fbpx

Bahaya Merokok Terhadap Kesuburan Pria dan Wanita

Mei 19, 2020 | Hidup Sehat, Seks | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Dalam kemasan rokok sudah tertulis mengenai peringatan bahaya merokok yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Bagi pria yang merokok sebaiknya menyadari betapa banyaknya bahaya yang dapat ditimbulkan karena merokok. Salah satunya yaitu gangguan terhadap kesuburan pria. Tidak hanya pria saja akan tetapi wanita yang merokok juga berdampak buruk pada kesuburan wanita.

Meskipun Anda adalah perokok pasif namun asap rokok yang berbahaya dapat mengganggu organ reproduksi karena zat berbahaya dalam rokok telah terserap oleh tubuh. Jika Anda tidak mengetahui mengapa rokok bisa berdampak buruk pada kesuburan pria, berikut ini penjelasannya:

Kualitas Sperma Menurun

Apabila sperma memiliki kualitas yang bagus maka dapat berkemungkinan besar untuk memiliki anak lebih cepat. Namun sayangnya apabila sperma menurun atau memiliki kualitas yang tidak bagus maka akan lebih sulit memiliki momongan. Hal ini dikarenakan asap rokok yang terhirup mampu menjadikan kualitas sperma menjadi buruk. Sehingga bagi Anda yang sudah berencana ingin melakukan program kehamilan sebaiknya hindari rokok, baik itu sebagai perokok aktif maupun Perokok pasif.

Kemampuan Sperma Berenang Mengalami Penurunan

Kandungan bahaya dari asap rokok yang telah terserap oleh tubuh dapat menjadikan kemampuan sperma menjadi lebih buruk, karena sperma tidak dapat berenang secara baik. Dengan demikian maka sperma akan mengalami kesulitan ketika hendak mencapai sel telur. Semakin tinggi kemampuan sperma dalam berenang maka akan semakin besar pula peluang untuk pembuahan. Hal ini pun juga berlaku sebaliknya yaitu jika kemampuan sperma selama berenang mengalami penurunan maka peluang untuk bisa hamil atau pembuahan juga lebih kecil.

Perpindahan Sperma Menjadi Terganggu

Selain membuat kualitas sperma menurun dampak buruk dari merokok juga akan berpengaruh pada perpindahan sperma yang mengalami gangguan. Sementara sperma akan berpindah dari tuba fallopi ke bagian rahim. Hal ini berarti apabila tidak terdapat sel telur ke rahim maka akan jauh lebih sulit mengalami pembuahan.

Dapat Merusak DNA

Kalaupun pembuahan sudah terjadi, namun bukan berarti rokok tidak memberikan dampak yang buruk. Karena efek rokok tidak hanya berhenti dalam proses pembuahan saja. Namun zat kimia yang terdapat pada rokok dapat merusak DNA pada saat pembuahan telah terjadi. Pada saat DNA sel telur maupun sel sperma mengalami kerusakan maka hal ini pembuahan akan menjadi sulit terjadi. Meskipun pembuahan telah terjadi namun untuk resiko keguguran berpeluang lebih tinggi.

Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi dapat terjadi para pria yang mana pria akan mengalami kesulitan dalam menjaga maupun mengalami ereksi. Dampak buruk dari disfungsi ereksi bersumber pada kebiasaan buruk yang sering dilakukan yaitu seperti merokok. Jika pria terus-menerus merokok maka pembuahan akan menjadi lebih sulit terjadi.

Keseimbangan Hormon yang Rusak

Keseimbangan hormon dapat mengalami kerusakan karena adanya zat kimia yang terkandung dalam rokok. Zat kimia tersebut masuk ke bagian aliran darah melalui asap. Sehingga jika hal ini terus dibiarkan maka akan berpengaruh pada hormon baik itu wanita maupun pria. Pada saat hormon tubuh gangguan maka sistem reproduksi tubuh juga akan mengalami gangguan.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Sering Onani? Berbahaya bagi Kesehatan Reproduksi!
Kenali Penyakit Pneumonia dan Cara Mencegahnya
Jenis Obat Sariawan yang Ampuh dan CepatV AIDS Sejak Dini
Mengenal Gangguan Cemas alias Anxiety Attack
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami
Kenali Apa itu ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Menopause Dini

Wanita yang merokok akan mengalami menopause lebih dini maka hal ini berarti bahwa wanita akan lebih mempercepat kehilangan sel telur sehingga peluang untuk bisa hamil sangatlah kecil. Jika Anda menginginkan kehadiran buah hati sangat disarankan untuk memperbaiki pola gaya hidup yang lebih baik salah satunya yaitu menghindari asap rokok.

Dampak buruk yang ditimbulkan oleh asap rokok seperti yang ada di atas bisa dijadikan sebagai motivasi untuk bisa berhenti merokok mulai dari sekarang selain menghindari gangguan pada kesuburan menghindari rokok juga akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit bahaya lainnya.Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis