fbpx
BerandaDiabetesPola Makan yang Tepat untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

pola-makan-diabetes

Bagi penderita diabetes, menjalankan pola makan yang teratur dan sehat merupakan suatu kewajiban. Pasalnya, salah memilih makanan atau pun sembarangan mengonsumsi makanan, khususnya yang tinggi kadar gulanya, bakal membuat penyakitnya makin parah. Nah, khusus pada ulasan kali ini, akan membahas pola makan diabetes untuk penderita diabetes tipe 2.  

Apa Itu Diabetes Tipe 2?

Sebelum mengulas mengenai menu makanan diabetes tipe 2, yuk kenali dulu apa itu diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan kondisi di mana insulin yang diproduksi oleh pankreas tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya atau pankreas tidak memproduksi cukup insulin. Akibatnya, level gula darah dalam tubuh pun terus mengalami peningkatan. 

Sejauh ini, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes tipe 2 seutuhnya. Penderita diabetes tipe 2 biasanya diminta untuk menjaga berat badan ideal, mengatur pola makan, serta rutin berolahraga untuk mengontrol level gula darah. Tak jarang, gaya hidup sehat itu dipadukan juga dengan pengonsumsian obat-obatan atau menjalani terapi insulin. 

Pola Makan Diabetes yang Tepat 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengatur pola makan merupakan salah satu kunci bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengontrol level gula darah dalam tubuhnya. Makanya, tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan saja, apalagi yang kandungan gulanya tinggi. Bagi para penderita diabetes, berikut pola makan yang direkomendasikan untuk dijalani dengan rutin. 

1. Pondasi Pola Makan Diabetes: Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Nutrisi yang dibutuhkan ada begitu banyak, makanya untuk memenuhi kebutuhan yang beragam tersebut, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang beragam pula. Penderita diabetes tipe 2 dianjurkan mengonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan, dikarenakan makanan tersebut kaya akan vitamin, mineral, dan juga serat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Konsumsi Makanan Kaya Lemak Sehat

Mengonsumsi makanan kaya lemak sehat, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk penderita diabetes tipe 2. Pasalnya, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat ini, akan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Kandungan lemak tak jenuh tunggal bisa diperoleh dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, dan minyak kanola. Sangat penting untuk pola makan diabetes. Sedangkan untuk lemak tak jenuh ganda, bisa diperoleh dari ikan berminyak, seperti salmon dan makarel, biji bunga matahari, minyak kedelai, minyak jagung, dan biji rami. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Konsumsi Makanan Kaya Karbohidrat Kompleks

Pengonsumsian karbohidrat kompleks sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes tipe 2. Alasannya adalah karena karbohidrat kompleks ini mampu mengontrol naiknya level gula darah setelah makan. Kandungan karbohidrat kompleks ini bisa diperoleh dari makanan seperti beras cokelat, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum utuh.  

4. Pola Makan Diabetes: Konsumsi Makanan Kaya Protein

Pengonsumsian protein akan memberikan asupan energi pada tubuh, serta menjaga level gula darah tetap stabil. Makanan kaya protein yang dikonsumsi juga akan mengatasi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Penderita diabetes tipe 2 dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya protein rendah lemak seperti tahu, kacang-kacangan, ayam tanpa kulit, dan legum.

Pola Makan Diabetes yang Harus Dihindari

Pintar memilih makanan merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh penderita diabetes tipe 2. Dengan begini, maka pola makan diabetes yang sehat bisa dijalankan. Pasalnya, salah memilih makanan akan sangat berdampak pada level gula darah dalam tubuh. Agar tak salah memilih, catat jenis makanan yang dilarang oleh pengidap diabetes tipe 2 berikut ini.   

1. Makanan Tinggi Kolesterol

Bagi orang yang sehat saja, kolesterol sudah menjadi momok menakutkan, apalagi bagi para penderita diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari pengonsumsian makanan yang kaya akan kolesterol ini. Makanan yang tinggi kolesterol misalnya seperti kuning telur, produk suhu dan olahan susu tinggi lemak, serta daging merah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Kebalikan dari lemak tak jenuh atau lemak sehat, sebisa mungkin hindari pengonsumsian lemak jenuh untuk menjaga pola makan diabetes. Lemak jenuh ini terkandung dalam minyak sawit, minyak kelapa, daging merah, kulit ayam, serta produk susu atau olahan susu yang tinggi lemak. Anda bisa hindari lemak jenuh ini, misalnya dengan menggunakan minyak zaitun, alih-alih minyak sawit.  

3. Makanan Tinggi Lemak Trans

Layaknya lemak jenuh, lemak trans juga sebaiknya dihindari untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa bahan makanan yang mengandung lemak trans ini seperti shortening atau mentega putih, serta hydrogenated oil. Hydrogenated oil ini merupakan produk minyak nabati yang telah ditambah dengan gas hidrogen untuk menjenuhkannya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Makanan Tinggi Pemanis Buatan

Memang menggoda selera, namun makanan yang kaya akan pemanis buatan sangat tidak direkomendasikan untuk penderita diabetes tipe 2. Makanan ataupun minuman yang kaya pemanis buatan tersebut seperti permen, soda atau soft drink, dan sirop. Aspartam, sukralosa, dan sakarin merupakan beberapa jenis pemanis buatan tersebut. 

Pola makan diabetes tentu saja harus dijaga sebaik mungkin, karena makan sembarangan sedikit saja bisa mengakibatkan naiknya level gula darah dalam tubuh. Selain dengan mengatur pola makan, pengonsumsian obat gula secara rutin juga akan membantu menstabilkan gula darah. Jika Anda butuh obat gula seperti Amadiab 3 MG 50 Kaplet – Obat Antidiabetes Mengandung Glimepiride (Rp385.000) atau lainnya, silakan langsung memesannya di Lifepack.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman