fbpx
BerandaKesehatan KerjaKegunaan Medical Check Up Rutin Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda merasa sakit namun menunda-nunda untuk memeriksakannya? Padahal bisa jadi itu tanda berbahaya loh! Dengan menunda-nunda pemeriksaan kesehatan, Anda membuat sakit yang Anda alami tidak tertangani dengan cepat. Anda jadi tidak tahu penyebab rasa sakit yang Anda alami atau sudah separah apa kondisi Anda.

medical-check-up-adalah

Semakin cepat Anda memeriksakan kondisi Anda, maka makin besar peluang Anda untuk sembuh atau tertangani. Dari pada menyesal, sepertinya Anda dapat melakukan hal yang satu ini untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, yakni Medical Check Up.

Apa Itu Medical Check Up?

Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara fisik dan klinis dan menyeluruh. Pemeriksaan ini dapat dilakukan secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda dan mendeteksi penyakit sedini mungkin.

Lalu Apa Saja Pemeriksaan yang Terdapat dalam Medical Check Up?

1. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan pertama yang dilakukan dalam medical check up adalah pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan Anda dari penampakan fisik yang terlihat. Pemeriksaan ini juga dapat diukur dengan melakukan pengukuran berat badan dan menghitung BMI (Body Mass Index) untuk mengetahui apakah berat badan Anda sudah tergolong sehat atau belum. 

2. Tekanan Darah

Pemeriksaan selanjutnya yaitu tekanan darah. Meski sering dilakukan pada pemeriksaan kesehatan biasa, namun pemeriksaan tekanan darah tidak boleh terlewat dalam medical check up. Pasalnya tekanan darah dapat meningkat dan menurun sewaktu-waktu dan sering tidak terdapat gejala (Baca juga Kenali Klasifikasi Hipertensi, Komplikasi, dan Pencegahannya). Sehingga hal ini dapat mengakibatkan kondisi yang berbahaya. Berikut ini kriteria tekanan darah sesuai tingkatannya

  • Normal: < 120/80 mmHg
  • Pre Hipertensi: 120/80 – 129/80 mmHg
  • Hipertensi Tahap 1: 130/80 – 139/89 mmHg
  • Hipertensi Tahap 2: ≥ 140/90 mmHg

Jika ternyata Anda memiliki hipertensi atau tekanan darah yang tinggi, Anda dapat mengkonsumsi Co Aprovel 300 MG/12.5 MG 28 Tablet – Obat Anti Hipertensi (Rp738.000) untuk mengatasinya. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Gula Darah dan Kolesterol

Pemeriksaan ini guna mengukur kadar gula dan kolesterol dalam darah. Seperti yang kita ketahui, kadar gula dan kolesterol darah yang tinggi meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Jumlah kadar kolesterol yang baik dalam darah perlu Anda ketahui untuk memastikan apakah Anda benar-benar sehat. Berikut kriteria kadar kolesterol yang baik.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Kolesterol total < 200 mg/dL
  • LDL (Low Density Lipoprotein) < 100 mg/dL
  • HDL (High Density Lipoprotein) ≥ 60 mg/dL
  • Trigliserida < 150 mg/dL

Sedangkan kriteria kadar gula yang normal adalah 99 mg/dL saat puasa dan < 140 mg/dL dalam keadaan tidak berpuasa.

4. Pemeriksaan Jantung

Selain itu, Anda juga akan melakukan pemeriksaan jantung dalam medical check up. Pemeriksaan jantung biasanya dilakukan dengan rekam jantung menggunakan EKG (Elektrokardiogram). Hal ini untuk mendeteksi apakah jantung Anda masih berfungsi secara normal atau tidak.

5. Tes Darah

Tes darah merupakan hal yang paling umum dalam rangkaian medical check up. Hal ini dilakukan untuk mengetahui level kadar gula darah, asam urat, kolesterol dalam darah, dan mengidentifikasi infeksi.

6. Tes Mata

Tes yang satu ini dilakukan untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah penglihatan atau tidak. Biasanya tes ini meliputi pemeriksaan pada retina mata, otot mata, ketajaman penglihatan, pemeriksaan perimetri, dan tes tekanan intraokular.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Manfaat Medical Check Up Karyawan Bagi Perusahaan

medical-check-up-adalah

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Jika tubuh tidak sehat, kita justru tidak produktif. Hal ini tentu juga berlaku bagi perusahaan. Kesehatan karyawan merupakan hal yang penting. Terutama agar karyawan tetap sehat dan produktif dalam bekerja. Karyawan yang sehat cenderung lebih produktif dan inovatif dalam bekerja sehingga menghasilkan kinerja yang baik. Lalu apa saja manfaat medical check up karyawan bagi perusahaan? Simak pada penjelasan berikut ini.

Mendeteksi Penyakit Secara Dini

Fungsi pemeriksaan kesehatan yang pertama adalah untuk mendeteksi penyakit secara dini. Dr. Irma, salah satu dokter Lifepack menambahkan medical check up dilakukan guna mencegah penyakit, berkembang/menunda komplikasi, memperpanjang usia produktif dan harapan hidup, serta meningkatkan kualitas hidup. Fungsi pemeriksaan kesehatan ini merupakan hal yang sangat penting. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tindakan dan pengobatan yang akan dijalani oleh karyawan yang mengalami suatu penyakit. Semakin cepat karyawan mengetahui penyakit yang ia derita, maka semakin besar peluang karyawan untuk sembuh.Sehingga manfaat cek kesehatan sangat penting.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mencegah Biaya Medis Jangka Panjang

Kesehatan adalah hal yang sangat mahal. Biaya kesehatan terus naik setiap tahunnya. Hal ini tentu sangat berpengaruh bagi perusahaan dalam memberikan manfaat kesehatan bagi karyawannya. Dalam hal ini, medical check up akan membantu perusahaan mendeteksi penyakit yang dialami karyawan sejak dini dan menghemat pembiayaan kesehatan. Karena jika penyakit ditemukan dalam keadaan yang sudah cukup parah tentu biaya perawatan yang dikeluarkan akan lebih mahal.

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Apakah medical check up dapat meningkatkan kinerja karyawan? Jawabannya adalah tentu saja! Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, karyawan yang sehat akan lebih bekerja secara produktif dibandingkan karyawan yang sakit. Jika medical check up dilakukan dan karyawan mengetahui dirinya sakit sebelum kondisinya parah, pengobatan dapat segera dilakukan dan karyawan akan lebih cepat sembuh sehingga dapat bekerja secara produktif kembali.

Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Medical Check Up (MCU) dapat meningkatkan loyalitas karyawan, mengapa? Hal ini karena perusahaan yang memberikan manfaat kesehatan berupa MCU dapat membuat karyawan merasa diperhatikan oleh perusahaan. Hal ini karena medical check up merupakan salah satu pemeriksaan yang memerlukan biaya yang tidak murah. Ketika perusahaan memberikan manfaat cek kesehatan, tentu karyawan akan merasa lebih senang dan meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Konsultasikan kebutuhan kesehatan karyawan Anda dengan Lifepack, aplikasi apotek online dan konsultasi dokter online dengan harga terjangkau dan menjangkau seluruh Indonesia

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Nada Karisma Oktavia

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

tunjangan pengobatan

Mengenal Tunjangan Pengobatan dari Perusahaan

Uncategorized   13/07/2021
motivasi-mendaftar-kerja

14 Faktor Pendorong Motivasi Mendaftar Kerja

Kesehatan Kerja   25/04/2021
macam-macam-tunjangan-karyawan

Pengertian dan Macam-Macam Tunjangan Karyawan

Kesehatan Kerja   24/04/2021
aturan-cuti-karyawan

Memahami Aturan Cuti Karyawan dan Reimbursement

Kesehatan Kerja   23/04/2021
reimbursement-kesehatan-karyawan

Ketentuan Reimbursement Kesehatan Karyawan

Kesehatan Kerja   23/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman