fbpx

Diabetes di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Sep 22, 2020 | Diabetes | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Usia muda dikenal dengan kemampuannya yang masih energik meski dihadapkan dengan aktivitas yang padat. Namun ternyata, terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat Anda mengalami penyakit kronis seperti diabetes di usia muda.

Seperti yang kita ketahui, diabetes adalah kondisi ketika tubuh tidak dapat menjaga kadar glukosa (kadar gula) dalam darah dalam batasan normal. Kadar gula darah normal umumnya:

  • Sebelum makan: 70-100 mg/dL
  • Setelah makan: 70-140 mg/dL

Pada orang yang mengalami pre diabetes (diabetes tahap awal) biasanya kadar gula darahnya berkisar antara:

  • Sebelum makan: 101-125 mg/dL
  • Setelah makan: 141-200 mg/dL

Pada orang yang mengalami diabetes umumnya:

  • Sebelum makan: > 125 mg/dL
  • Setelah makan: >200 mg/dL

Apakah Diabetes Dapat Menyerang Usia Muda?

Meski lebih sering terjadi pada orang dengan usia lanjut, ternyata diabetes juga dapat terjadi pada usia muda. Menurut WHO, jumlah penderita diabetes pada usia 18 tahun ke atas secara global meningkat dari 4,7% pada 1980 menjadi 8,5% pada 2014. Hal ini tentu bukan hal yang dapat dianggap sepele. Mengingat berbagai komplikasi yang dapat ditimbulkan oleh penyakit ini seperti gagal ginjal, penyakit jantung, stroke, hingga kematian.

Apa Penyebab Diabetes Dapat Menyerang Usia Muda?

1. Riwayat Keluarga

Faktor riwayat keluarga merupakan salah satu penyebab diabetes yang terjadi pada orang dengan usia muda. Riwayat keluarga membuat risiko seseorang meningkat untuk terkena diabetes, termasuk pada usia anak-anak dan remaja.

2. Obesitas

Kelebihan berat badan? Faktor yang satu ini juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami diabetes di usia muda. Konsumsi makanan yang tinggi akan lemak jenuh dan lemak trans membuat berat badan Anda meningkat. Bahkan jika tidak terkontrol, hal ini dapat menyebabkan obesitas yang dapat meningkatkan risiko Anda terhadap banyak penyakit kronis lain seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Mager (Males Gerak)

Mager atau males gerak mungkin menjadi salah satu kebiasaan Anda, terutama pada anak-anak muda saat ini. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik. Jika Anda sering mager, berarti semakin sedikit tubuh membakar lemak yang menumpuk. Hal ini mengakibatkan obesitas yang dapat berujung pada diabetes. Jadi untuk Anda yang mager, kini bisa memulai melakukan aktivitas fisik untuk menghindari diabetes di usia muda ya!

4. Merokok

Dua kebiasaan buruk ini ternyata dapat mengantarkan Anda kepada penyakit diabetes. Merokok dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami diabetes, terutama pada perokok berat. 

5. Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk juga menjadi salah satu penyebab Anda berisiko mengalami diabetes di usia muda. Konsumsi lemak trans dan jenuh, makanan manis, serta minuman kemasan dapat membuat Anda mengalami diabetes.

Itulah 5 penyebab kenapa diabetes juga bisa terjadi pada usia muda. Penyakit ini tentu perlu diwaspadai dan perlu dicegah sejak dini.

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan tebus resep obat penyakit kronis tanpa ribet.

Ditulis oleh:

Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis