fbpx
BerandaDiabetes5 Cara Merawat Orang Tua dengan Diabetes Melitus

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

diabetes-melitus

Penyakit kronis seperti diabetes memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di Indonesia. Ada banyak orang lanjut usia yang menderita penyakit ini. Tentu dibutuhkan dukungan dari keluarga dalam memberikan perawatan yang tepat bagi para penyintas diabetes. Keluarga juga sebaiknya memahami seperti apa panduan merawat orang tua diabetes agar bisa memberikan perawatan terbaik.

Diabetes melitus menjadi suatu penyakit yang harus dikendalikan seumur hidup. Kedisiplinan pasien dalam menerapkan pola hidup yang tepat akan sangat berperan. Peran anak dalam merawat orang tua yang menderita diabetes juga sama pentingnya. Jika kedua hal ini berjalan baik maka kualitas hidup pasien diabetes bisa terus meningkat.

Panduan Perawatan Pasien Diabetes Melitus

Agar tidak salah langkah, maka dibutuhkan panduan perawatan yang tepat. Berikut adalah panduan merawat orang tua diabetes yang dapat Anda lakukan.

1. Buat Aturan Pola Makan

Pertama, buatlah aturan pola makan untuk orang tua yang menderita diabetes. Penting untuk diketahui bahwa pola makan memegang peran penting bagi pasien dengan diabetes. Makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh pada kadar gula dalam darah pasien. Jika pola makan tidak dijaga maka kadar karbohidrat dan gizi lainnya bisa tidak beraturan kemudian menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Orang tua mungkin sulit untuk menjaga pola makannya sehari-hari. Di sinilah peran Anda untuk membantu mereka agar disiplin mengonsumsi makanan yang memang dianjurkan. Bantu orang tua agar menghindari makanan yang menjadi pantangan dan tentunya mengurangi konsumsi gula.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Ajak untuk Berolahraga

Aktivitas fisik sangat penting bagi penderita diabetes. Olahraga menjadi salah satu cara efektif yang akan membantu kondisi tubuh pasien diabetes tetap sehat dan bugar. Selain itu kadar gula darah juga bisa dijaga stabil dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Agar orang tua bisa mematuhi jadwal olahraga ini maka anak bisa mengajak mereka berolahraga bersama.

Tentukan jenis olahraga yang akan dijalani. Pilih saja olahraga yang ringan namun efektif seperti jalan-jalan, jogging ringan, juga berenang. Anda juga bisa mengajak orang tua melakukan yoga untuk membantu mereka tetap merasa tenang. Yoga akan membuat tubuh rileks dan membantu pasien diabetes melitus tetap bahagia.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Bantu Pemberian Obat

Pasien dengan kondisi diabetes harus mengonsumsi obat secara rutin. Konsumsi obat rutin ini bisa jadi tidak mudah bagi pasien diabetes. Apalagi pada pasien lanjut usia yang seringkali lupa kapan harus mengonsumsi obat. Anda bisa membantu mengingatkan jadwal konsumsi minum obat orang tua yang menderita diabetes.

Jika orang tua harus mendapatkan suntikan insulin untuk kondisi diabetesnya maka bantulah mereka. Bantulah penyuntikan insulin secara teratur demi menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jika Anda tidak memiliki pengalaman menyuntik sebelumnya maka belajarlah dengan tenaga kesehatan agar bisa melakukannya langsung di rumah.

4. Berikan Semangat pada Penderita Diabetes Melitus

Tidak kalah penting untuk memberikan semangat kepada pasien diabetes melitus. Apalagi jika orang yang menderita diabetes sudah cukup tua. Orang tua biasanya lebih sensitif dan mudah merasa down dengan kondisi tubuhnya. Padahal kondisi tubuh sangatlah dipengaruhi oleh mental penderitanya.

dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack menambahkan: “Usahakan agar mereka tidak stress. Stres dapat memengaruhi gula darah mereka. Lakukan beberapa aktivitas sehari-hari yang dapat membantu mereka meredakan stres seperti meditasi, berjalan kaki, latihan pernapasan, berkebun, mendengarkan musik, atau melakukan hobi.”

Jaminan Lifepack untuk Anda

Diabetes memang menjadi penyakit yang mengubah hidup seseorang karena harus diterapkan perubahan gaya hidup yang cukup signifikan. Anak dan orang-orang di sekitar harus memberi dukungan serta terus menyemangati pasien agar tidak lelah untuk disiplin. Berikan semangat agar orang tua terus mengikuti anjuran dokter dan tidak tetap semangat untuk menerapkan gaya hidup yang sehat.

5. Ingatkan Rutin Kontrol

Status kesehatan pasien dengan diabetes harus dikontrol secara rutin. Penting sekali bagi keluarga untuk mengingatkan pasien agar memeriksakan diri ke dokter secara berkala. Pemeriksaan menyeluruh secara berkala akan sangat membantu usaha Anda dan pasien dalam mengendalikan kadar gula darah juga status lainnya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain melakukan kunjungan ke dokter secara berkala, Anda juga sebaiknya melakukan pemeriksaan mandiri secara rutin. Tak ada salahnya untuk menyediakan alat tes gula darah di rumah. Apa itu alat tes gula darah? Alat ini digunakan untuk mengetahui berapa besar kadar gula darah dalam tubuh pasien. Memiliki alat ini di rumah akan mempermudah Anda melakukan pemeriksaan secara berkala.

Pentingnya Alat Tes Gula Darah untuk Penderita Diabetes Melitus

Bagi pasien diabetes, mengontrol kadar gula darah adalah hal utama yang harus dilakukan. Inilah yang menjadi alasan mengapa alat tes gula darah penting untuk dimiliki bagi penderita diabetes. Alat ini akan sangat membantu pasien untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuhnya.

Mari kenali dulu apa itu alat tes gula darah. Alat tes ini disebut juga dengan glukometer. Bentuknya kecil dan sangat mudah untuk disimpan maupun dibawa berpergian. Alat ini juga bisa memberikan hasil pengukuran kadar gula darah yang akurat selama pemakaiannya benar. 

Itulah pembahasan singkat mengenai panduan merawat orang tua diabetes. Pasien dengan kondisi diabetes harus memiliki kesadaran tinggi akan kondisi tubuhnya. Kepemilikan alat tes gula darah ini juga bisa jadi salah satu bentuk usaha untuk tetap menjaga status kesehatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Tebus resep obat rutin diabetes seperti Galvusmet, Pioglitazone, Amaryl di Lifepack.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman