fbpx
BerandaHidup SehatGejala Dini Kanker Prostat yang Wajib Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Kanker prostat, penyakit satu ini memang membuat para pria was-was. Kanker prostat merupakan salah satu penyebab terbesar dari kematian para pria di golongan penyakit kanker serta kronis. Resiko untuk menderita penyakit satu ini pun semakin besar dengan bertambahnya usia. Bila ada banyak sekali penyebab dari jenis kanker satu ini, gejala yang dialami oleh para penderitanya pun berbeda-beda.

Gejala Dini Kanker Prostat yang Wajib Diwaspadai

Seperti juga penyakit kanker lain, kanker prostat pun terjadi karena berbagai penyebab berbeda. Usia merupakan salah satu hal yang sering dianggap menjadi masalah dari penyakit kanker satu ini. Selain itu juga gaya hidup yang tidak sehat, sampai aktifitas seksual yang tak berimbang pun bisa menjadi penyebab dari munculnya penyakit kanker yang hanya diderita pria tersebut.

Pengobatan untuk penyakit kanker satu ini pun dipercaya akan menjadi lebih cepat dan mudah bila semakin dini diketahui. Tak jauh berbeda dengan penyakit kanker lain, saat kanker satu ini masih dalam stadium awal atau lanjutan maka proses penanganan serta pengobatan memiliki persentase lebih besar untuk sembuh. Satu hal yang berkebalikan saat penyakit untuk mencapai stadium lanjut.

Untuk itu mengenai sejak dini apa saja tanda serta gejala dari penyakit kanker prostat merupakan hal yang bisa dilakukan. Bila mengalami beberapa tanda-tanda serta gejalanya, langkah terbaik memang segera melakukan pemeriksaan. Di bawah ini merupakan beberapa gejala dini dari penyakit kanker satu ini.

Gangguan Kandung Kemih

Prostate terletak tepat di bawah kandung kemih. Sehingga bila terjadi masalah pada kantung tempat sperma tersebut, maka kandung kemih menjadi salah satu organ yang terganggu lebih dulu. Gejala dini terjadinya kanker pada organ tubuh satu ini memang berhubungan dengan pola saat buang air kecil.

Beberapa gejala dari penyakit kanker prostate yang berhubungan dengan kandung kemih seperti sulit untuk buang air kecil. Saat buang air kecil, terasa panas, perih, atau pun pedih. Arah ataupun aliran urin melemah, serta di beberapa tahapan adanya darah yang bercampur dengan air seni. Tidak itu saja, gangguan pada kandung kemih karena kanker prostat ini pun ditandai dengan seringnya kencing karena adanya tekanan pada saluran pembuangan. Selain itu juga saat buang air kecil, sering mengalami kesulitan untuk memulai atau mengakhiri, bahkan juga kadang tidak dapat mengontrol keinginan untuk buang air kecil ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bila merasakan tanda serta gejala gangguan pada kandung kemih seperti di atas, langkah pertama terbaik tentu dengan melakukan pemeriksaan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan apakah gangguan tersebut berhubungan dengan kanker prostate atau malah masalah pada kandung kemih karena penyebab lain. Seringnya gejala pada gangguan di kandung kemih ini masih merupakan tahapan awal dari kanker.

Nyeri dan Berat Badan Menurun

Bila gangguan pada kandung kemih merupakan gejala di stadium awal dari penyakit kanker satu ini, maka tanda-tanda yang muncul berikutnya merupakan stadium lanjutan. Di stadium lanjutan ini, penderita biasanya merasakan nyeri dan lemah di sekujur tubuh. Biasanya di daerah punggung, pinggang, pinggul, sampai dada. Rasa nyeri dan terbakar juga biasanya terjadi ketika buang air kecil.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu gejala kanker prostat lainnya juga dapat berupa kesulitan buang air kecil, sering buang air kecil terutama pada malam hari, kesulitan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya, terdapat darah dalam urin atau air mani, dan ejakulasi yang menyakitkan.

Di beberapa kasus, pasien juga akan mengalami penurunan berat badan. Hal ini salah satunya karena menghilangnya nafsu makan serta keadaan tubuh yang terus menurun. Pada tahapan ini, pasien biasanya sudah disarankan menjalani operasi atau terapi lanjutan.

Siapa Saja Orang yang Berisiko Terkena Kanker Prostat?

Menurut CDC, terdapat beberapa kelompok orang yang memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker prostat, yaitu:

  • Pria yang memiliki ayah, anak laki-laki, atau saudara laki-laki dengan kanker prostat berisiko lebih tinggi terkena kanker prostat.
  • Pria dengan tiga atau lebih kerabat tingkat pertama (ayah, anak laki-laki, atau saudara laki-laki), atau dua kerabat dekat di sisi keluarga yang sama yang pernah menderita kanker prostat dapat memiliki jenis kanker prostat yang disebabkan akibat perubahan genetik yang diwariskan.

Demikian informasi seputar gejala dini kanker prostat yang wajib diwaspadai. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk pasien penderita kanker prostat hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman