fbpx
BerandaHidup SehatBolehkah Vaksin Saat Puasa? Ini Penjelasannya!

Ditinjau oleh: dr.Amanda Ismoetia

vaksin-saat-puasa

Vaksinasi booster sebagai langkah mengatasi pandemi COVID-19 sudah dimulai sejak tanggal Januari silam. Jika tahapan vaksinasi dilakukan sesuai jadwal, tentu saja penyuntikan vaksin juga akan berlangsung pada bulan Ramadan. Lalu, apakah pemberian vaksin saat puasa ini boleh dan aman dilakukan? Agar tak lagi bertanya-tanya, simak saja penjelasannya berikut ini.

Vaksin saat Puasa Diperbolehkan

Umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa mulai pertengahan bulan April tentu saja bertanya-tanya, apakah vaksinasi COVID-19 boleh dilakukan saat sedang berpuasa. 

Sebagian orang mungkin berpikir vaksinasi bisa menyebabkan batalnya ibadah puasa yang tengah dijalankan, sebab adanya cairan yang akan dimasukkan ke dalam tubuh. 

Berangkat dari pertanyaan yang berkembang di tengah masyarakat ini, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun mengeluarkan fatwanya. Pada tanggal 16 Maret silam, Ketua Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam, menyampaikan bahwa vaksinasi booster COVID-19 tetap dapat dilaksanakan pada saat bulan Ramadan.

Asrorun Niam menjelaskan bahwa vaksinasi tersebut tidak akan membatalkan puasa yang sedang dijalankan. Pasalnya, vaksinasi COVID-19 dilakukan dengan cara injeksi intramuskuler atau penyuntikkan yang dilakukan melalui otot, bukan melalui lubang terbuka seperti mulut atau hidung. Pemberian vaksin pun tak akan menghilangkan rasa lapar dan juga dahaga. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Rekomendasi Waktu Vaksin Booster saat Puasa

Meskipun vaksinasi dibolehkan untuk dilakukan saat sedang menjalankan ibadah puasa, namun ada rekomendasi waktu pemberian vaksin yang disampaikan oleh Ketua Bidang Fatwa MUI tersebut. 

Asrorun Niam menyampaikan bahwa sebaiknya pemerintah melakukan vaksinasi di malam hari pada bulan Ramadan, di mana orang sudah berbuka dan memperoleh energi baru. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pemilihan waktu yang direkomendasikan ini dikarenakan adanya kemungkinan calon penerima vaksin dengan kondisi fisik yang lemah. Dengan kondisi lemah tersebut, ditakutkan kondisinya akan semakin menurun saat memperoleh vaksinasi di siang hari atau saat sedang berpuasa. Namun, jika kondisi fisiknya bagus, pemberian vaksin saat puasa tentu tak akan jadi masalah.

Selain di malam hari, vaksinasi saat puasa juga disarankan untuk dilakukan tak jauh dari jam sahur, yakni sekitar jam 7 hingga 8 pagi. Saran ini diberikan oleh Profesor Hindra Irawan Satari, Ketua KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Tujuan dari pemilihan waktu ini adalah untuk memberikan rasa nyaman di perut alias perut tak dalam keadaan kosong saat vaksinasi. 

Persiapan Sebelum Menjalani Vaksin Saat Puasa

Walau sedang menjalankan ibadah puasa, tentu saja persiapan menjelang dilakukannya vaksinasi harus tetap dijalankan. Dengan adanya persiapan ini, diharapkan vaksin yang diinjeksikan ke dalam tubuh melalui otot bisa bekerja sebagaimana mestinya, yakni membuat tubuh terlindungi dari ancaman virus COVID-19. Berikut beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan jelang vaksinasi. 

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Sebelum vaksin booster, baik AstraZeneca maupun Pfzier, Anda perlu menngonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dianggap sebagai salah satu faktor yang meningkatkan efektivitas vaksin yang diperoleh. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan memperoleh energi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi, maka daya tahan tubuh akan semakin baik. Oleh sebab itu, pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa, bisa menutrisi tubuh dengan baik.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Walau sedang berpuasa, pastikan bahwa tubuh tetap terhidrasi dengan baik, apalagi saat akan menjalani vaksinasi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain dengan mengonsumsi lebih banyak air putih, pengonsumsian buah yang kaya akan cairan dan elektrolit juga sangat direkomendasikan saat sahur dan berbuka puasa. Buah-buahan yang diketahui kaya akan air seperti mentimun, semangka, dan juga buah kelapa.

3. Tidur yang Cukup

Tidur dengan waktu yang cukup sangat direkomendasikan untuk dilakukan jelang seseorang menjalani vaksinasi. 

Pasalnya, kondisi yang kurang tidur bisa menyebabkan berkurangnya produksi antibodi dalam tubuh. Antibodi yang menurun akan bisa memicu gagalnya vaksinasi yang dilakukan. Pastikan untuk tidur yang cukup setidaknya 2 malam sebelum vaksinasi.  

4. Hindari Stres

Sama dengan kurang waktu tidur, stres yang dialami akan bisa menurunkan tingkat produksi antibodi dalam tubuh. Akibatnya tentu sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuat vaksin yang diterima oleh tubuh tak bisa bekerja dengan maksimal. Oleh sebab itu, lakukanlah hal yang bisa membuat pikiran jadi tenang dan lapang, khususnya saat menjalankan ibadah puasa. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Reaksi yang Mungkin Timbul Setelah Vaksinasi

Setelah menjalani vaksinasi, ada beberapa reaksi yang mungkin dirasakan. Reaksi yang mungkin dialami tersebut seperti nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat injeksi vaksin, demam, nyeri otot seluruh tubuh, nyeri sendi, atau sakit kepala. Namun, dikatakan bahwa reaksi atau efek samping ini sifatnya ringan, segera, sementara, serta dapat hilang dengan sendirinya.

Anda juga dapat mengkonsumsi obat khusus nyeri dan demam untuk meredakannya. Sanmol 500Mg 4 Tablet – 4 Tablet – Obat Demam/Nyeri (Rp 1.359) mengandung paracetamol 500 mg yang memiliki aktivitas analgesik dengan meningkatkan ambang rasa sakit dan sebagai antipiretik yang diduga bekerja langsung di pusat pengatur panas.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pemberian vaksin saat puasa dipastikan boleh untuk dilakukan, seiring dengan dikeluarkannya fatwa oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan begini, masyarakat tak perlu khawatir akan kemungkinan batalnya puasa, dikarenakan menjalani vaksinasi saat sedang berpuasa. Vaksinasi yang dilakukan saat Ramadan nanti, akan melancarkan proses vaksinasi yang direncanakan pemerintah.

Demikian informasi seputar bolehkah vaksin saat puasa. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman