fbpx
BerandaHidup SehatSimak 5 Tips Menjalankan Puasa untuk Ibu Menyusui Ini

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

puasa-untuk-ibu-menyusui

Bulan Ramadan akan kembali menyapa. Bulan penuh berkah yang dilalui dengan menjalankan ibadah puasa ini, tentu saja sudah dinantikan oleh umat Islam, tak terkecuali dengan Anda yang sedang menyusui. Walau tak diwajibkan, tetap saja ada ibu yang menyusui yang ingin turut berpuasa. Nah, agar tetap aman menjalankan puasa untuk ibu menyusui, simak dulu tipsnya berikut ini. 

Bolehkah Puasa untuk Ibu Menyusui?

Sebelum membahas tentang tips menjalankan puasa bagi yang menyusui, tentu saja lebih baik untuk menjelaskan terlebih dulu, tentang aman atau tidaknya jiks berpuasa bagi ibu menyusui. Perihal aman atau tidaknya ini, bisa ditentukan dari kondisi ibu hamil dan anak yang sedang disusuinya saat bulan Ramadan tiba. 

Ibu yang tengah memerikan ASI anak yang berusia kurang dari 6 bulan dan sepenuhnya bergantung pada air susu ibu (ASI) sebaiknya tak memaksakan diri untuk menjalankan ibadah puasa. Pun begitu dengan ibu menyusui dengan kondisi yang berisiko tinggi memicu dehidrasi berat, produksi ASI yang tak lancar, serta memiliki anak dengan berat badan kurang. 

Namun, bagi ibu yang menyusui yang anaknya berusia lebih dari 1 tahun dan juga mengonsumsi makanan pendamping ASI, terbilang bisa menjalankan ibadah tanpa kesulitan berarti. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa puasa tidak berkaitan dengan berkurangnya produksi ASI atau pun nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, seperti karbohidrat dan protein. 

Pun begitu, pelaksanaan  ibadah puasa kemungkinan bisa mempengaruhi jumlah mikronutrien dalam ASI seperti beberapa vitamin dan mineral. Jika masih ragu untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak, tentu saja akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begini, ibadah puasa juga tak akan memicu efek buruk pada ibu menyusui atau pun anak.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tips Menjalankan Puasa untuk Ibu Menyusui

Jika kondisi sudah memungkinkan dan juga sudah mendapatkan lampu hijau dari dokter yang menangani, saatnya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk berpuasa sambil menyusui. Tips puasa sehat bagi ibu menyusui berikut ini bisa dijadikan pedoman, agar kondisi ibu menyusui dan anak bisa tetap fit walau sedang berpuasa. 

1. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Cara berpuasa bagi ibu menyusui yang tepat adalah dengan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Pastikan asupan cairan tubuh tetap terjaga, walau hanya dipenuhi asupannya saat sahur dan berbuka puasa saja. Konsumsi air secara bertahap, mulai dari berbuka puasa hingga sahur tiba. Jangan minum berlebihan saat berbuka, karena hanya akan memicu rasa ingin buang air kecil. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain dengan meminum air putih, pemenuhan cairan tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah yang kaya akan air. Buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi seperti semangka, kelapa, jeruk, dan melon. Pastikan untuk menjadikan buah-buahan ini sebagai makanan pendamping kala sahur atau berbuka puasa. 

2. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi kala sahur dan berbuka puasa merupakan salah satu kunci sukses berpuasa saat tengah menyusui. Pastikan kebutuhan nutrisi utama tubuh, seperti karbohidrat dan protein, cukup dalam makanan yang dikonsumsi. Dengan begini, ibu menyusui akan tetap memiliki energi dalam menjalani kewajiban hingga waktu berbuka nanti. 

3. Segerakan Berbuka Puasa untuk Ibu Menyusui

Menyegerakan waktu berbuka memang dianjurkan saat menjalankan ibadah puasa. Terkhusus bagi ibu menyusui, segerakanlah berbuka dengan mengonsumsi makanan alami yang kaya akan kandungan energinya. Salah satu makanan kaya energi yang dapat dikonsumsi untuk mempersiapkanpuasa bagi ibu menyusui adalah kurma, yang penyajiannya bisa dengan diblender dengan susu.

4. Istirahat yang Cukup

Tips puasa bagi ibu menyusui yang satu ini wajib untuk dilakukan. Saat menjalankan ibadah puasa dengan kondisi menyusui, tentu saja energi yang tersimpan dalam tubuh akan lebih cepat berkurang. Oleh karena itu, disarankan untuk ibu yang sedang menyusui anaknya yang turut serta berpuasa untuk istirahat dengan cukup, terutama sekali di siang hari. Jangan paksakan diri untuk melakukan aktivitas berat, yang berpotensi membuat tubuh kehilangan banyak energi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Konsumsi Suplemen Khusus

Mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan saat menyusui sekaligus menjalankan ibadah puasa sangat direkomendasikan. Ibu menyusui bisa berkonsultasi dengan dokter, untuk kemudian meminta rekomendasi suplemen untuk Ibu menyusui saat puasa. Pengonsumsian suplemen atau vitamin akan bisa menjaga tubuh ibu tetap berenergi selama puasa.Anda bisa mengonsumsi BLACKMORES PREGNANCY & BREASTFEEDING GOLD (Rp205.656), vitamin untuk ibu menyusui saat puasa yang aman. Di dalamnya, terkandung vitamin C untuk ibu menyusui yang baik untuk tingkatkan daya tahan tubuh.

6. Pertimbangkan Kebutuhan ASI Bayi

Ibu menyusui tidak boleh bertindak gegabah sebelum memutuskan untuk tidak puasa maupun puasa. Ibu harus mempertimbangkan apakah bayi membutuhkan ASI dalam jumlah banyak atau sudah mulai bisa dikurangi. Ini tentunya akan memengaruhi keperluan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi saat sahur. Konsultasikan dulu kondisi Ibu dengan dokter Anda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

7. Sedia ASI di malam hari

Jika Anda masih memiliki ASI dengan produksi tinggi, pompa ASI untuk diberikan kepada anak di siang hari. Dengan begitu, Ibu tidak akan merasakan kelelahan. Selain itu, stok ASI di saat puasa juga tentunya akan berkurang. Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menyetok ASI selama Anda mampu.

Menjalankan puasa untuk ibu menyusui memang bukanlah hal yang wajib, namun tetap saja jika ingin menjalankannya harus memperhatikan kondisi kesehatan.  Jika sekiranya saat tengah melakukan puasa, ibu menyusui merasa lelah, kehausan, serta pusing, lebih baik untuk segera membatalkan puasa yang dijalaninya. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan Ibu dan anak serta membeli suplemen Ibu menyusui ketika puasa? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman