomor Satu Di Dunia
Tips Terhindar Penyakit Mulut Bagi Pengguna Retainer Gigi (Behel)
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan
Mengenal Gangguan Cemas alias Anxiety Attack

Perbedaan Penyakit Tipes dan Tifus

Meskipun terdengar sama, namun faktanya tipes dan tifus merupakan penyakit yang berbeda. Penyakit tipes dibawa oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri ini biasa menyerang pada daerah usus, maka wajar jika gejala tipes identik dengan diare.

1. Bakteri Pembawa

Berbeda halnya dengan tifus, penyakit ini dibawa oleh bakteri Rickettsia typhi. Media perantaranya juga biasanya melalui kutu atau tungau yang ada pada tikus lalu kemudian menginfeksi manusia.

2. Gejala yang Timbul

Gejalanya sendiri sedikit memiliki perbedaan. Penyakit tifus memiliki tambahan gejala-gejala lain yang biasa muncul antara lain batuk kering, sakit punggung, nyeri sendi dan otot, mual dan juga muntah. Jenis-jenis tifus juga bermacam-macam tergantung oleh bakteri pembawanya. Ada tifus endemik, tifus epidemik, dan juga scrub typhus.

Demikian ulasan terkait gejala tipes serta perbedaannya dengan penyakit tipes. Melihat gejala awal yang tergolong ringan, ada baiknya untuk langsung melakukan pemeriksaan dan kunjungan ke dokter. Penanganan segera tentunya akan meningkatkan proses penyembuhan penyakit ini.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis