fbpx
BerandaHidup SehatMenghindari Lemak Trans Pada Makanan, Sesulit Itukah?

Gaya hidup yang semakin lama menjadi semakin sibuk memang membuat banyak orang tidak bisa mempersiapkan makanan sendiri dan akhirnya beralih pada makanan cepat saji. Sayangnya, makanan cepat saji ini sering memiliki kandungan lemak trans, yang menjadi jenis lemak paling buruk untuk kesehatan. 

lemak-trans

Sebenarnya, makanan yang kita konsumsi bisa mengandung 2 jenis lemak, yakni lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh adalah lemak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan contohnya adalah lemak dari ikan serta tumbuh-tumbuhan. Sedangkan lemak jenuh adalah lemak yang mempunyai efek buruk bagi kesehatan, sumbernya biasanya berasal dari produk hewani.

Lemak Trans, Awalnya Baik Menjadi Buruk

Awalnya, lemak trans berasal dari makanan yang tak jenuh, namun makanan tersebut melewati proses pengolahan makanan dan membuat strukturnya menjadi berubah. Lemak trans memang begitu umum ditemukan pada minuman dan makanan olahan. Proses hidrogenasi ini akan membuat lemak trans dalam makanan memiliki sifat buruk.

Bukan hanya produk olahan makanan saja, namun lemak jahat ini juga tidak sedikit ditemukan dari makanan yang digoreng. Hal ini dikarenakan, minyak goreng memiliki kandungan lemak trans. Proses penggorengan dapat menambah jumlah lemak di dalam makanan Anda. Sedangkan, lemak jenis ini juga dihasilkan secara alami dalam tubuh hewan. 

Hewan seperti kambing, sapi hingga produk susu hewani mempunyai kadar trans fat. Trans fat terbukti di berbagai penelitian bisa menjadi penyebab penyakit kronis seperti serangan jantung dan stroke. Jenis lemak ini akan menyebabkan kolesterol jahat dalam tubuh naik dan menurunkan kolesterol baik. saat kolesterol jahat mengalami peningkatan, risiko dari penyumbatan pada pembuluh darah menjadi semakin besar. Inilah akhirnya yang menjadi penyebab makanan olahan berisiko tinggi menyebabkan penyakit jantung.

Bahaya Lemak Trans Bagi kesehatan

Ada beberapa bahaya yang dimiliki oleh lemak trans ini pada kesehatan, antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tingginya Risiko Penyakit Jantung Koroner

LDL yang meningkat bisa membentuk plak dalam pembuluh darah jantung. Kondisi ini akan membuat pembuluh darah mengalami penyempitan dan aliran darah ke jantung menjadi terhambat. Semakin lama hal ini akan menyebabkan penyakit jantung koroner.Jaga kadar kolestrol LDL dengan mengonsumsi Avesco 40MG Cap 10S – Obat Penurun Kadar Kolesterol LDL (Rp450.500) sebagai obat penurun kolestrol LDL tubuh.

Menyebabkan Stroke

Tak hanya penyakit jantung, lemak yang berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Stroke dapat terjadi bila plak pada pembuluh darah terlepas dan mengalir ke pembuluh darah otak. Saat hal ini terjadi, aliran darah yang mengalirkan oksigen di jaringan otak menjadi terhambat dan akhirnya menyebabkan kerusakan jaringan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Memperburuk Penyakit Diabetes

Makanan yang tinggi lemak jenuh berkaitan dengan meningkatnya kadar gula darah serta resistensi insulin. Hal tersebut biasanya dialami pada penderita obesitas dengan kolesterol dan diabetes yang tinggi. Pola makanan tidak sehat bisa meningkatkan peradangan tubuh, dan akhirnya risiko diabetes semakin meningkat. 

Makanan dengan Kandungan Lemak Trans yang Tinggi

lemak-trans
Konsumsi lemak trans yang terlalu banyak dapat menimbulkan penyakit kronis. Simak cara menghindari konsumsi lemak trans selengkapnya di sini.

agar bisa mengurangi risiko kemunculan penyakit tersebut, tak ada salahnya membatasi konsumsi lemak trans mulai dari sekarang. Berikut beberapa makanan yang memiliki kandungan lemak trans, antara lain:

  1. Kue yang dipanggang seperti cookies, donat, dan pie. Biasanya makanan ini dibuat dari minyak sayur
  2. Keripik jagung, keripik kentang serta popcorn. Biasanya makanan ini dimasak dengan menggunakan lemak trans agar rasa menjadi semakin sedap,
  3. Makanan yang pemasakannya dengan cara digoreng seperti kentang goreng dan ayam goreng. Terkadang, minyak yang dipergunakan ialah lemak biasa namun minyak tersebut dipergunakan hingga berulang kali,
  4. Mentega, creamer, margarin dan kopi. 

Cara Menghindari Lemak Trans

Sebenarnya tidak sulit jika harus menghindari lemak trans, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Hindari Makan Gorengan Terlalu Sering

Hampir semua orang mungkin menyukai gorengan. Apalagi gorengan menjadi salah satu jajanan murah serta enak. Tetapi, pilihan jenis makanan ini ternyata memiliki kandungan lemak jahat yang begitu tinggi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bukan hanya gorengan saja, makanan yang diolah dengan cara digoreng mempunyai kandungan lemak jahat yang cukup banyak, oleh sebab itu hindari menggunakan minyak goreng keseringan. Jika ingin mengolah makanan, Anda bisa mengolah makanan dengan cara di tim, dipanggang atau pun di tumis.

Baca Label Makanan Sebelum Melakukan Pembelian

Hindari secara asal mengambil makanan. Anda harus membaca dengan baik label makanan sebelum membeli produk makanan. Anda bisa melihat nilai gizi, dan pastikan lemak trans yang dimiliki makanan tersebut tidak begitu banyak dibandingkan dengan makanan lain.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jauhi Makanan Serta Minuman Olahan

Makanan serta minuman kemasan mempunyai kandungan lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan segar. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut melalui proses pengolahan yang dilakukan pabrik. Oleh sebab itu, pilah dengan baik bahan makanan yang alami dan masak sendiri di rumah. 

Kendalikan Nafsu Makan dengan Baik

Mengapa kita lebih sering memilih makanan olahan? Bisa jadi hal ini disebabkan karena nafsu makan yang tidak terkontrol. Jika Anda masih merasa lapar sesudah makan, tak ada salahnya memilih makanan yang sehat. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman