fbpx
BerandaHidup SehatWaspadai Faktor Resiko serta Penyebab Usus Buntu

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Waspadai Faktor Resiko serta Penyebab Usus Buntu

Pernah mendengar mengenai penyakit usus buntu? Seperti juga namanya, penyakit ini memang menyerang daerah usus buntu pada tubuh. Peradangan di bagian apendiks atau usus buntu ini bila tak ditangani dapat menyebabkan infeksi. Hingga menyebabkan pecahnya usus buntu. Sedangkan penyebab usus buntu sendiri bisa karena beberapa hal berbeda. Bahkan setiap orang pun rupanya memiliki faktor resiko berbeda untuk penyakit ini.

Sebelum membicarakan tentang penyebab usus buntu serta faktor resikonya, ketahui dulu mengenai penyakit ini. Usus buntu merupakan organ dengan ukuran 5-10 cm dan tersambung dengan usus besar. Bentuk organ ini berupa kantong dan sangat rentan terjadinya peradangan. Peradangan pada usus buntu sendiri biasanya ditandai dengan rasa nyeri di bagian bawah perut.

Selain rasa nyeri di bawah perut, gejala dari penyakit usus buntu lain seperti susah buang air besar atau konstipasi, susah untuk baung gas alias kentut, perut kembung, terdapat rasa mual pada penderita, serta munculnya demam. Bila tanda-tana ini terjadi, langkah terbaik memang segera memeriksakan diri ke dokter. Peradangan pada usus buntu yang tidak ditangani dengan benar memiliki kemungkinan besar akan terjadinya infeksi.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab usus buntu. Selain itu terdapat beberapa faktor resiko berbeda pula untuk penyakit ini yang sangat penting untuk jadi perhatian. 

Berikut ini merupakan beberapa penyebab usus buntu.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Genetik

Salah satu penyebab usus buntu dan juga faktor resiko penyakit ini rupanya karena genetik. Dipercaya, seseorang dengan orang tua atau pun garis keturunan yang pernah menderita penyakit ini memiliki resiko 10 kali lipat untuk penderita usus buntu. Faktor resiko penyakit usus buntu karena genetik ini sendiri disebabkan karena sistem HLA (antigen leukosit manusia) dan juga golongan darah. Beberapa penelitian menyebut bahwa seseorang dengan golongan darah A, memiliki resiko untuk menderita penyakit usus buntu dibandingkan dengan golongan O.

Walaupun bukan menjadi satu-satunya penyebab usus buntu, faktor risiko genetik ini terbukti menjadi sebab pada 56 persen penderita.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Terjadi Infeksi Virus

Peradangan yang menjadi penyebab usus buntu memang terjadi karena virus. Lapisan usus buntu yang tersumbat akan menjadi radang. Sehingga nantinya terjadi infeksi yang menyebabkan penyakit usus buntu itu sendiri.

Di sisi lain Dr. Edward Livingston, kepala departemen bedah gastroenterologi di UT Southwestern menyatakan bahwa sampai saat ini belum diketahui virus apa saja yang dapat menjadi penyebab dari masalah pada usus buntu. Sedangkan bakteri yang terbanyak menjadi salah satu penyebab peradangan pada lapisan usus buntu ini merupakan E.Coli. Selain virus, penyebab infeksi pada usus buntu ini pun bisa karena bakteri, kuman, bahkan juga jamur pada pencernaan.

Radang Usus

Penyebab lain dari usus buntuk adalah radang usus. Radang usus yang disebabkan kotoran, parasit, atau pertumbuhan bakteri yang dapat menyumbat lumen usus buntu akan menyebabkan penyakit radang usus.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Penyakit Usus Buntu: Dari Gejala Hingga Pengobatan
Fakta Umum Mengenai Penyakit Gastritis
Penderita Asam Lambung? Hindari 7 Jenis Makanan Ini
Mengenal Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri
Sakit Pada Bagian Pinggang, Ciri Penyakit Batu Ginjal?
Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih
Obat Dulcolax: Dosis, Cara Menggunakan, dan Efek Samping

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cedera Pada Daerah Perut

Seseorang yang mengalami cedera pada perut seperti terbentur dengan keras, pukulan dengan benda tumpul, sampai tusukan benda tajam dapat menjadi penyebab lain dari terjadinya masalah pada usus buntu. Cedera di area perut yang dekat dengan usus ini dapat menyebabkan trauma dan menjadi peradangan. Dimana terjadinya peradangan merupakan salah satu faktor terbesar dari penyakit usus buntu itu sendiri. 

Benturan atau pun pukulan di daerah perut ini pun dapat menjadi penyebab bengkaknya  jaringan limfoid apendiks pada usus. Sehingga nantinya akan terjadi pembesaran yang berakibat pada peradangan di usus buntu. Disarankan bila terjadi pukulan atau cedera di perut segera memeriksakan diri ya!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu terdapat beberapa gejala usus buntu yang perlu Anda waspadai. Menurut U.S National Institute of Health, gejala usus buntu berupa rasa sakit pada perut mulai dari pusar perut, kemudian bergerak lebih rendah dan ke kanan (bagian kanan bawah perut). Biasanya rasa sakit akan menjadi sangat sakit dalam hitungan jam dan ketika Anda bergerak atau mengambil napas dalam-dalam, batuk, dan bersin.

Salah satu cara menghindari operasi usus buntu adalah dengan mengkonsumsi antibiotik. Anda dapat mengkonsumsi Cotrimoxazole Kf 400 mg/80 mg Tablet – 10 Tablet – Antibiotik (Rp42.000).

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi:
U.S National Institute of Health

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman