fbpx
BerandaHidup SehatMengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Mengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

Apakah anda pernah mengalami siklus menstruasi tidak normal? Baik itu menstruasi yang muncul berupa bercak atau berlebihan atau mungkin menstruasi yang rentang waktunya singkat atau malah berlangsung lama? 

Perlu diketahui oleh para wanita bahwa siklus terjadinya menstruasi pada wanita bisa menunjukkan berbagai hal tentang kesehatan seorang wanita. Dengan memperhatikan siklus tersebut maka anda bisa tahu normal atau tidaknya menstruasi yang sedang anda alami. 

Mengenal Siklus Menstruasi

Siklus ini merupakan rangkaian perubahan tubuh pada wanita yang terjadi dalam kurun satu bulan untuk persiapan kemungkinan terjadinya kehamilan. Setiap bulannya, rahim akan mengeluarkan sel telur yang mana proses ini disebut dengan ovulasi. Di waktu yang sama juga terjadi perubahan hormon pada rahim dalam mempersiapkan kehamilan. Bila pada saat ovulasi tersebut tidak terjadi pembuahan sel telur oleh sperma maka dinding rahim akan meluruh lalu keluar melalui vagina menjadi darah menstruasi. 

Perhitungan siklus menstruasi pada wanita dihitung mulai dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama periode menstruasi berikutnya. Pada setiap wanita lama waktu siklus tersebut berbeda. Tetapi biasanya siklus tersebut terjadi dalam setiap 21-35 hari. Selain itu menstruasi dapat berhenti dalam 2-7 hari. Di tahun pertama mulainya menstruasi biasanya siklus tersebut berlangsung cukup lama. Seiring bertambahnya usia, siklus tersebut semakin memendek dan teratur. 

Siklus menstruasi seorang wanita bisa teratur dalam jangka waktu yang hampir sama untuk setiap bulannya. Namun siklus tersebut juga bisa menjadi tidak teratur. Menstruasi dapat terasa ringan maupun berat, terasa sakit atau tidak, lama maupun sebentar. Tetapi semua itu masih termasuk normal selama anda masih menganggap normal. Pemakaian alat kontrasepsi misalnya pil KB juga dapat berpengaruh pada siklus ini. Bila anda mengalaminya maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal 

Bila ternyata siklus menstruasi yang anda alami berubah dari waktu ke waktu ataupun muncul gejala lain maka anda perlu waspada. Sebab bisa jadi anda sedang mengalami siklus yang tidak normal. Dimana munculnya siklus yang tidak normal tersebut disebabkan oleh beberapa hal diantaranya sebagai berikut. 

  1. Kehamilan atau Menyusui
    Siklus menstruasi yang hilang atau tertunda bisa menjadi tanda awal terjadinya sebuah kehamilan. Selain itu menyusui juga bisa menunda terjadinya menstruasi sesudah kehamilan. 
  2. Gangguan Makan
    Seorang wanita yang kehilangan berat badan ekstrim, makan tidak teratur, olahraga yang berlebihan, anorexia dan lain-lain ternyata dapat berpengaruh pada kelancaran siklus haid. 
  3. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
    Adanya sistem hormon yang tidak teratur biasanya dapat menyebabkan adanya kista kecil yang berkembang di dalam ovarium. Selain itu sistem hormon tersebut bisa membuat periode menstruasi menjadi tidak teratur. 
  4. Kegagalan Ovarium Prematur
    Adanya kegagalan ovarium prematur merupakan hilangnya fungsi ovarium normal sebelum memasuki usia 40 tahun. Biasanya wanita yang mengalami masalah periode menstruasi tidak normal atau jarang menstruasi selama bertahun-tahun bisa mengalami masalah ini. 
  5. Uterine Fibroids
    Penyebab periode menstruasi tidak normal ini terjadi karena adanya perkembangan jaringan di dalam rahim tetapi bukan kanker. Kondisi ini bisa membuat periode menstruasi semakin berat dan mengalami pendarahan diantara periode menstruasi. 
  6. Pelvic Inflammatory Disease (PID)
    Adanya penyakit infeksi organ reproduksi bisa menyebabkan adanya pendarahan menstruasi yang tak biasa. 
  7. Masalah pada tiroid

Hipertiroidisme, atau tiroid yang terlalu aktif, menyebabkan tiroid menghasilkan lebih banyak hormon tiroid daripada hormon lain. Hipertiroidisme juga dapat menyebabkan periode menstruasi lebih sedikit dan lebih ringan dari biasanya. Sehingga membuat siklus menstruasi jadi tidak lancar.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Terkadang saat menstruasi Anda mungkin mengalami rasa nyeri pada bagian perut yang sangat mengganggu. Anda bisa mengatasi hal yang satu ini dengan Feminax Tablet – 4 Tablet – Obat Nyeri Haid (Rp121.350). FEMINAX merupakan obat dengan kandungan Paracetamol dan ekstrak hiosiamin. Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada waktu haid (dismenorea) dan kolik (kejang pada perut).

Jumlah Prolaktin yang Tinggi dalam Darah

Kondisi jumlah prolaktin yang tinggi dalam darah juga disebut hiperprolaktinemia. Prolaktin adalah hormon yang menyebabkan payudara tumbuh selama masa pubertas dan membuat ASI setelah melahirkan. Ini juga membantu mengendalikan siklus menstruasi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
8 Tanda Masa Subur Wanita untuk Peluang Hamil Lebih Cepat

Penyebab Endometriosis dan Cara Agar Tetap Bisa Hamil
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami
7 Jenis Makanan Sumber Penyebab Kanker Payudara
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya
Jenis Obat Sariawan yang Ampuh dan Cepat
Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

Obesitas 

Obesitas berarti terdapat banyak lemak jahat dalam tubuh yang membuat tubuh jadi tidak sehat. Lemak tersebut berfungsi untuk membuat hormon estrogen. Jumlah hormon estrogen berlebih dapat mengubah siklus menstruasi normal dan dapat menyebabkan menstruasi yang terlewat, tidak teratur, atau berat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab siklus menstruasi tidak normal yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda mengalami masalah periode menstruasi yang tidak normal maka segera periksakan diri ke dokter. Sehingga anda bisa mengetahui penyebabnya dan pengobatan yang tepat. Agar masalah menstruasi tersebut tidak mengganggu kesehatan organ reproduksi anda. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman