fbpx
BerandadirektoriPenyakitArthritis

Arthritis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada persendian. Peradangan ini dapat bersifat akut atau kronis. Arthritis paling sering dijumpai pada orang dewasa di atas usia 65 tahun, tetapi dapat juga muncul pada anak, remaja, maupun dewasa muda. Kasus arthritis lebih sering ditemukan terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. 

arthritis

Informasi 

Arthritis dapat dikaitkan dengan berbagai macam gejala yang meliputi nyeri, kaku, penurunan kemampuan untuk menggerakkan sendi, serta kelainan bentuk sendi. Arthritis dapat mempengaruhi satu atau beberapa sendi sekaligus. Ada berbagai macam jenis arthritis, dengan penyebab dan penatalaksanaan yang berbeda untuk masing-masing jenis. Namun, yang paling umum diketahui adalah osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA). Riwayat dan pemeriksaan fisik sangat penting untuk mengenali jenis arthritis, lalu terkadang diperlukan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis. 

Gejala

Gejala yang muncul pada arthritis bergantung kepada jenis arthritis yang terjadi. Beberapa gejala umum yang sering dikeluhkan pasien, antara lain: 

  • Nyeri sendi 
  • Kaku pada sendi 
  • Bengkak pada sendi 
  • Rentang gerak (range of motion) sendi berkurang
  • Muncul kemerahan pada kulit di sekitar sendi 

Pada sebagian besar kasus, pasien melaporkan bahwa mereka merasakan gejala yang lebih berat pada pagi hari dan berangsur membaik ketika siang dan sore hari. Pada kasus rheumatoid arthritis (RA), pasien mungkin mengeluhkan rasalelah atau kehilangan selera makan oleh karena peradangan yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sistem kekebalan tubuh.  

Penyebab 

Osteoarthritis (OA)

Tulang rawan adalah jaringan ikat yang kuat namun fleksibel yang terletak pada persendian. Fungsi tulang rawan adalah untuk menyerap tekanan dan goncangan yang terjadi ketika kita bergerak dan memberi tekanan pada sendi. Penurunan jumlah jaringan tulang rawan ini dapat menyebabkan timbulnya beberapa bentuk arthritis. Salah satunya adalah Osteoartritis (OA). OA sering disebut sebagai “wear and tear arthritis” atau keausan sendi oleh karena penggunaan sendi yang berlebihan. 

Pada kasus OA, tulang rawan yang menjadi bantalan antar tulang persendian hilang sehingga menyebabkan tulang menjadi saling bergesekan. OA secara umum mulai terjadi pada saat memasuki usia sekitar 40 tahun atau mungkin lebih. Resiko terjadinya OA meningkat apabila terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat OA. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Rheumatoid arthritis (RA)

Rheumatoid arthritis adalah salah satu bentuk peradangan sendi yang muncul oleh karena autoimun. Autoimun merupakan kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh yang normal. Pada RA, sistem imun akan menyerang sendi dan mempengaruhi produksi sinovium, jaringan lunak di persendian yang menghasilkan cairan untuk melumasi sendi. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan tulang dan tulang rawan pada sendi. Penyebab pasti dari kondisi autoimun ini belum diketahui. 

Diagnosis 

Jika anda mengalami gejala peradangan sendi, segera konsultasikan kepada dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Untuk mendiagnosis arthritis, dokter akan menanyakan keluhan dan riwayat penyakit yang dimiliki pasien. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa cairan di sekitar persendian, mencari tanda-tanda peradangan, serta melakukan pemeriksaan pada rentang gerak sendi (range of motion). 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika diperlukan untuk mencari penyebab arthritis, dokter dapat menyarankan untuk melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologis. Pemeriksaan penunjang ini dapat membantu dokter untuk menentukan jenis arthritis yang diderita. Pemeriksaan darah dapat dilakukan untuk memeriksa jenis antibodi tertentu untuk melihat adanya kemungkinan penyakit autoimun. 

Pemeriksaan radiologis seperti rontgen, MRI, dan CT scan dapat digunakan untuk melihat gambaran tulang dan tulang rawan pada sendi pasien. 

Pengobatan 

Tujuan pengobatan dari arthritis adalah untuk mengurangi rasa sakit yang pasien alami dan mencegah kerusakan tambahan yang mungkin dapat terjadi pada persendian. Biasanya, diperlukan kombinasi perawatan non-farmakologis dan farmakologis. 

Cara mengobati arthritis dengan pengobatan non-farmakologis berupa latihan khusus untuk sendi, pemberian penyangga pada sendi (bracing), akupuntur, dan pengaturan pola hidup agar mencapai berat badan yang ideal. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pilihan pengobatan farmakologis pada osteoarthritis adalah dengan menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) oral dan topikal, capsaicin topikal, dan duloxetine. Kortikosteroid dapat disuntikkan langsung ke dalam sendi. Pada kebanyakan kasus, NSAID topikal merupakan terapi lini pertama, dan NSAID oral dapat dimulai jika gejala yang dirasakan tidak berkurang dan terdapat gejala sistemik. 

Pengobatan rheumatoid arthritis bertujuan untuk memperlambat perkembangan kondisi penyakit dan meminimalisasi peradangan sendi. Pilihan pengobatan farmakologis pada RA adalah dengan menggunakan obat anti-rematik atau DMARDs (Disease-modifying Antirheumatic Drugs). Pemantauan gejala dan penyesuaian dosis akan dilakukan secara teratur melalui remisi gejala. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ulkus-mole

Ulkus Mole

direktoriPenyakit   08/06/2021
skabies

Skabies

direktoriPenyakit   08/06/2021
lymphogranuloma-venerum-lgv

Lymphogranuloma Venereum (LGV)

direktoriPenyakit   07/06/2021
kutil-kelamin

Kutil Kelamin

penyebab-penyakit-menular-seksual

Pelajari Apa Saja Penyebab Penyakit Menular Seksual

Seks   02/06/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman