fbpx

Sering Onani? Berbahaya bagi Kesehatan Reproduksi!

Mei 18, 2020 | Hidup Sehat, Seks | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Masturbasi tentunya sudah bukan hal yang sama sekali asing. Malah sebaliknya. Salah satu aktivitas seksual ini sangat familiar untuk mereka yang sudah cukup umur. Ada beberapa keuntungan serta manfaat yang diklaim didapatkan dari sering onani. Mulai dari membantu meningkatkan daya tahan secara seksual, sampai dengan manfaat dari segi psikologi. Walau pun begitu, rupanya di sisi lain, sering onani juga dapat berbahaya kesehatan reproduksi yang muncul karena masturbasi.

Berbagai ahli dalam jurnal penelitian mereka memang kerap menyebut aktivitas masturbasi memiliki banyak manfaat. Bahkan bisa juga dikatakan dianjurkan para orang dewasa yang belum menikah untuk melakukan masturbasi dengan rutin. Hanya saja di sisi lain dari anjuran tersebut, rupanya terdapat beberapa bahaya onani yang mengancam. Terutama kebiasaan onani yang tidak tepat.

Ancaman untuk kesehatan reproduksi membayang-bayangi kebiasaan masturbasi tersebut. Meskipun sangat perlu digaris bawahi, masturbasi baru akan menimbulkan berbagai bahaya bila tidak dilakukan dengan tepat. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bahaya onani atau masturbasi untuk kesehatan reproduksi tersebut, berikut ini merupakan penjelasannya.

Menjadi Pemicu Kanker Prostat

Kanker prostat sampai saat ini masih menjadi momok terbesar pada para pria. Penyakit kanker ini diklaim dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satunya kebiasaan berhubungan seksual dengan ganti-ganti pasangan, serta masturbasi. Ya, penelitian menyebut bahwa kebiasaan onani pun bisa menjadi salah satu pemicu penyakit kanker prostat ini.

Polyxeni Dimitropoulou melakukan penelitian yang dilakukan pada 431 orang pria yang mengidap kanker prostat. Penelitian yang sama juga dilakukan pada 409 orang pria yang tidak menderita dengan penyakit kanker prostat. Dari jumlah tersebut, 34 persen dari sampel pria yang menderita kanker prostat dipastikan memiliki kebiasaan onani sejak usia 20-an tahun. Sedangkan 39 persen lain memiliki lebih dari 6 orang pasangan seksual selama hidup mereka.

Penelitian Polyxeni Dimitropoulou menyebut bahwa penyebab utama dari kanker prostat adalah hormon. Hormon ini yang rupanya meningkat seiring dengan kebiasaan para pria tersebut untuk masturbasi serta berganti-ganti pasangan. Walaupun saat ini kanker prostat bisa dicegah serta diatasi dengan terapi hormon, tak ada salahnya juga menghindari penyebabnya.

Terjadinya Luka pada Penis Sampai Patah

Kebiasaan masturbasi yang tidak tepat bahkan berlebihan juga memiliki resiko lain. Barbara Bartlik, seorang sex therapist mengungkap bahwa salah satu keluhan terbesar dari pasiennya karena masturbasi adalah penis terluka ataupun iritasi. Iritasi pada penis karena masturbasi kerap kali terjadi bila keadaan tidak bersih, terlalu kering, sampai memaksakan untuk melakukan cara-cara tertentu.

Masturbasi dengan berbagai cara yang tidak tepat ini pun kerap kali membuat penis sampai patah. Ini juga sering terjadi pada pria yang menggunakan alat bantu seksual saat masturbasi.

Iritasi pada penis kerap kali berukuran kecil dan tak diperhatikan. Satu hal ini dapat berbahaya karena menjadi masuknya kuman dan meningkatkan resiko penyakit kelamin atau pun menular seksual.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya
Mengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal
8 Tanda Masa Subur Wanita untuk Peluang Hamil Lebih Cepat
Periksakan Diri Untuk Mendeteksi Gejala HIV AIDS Sejak Dini
Mengenal Gangguan Cemas alias Anxiety Attack
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Terjadinya Disfungsi Seksual

Dokter Michael A. Perelmen mengungkap tentang risiko lain yang terjadi karena masturbasi. Kebiasaan masturbasi yang berlebihan kerap kali membuat para pria kesulitan mendapatkan kenikmatan pada saat berhubungan seksual dengan pasangan. Bila hal ini terus berlanjut, maka besar kemungkinan akan terjadi disfungsi seksual. Keadaan ini pula yang nantinya dapat menyebabkan pria mengalami kemandulan.

Disfungsi seksual, diungkap oleh Dokter Michael A. Perelmen sebenarnya lebih condong pada masalah psikologis karena seringnya masturbasi.

Itulah bahaya sering onani. Semoga informasi ini bermanfaat.

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis