fbpx

8 Tanda Masa Subur Wanita untuk Peluang Hamil Lebih Cepat

Mei 14, 2020 | Hidup Sehat, Seks | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Hal penting yang wajib diketahui wanita ketika ingin hamil yaitu masa subur wanita. Masa subur tersebut bisa dijadikan sebagai tanda proses pembuahan yang bisa dilakukan secara maksimal. Dalam masa inilah yang mampu memberikan peluang lebih besar ketika Anda ingin segera memiliki momongan.

Ada banyak tanda yang menunjukkan bahwa wanita berada dalam masa subur. Pada masa subur inilah sel telur sudah matang dan telah terlepas dari ovarium menuju ke rahim. Dalam masa ovulasi maka sel telur berkemungkinan besar bertemu dengan sperma yang lebih tinggi untuk bisa membentuk embrio. Ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi. Namun pada wanita yang menstruasinya tidak teratur mungkin akan mengalami kesulitan dalam menghitung masa subur. Tanda-tanda berikut mungkin dapat membantu Anda mengenali masa subur.

Memiliki Gairah Seks yang Semakin Meningkat

Memiliki gairah seks yang tinggi menjadi salah satu tanda bahwa wanita berada dalam masa subur. Dalam masa ini wanita memiliki keinginan melakukan hubungan seks yang jauh lebih tinggi bahkan hingga beberapa malam. Selain menunjukkan masa subur ternyata tanda ini juga memberi tanda bahwa tubuh wanita sudah siap melakukan reproduksi. 

Mengeluarkan Cairan Bening

Vagina yang mengeluarkan cairan bening dan bukan keputihan menunjukkan bahwa Anda berada dalam masa subur. Cairan bening tersebut seperti putih telur yang mana cairan ini diproduksi supaya lebih mempermudah gerakan sperma dalam rahim. Cairan biasanya bertekstur lebih licin. Untuk mempercepat memiliki momongan maka ketika cairan bening ini keluar sebaiknya Anda langsung melakukan hubungan bersama pasangan karena hasil yang akan didapatkan jauh lebih maksimal.

Terdapat Bercak Kecoklatan

Bercak kecoklatan yang menempel pada celana dalam bisa menjadi tanda bahwa wanita berada dalam masa subur. Bercak kecoklatan tersebut merupakan folikel telur untuk menyambut pembuahan. Dengan begitu Anda harus memperhatikan tanda ketiga ini Jika Anda ingin mengetahui masa subur.

Payudara Terasa Nyeri

Rasa nyeri pada payudara bisa disebabkan karena beberapa faktor misalnya seperti menjelang menstruasi. Namun ternyata ketika Anda tidak berada dalam jadwal menstruasi namun payudara terasa nyeri maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda berada dalam masa subur. Dalam masa ini Anda bisa memanfaatkan untuk mendekatkan diri bersama suami supaya segera mendapatkan momongan.

Merasakan Sakit Pada Bagian Perut Bawah

Rasa sakit pada bagian perut bawah biasanya akan disertai keluarnya cairan bening dan bercak kecoklatan dari vagina. Akan tetapi rasa sakit tersebut tidak memiliki durasi yang lama namun hanya berlangsung pada beberapa jam atau menit aja.

Perut Terasa Kembung

Perut terasa kembung tiba-tiba bisa menandakan bahwa Anda berada dalam masa subur. Hal ini disebabkan karena terdapat peningkatan retensi air, sehingga dapat meningkatkan kadar estrogen pada tubuh. Pada biasanya perut kembung ini dapat terjadi secara tiba-tiba namun juga menghilang begitu saja tanpa diobati.

Sakit Kepala

Saat wanita mendekati masa ovulasi biasanya akan merasakan sakit kepala, namun tidak semua wanita akan mengalami hal ini karena hanya kisaran 20% wanita dewasa yang bisa merasakannya. Akan tetapi sakit kepala yang menandakan masa subur terjadi ketika Anda sudah selesai menstruasi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami
Pengertian Penyakit Lupus Hingga Gejala Lupus pada Wanita
7 Jenis Makanan Sumber Penyebab Kanker Payudara
Jenis Obat Sariawan yang Ampuh dan Cepat
Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1
Serba Serbi Levofloxacin, Obat untuk Mengatasi Infeksi Bakteri

Lebih Sensitif

Tubuh yang sensitif tidak hanya terjadi ketika menjelang menstruasi saja. Akan tetapi wanita yang berada dalam masa subur akan merasa lebih sensitif terutama dari segi indra penciuman. Terlebih lagi apabila wanita yang sensitif setelah masa menstruasi maka bisa jadi sensitif tersebut tanda bahwa wanita berada dalam masa subur.

Kebanyakan dari wanita selalu menggunakan kalender untuk menghitung masa subur. Akan tetapi mengetahui masa subur tidak hanya dari sistem kalender yang Anda hitung setelah menstruasi. Akan tetapi Anda bisa mengetahui masa subur melalui beberapa tanda yang bisa dikenali.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi:
U.S National Library of Medicine

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis