fbpx
BerandaUncategorizedPola Makanan Diabetes Tipe 1 yang Benar

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

pola-makan-diabetes

Menjaga pola makan adalah salah satu kunci untuk menjaga kondisi pasien diabetes. Jenis makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh besar pada status kesehatan dan kadar gula darah pasien. Terutama bagi pasien diabetes tipe 1 yang perlu secara disiplin mengatur gaya makan sehari-hari. Menu makanan diabetes tipe 1 sebaiknya dikendalikan bersamaan dengan terapi insulin demi memberikan hasil optimal.

Baik pasien maupun anggota keluarga terdekat harus bisa membantu menerapkan pola makan yang sehat. Kontrol diabetes tipe 1 ini akan lebih mudah dilakukan jika ada kesadaran dari semua pihak. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pola makan diabetes dan jenis makanan yang dilarang oleh pengidap diabetes

Pola Makan Diabetes: Makanan yang Dianjurkan

Agar kadar gula darah tetap terkontrol dengan baik maka pasien diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Berikut adalah aturan pola makan yang dianjurkan untuk diikuti oleh pasien diabetes tipe 1.

1. Karbohidrat

Asupan karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun pasien diabetes tipe 1 tidak bisa seenaknya mengonsumsi karbohidrat apalagi dalam bentuk nasi. Perlu diketahui bahwa karbohidrat akan sangat berpengaruh pada peningkatan kadar gula darah. Jadi perlu dipastikan bahwa kadar gula darah tetap terjaga namun asupan karbohidrat tetap terpenuhi dengan baik.

Meskipun karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan namun tidak seharusnya jenis makanan ini dihindari. Pasien diabetes tetap harus mengonsumsi karbohidrat agar tidak terjadi hipoglikemia. Jenis karbohidrat yang disarankan adalah gandum serta biji-bijian. Pasien diabetes tipe 1 juga sangat disarankan untuk mengonsumsi whole grain seperti roti gandum dan beras merah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Protein dan Lemak

Selain karbohidrat, tubuh juga membutuhkan asupan protein dan lemak. Sebenarnya pasien diabetes tipe 1 tidak perlu menghindari makanan yang kaya protein dan lemak. Dua zat gizi ini tidak berpengaruh banyak pada kadar gula darah sehingga aman masuk ke bagian menu makanan diabetes tipe 1. Akan tetapi konsumsi keduanya tetap harus dikendalikan dengan baik. 

Jenis protein yang disarankan bagi pasien diabetes tipe 1 cukup beragam. Pasien bisa mengonsumsi protein hewani berupa telur, ikan, juga daging tanpa lemak. Sementara itu untuk asupan lemak bisa didapatkan dari biji-bijian dan buah seperti alpukat. Kontrol asupan protein dan lemak ini akan sangat membantu menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung pada pasien diabetes.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Sayur dan Buah

Tentu saja pasien diabetes tipe 1 tidak boleh melewatkan konsumsi sayur dan buah. Namun pasien diabetes seringkali menganggap bahwa sayur dan buah adalah makanan alami yang aman untuk dikonsumsi seberapapun banyaknya. Padahal keduanya bisa saja mengandung gula alami yang tentu bisa meningkatkan kadar gula darah.

Pasien diabetes tipe 1 sebaiknya mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan karbohidrat tidak lebih dari 15 gram. Kemudian untuk sayur, disarankan mengonsumsi jenis sayuran hijau, mentimun, tomat, wortel, serta seledri. Perhatikan konsumsi jenis sayur seperti kentang dan jagung yang juga merupakan pilihan sumber karbohidrat.

“Usahakan untuk konsumsi serat yang cukup. Ini dapat membantu mengontrol gula darah. Kita bisa mendapatkan serat dari biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah-buahan dan sayuran.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee Lifepack.

Pola Makan Diabetes: Makanan yang Dilarang

Kunci menjaga pola makan diabetes terletak pada ketelitian dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Selain menetapkan jadwal makan yang teratur, jenis makanan yang masuk ke tubuh juga harus dikendalikan. Ada beberapa jenis bahan makanan yang dilarang oleh pengidap diabetes. Berikut adalah contoh makanan yang sebaiknya dihindari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Hindari Makanan Minuman Tinggi Gula demi Pola Makan Diabetes yang Baik

Sudah jelas bahwa pasien diabetes tipe 1 tidak boleh mengonsumsi makanan minuman yang tinggi gula. Menghindari makanan dan minuman yang manis adalah kunci utama untuk mengendalikan kadar gula darah. Apalagi jika makanan dan minuman tersebut mengandung jenis pemanis buatan yang pasti kadar gulanya semakin tinggi.

2. Makanan Berlemak Trans

Konsumsi makanan dengan lemak jahat juga sebaiknya dihindari. Bahan makanan yang mengandung lemak trans mungkin tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah. Namun zat ini bisa meningkatkan risiko komplikasi pada pasien diabetes. Mulai dari peningkatan risiko inflamasi, resistensi insulin, hingga memicu penyakit jantung.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Nasi dan Pasta

Jenis makanan yang memiliki karbohidrat tinggi juga sebaiknya dikurangi atau dihindari. Makanan dengan karbohidrat tinggi bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara signifikan. Contoh makanan berkarbohidrat tinggi yang perlu dihindari adalah nasi putih dan pasta. Roti putih juga sama sekali tidak disarankan untuk pasien diabetes tipe 1.

4. Makanan Kemasan

Pasien diabetes tipe 1 juga tidak seharusnya banyak mengonsumsi makanan kemasan. Makanan kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga berbahaya bagi pasien diabetes. Sangat disarankan untuk memilih jenis makanan yang diolah sendiri untuk memastikan kadar gula tetap terkontrol.

Prinsip penerapan pola menu makanan diabetes tipe 1 sebenarnya sederhana. Konsumsi jenis makanan yang disarankan dan hindari jenis makanan yang tidak direkomendasikan. Jika aturan makan diikuti dengan disiplin maka status gula darah pasti bisa selalu terkontrol.

Itulah pembahasan singkat mengenai pola makan diabetes. Pastikan pasien juga tetap mendapatkan insulin sesuai dosis yang ditetapkan. Konsumsi obat rutin juga tidak boleh terlewat agar kadar gula darah selalu stabil.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Nikmati kemudahan tebus resep obat diabetes di Lifepack. Tersedia obat diabetes seperti Galvusmet 50MG/500MG 30 Tablet – Obat Diabetes Mengandung Metformin dan Vildagliptin (Rp303.000).

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Uncategorized   29/04/2022
cara mengatasi flu saat puasa

10 Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Uncategorized   18/03/2022

3 Pantangan Makanan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan

Uncategorized   09/03/2022
susu yang baik untuk pencernaan anak

4 Rekomendasi Susu yang Baik untuk Pencernaan Anak Usia di Atas 1 Tahun

Uncategorized   23/02/2022
bahaya coklat

Bahaya Konsumsi Coklat Berlebihan di Hari Valentine

Uncategorized   11/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman