Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan

Apr 17, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Jika Anda belum tahu, meningitis adalah suatu penyakit yang menyebabkan peradangan pada lapisan pelindung yang ada di bagian syaraf tulang belakang dan juga otak. Penyebabnya bisa karena bakteri atau virus.

Penyakit ini dapat menyerang segala usia mulai dari bayi hingga orang dewasa. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan waspada terhadap penyakit ini.

Apa Saja Gejala Meningitis yang Ditimbulkan?

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini hampir sama seperti penyakit pada umumnya sehingga sangat sulit untuk dikenali. Beberapa gejala yang timbul antara lain demam, sakit kepala, dan juga flu.  Jika tidak ditangani dengan cepat, maka penyakit ini dapat memicu terjadinya berbagai komplikasi penyakit seperti gagal ginjal.

Gejala lain yang lebih spesifik yaitu leher menjadi kaku, sensitif terhadap cahaya, timbulnya ruam, serta nafsu makan menjadi berkurang. Pada anak dibawah usia 2 tahun, munculnya gejala penyakit meningitis hampir sama seperti pada orang dewasa. Namun mereka memiliki gejala lain yang lebih spesifik yaitu munculnya benjolan pada bagian kepala.


Penyebab Penyakit Meningitis

Serangan penyakit meningitis dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, dan juga virus. Berikut beberapa jenis bakteri, virus,dan jamur yang memicu timbulnya penyakit ini.

1. Bakteri

Bakteri yang menyebabkan penyakit ini terdiri dari lima jenis bakteri antara lain Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenza, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus. Penyakit yang dibawa bakteri dapat menular ke orang lain dan gejalanya termasuk kedalam kategori berat.

2. Virus

Meningitis yang dibawa oleh virus memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan bakteri. Selain itu penderita biasanya dapat pulih dengan sendirinya. Beberapa jenis virus yang membawa penyakit ini antara lain virus west Nile, virus herpes simplex, dan juga coltivirus.

3. Jamur

Untuk penyakit yang dibawa oleh jamur termasuk jarang terjadi . Namun beberapa orang yang terinfeksi penyakit ini melalui perantara jamur biasanya memiliki sistem imun tubuh yang lemah seperti para penderita kanker dan juga AIDS.

Beberapa jenis jamur yang membawa penyakit ini antara lain cryptococcus, blastomyces, histoplasma, dan juga coccidioides.

Cara Diagnosis

Untuk memastikan apakah gejala yang ditimbulkan benar-benar berasal dari penyakit meningitis, maka harus dilakukan beberapa diagnosis terlebih dahulu. Beberapa bentuk tes yang harus dilakukan antara lain CT Scan, tes darah, dan juga spinal tap.

Dengan adanya diagnosis yang sesuai, maka dokter akan mengetahui apakah gejala yang dialami benar-benar disebabkan oleh penyakit ini atau tidak.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1
Kenali Bahaya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2!
Mengenal Sakit Jantung Koroner, Penyebab Kematian Nomor Satu Di Dunia
Tips Terhindar Penyakit Mulut Bagi Pengguna Retainer Gigi (Behel)
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan
Mengenal Gangguan Cemas alias Anxiety Attack

Tips dan Cara Pencegahan

Setelah mengetahui berbagai gejala, penyebab,serta cara diagnosisnya. Kini saatnya melakukan pencegahan. Jika tidak segera dicegah, meningitis akan menimbulkan beberapa komplikasi penyakit yang tidak jarang berujung kepada kematian.

Beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan antara lain:

1. Memberikan Vaksin

Pemberian vaksin dibutuhkan untuk mencegah tertularnya seseorang dengan orang lain yang memiliki penyakit meningitis. Jika Anda berumur 16 hingga 21 tahun, maka melakukan vaksinasi sangat dibutuhkan. Terutama sekali jika Anda tinggal berdampingan dengan orang lain dan jauh dari keluarga.

2. Menjaga Jarak dengan Individu Terinfeksi

Sudah dijelaskan tadi bahwa penyakit ini termasuk kedalam penyakit menular. Oleh karena itu untuk mencegahnya sebisa mungkin bagi Anda untuk tidak berdekatan dengan orang yang sudah terinfeksi penyakit ini.

3. Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan adalah untuk selalu menjaga sistem kekebalan pada tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Demikianlah penjelasan lengkap terkait penyakit meningitis. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga semua.

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis