fbpx
BerandaDiabetes10 Jenis Olahraga yang tepat untuk Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

jenis-olahraga-yang-tepat-untuk-diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi karena pankreas tak bisa lagi memproduksi insulin atau karena insulin tak bisa dimanfaatkan lagi dengan optimal oleh tubuh. Akibatnya kadar gula atau glukosa pun meningkat dalam darah. Salah satu cara menstabilkan gula darah tersebut adalah dengan berolahraga. Lalu, apa jenis olahraga yang tepat untuk diabetes tersebut?  

Jenis Olahraga yang Tepat untuk Diabetes

Olahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga kestabilan gula darah, di samping mengatur pola makan. Dengan berolahraga, lemak tubuh akan berkurang, serta juga bisa meningkatkan tingkat kesensitivitasan dari insulin, sehingga bisa bekerja dengan lebih optimal. Bagi Anda yang menderita diabetes, berikut ada rekomendasi 10 pilihan olahraga untuk diabetes yang bisa dilakukan.  

1. Jalan Kaki

Jenis olahraga yang paling mudah dan gampang untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Anda tak membutuhkan peralatan apa pun untuk melakukan olahraga ini. Berjalan kakilah dengan rutin, setidaknya selama 30 menit, setiap 5 hari dalam seminggu. Rutin berjalan kaki diketahui bisa mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, serta mengurangi berat badan.  

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes, yang juga kerap mengalami radang sendi. Pasalnya, dengan bersepeda, Anda bisa tetap menjaga kebugaran dan kestabilan gula darah, sembari terhindar dari kondisi menegangnya sendi. Jika tak memungkinkan untuk bersepeda di luar rumah, Anda bisa gunakan sepeda mesin atau stationary bike.  

Lalu, berapa lama Anda harus bersepeda setiap harinya? Baiknya, bersepedalah selama 30 menit per hari, lalu lakukan hal tersebut selama 3 hingga 5 hari per minggunya. Selain menurunkan kadar gula dalam darah, bersepeda dengan rutin juga akan membantu Anda menurunkan berat badan, tanpa memicu nyeri di persendian.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Berenang

Sama halnya dengan bersepeda, berenang juga merupakan jenis olahraga yang sangat tepat dilakukan oleh penderita diabetes tipe 2 yang menderita radang sendi. Aktivitas olahraga air satu ini tak akan memberikan tekanan pada sendi, serta lebih ringan bagi tubuh dibandingkan dengan berjalan kaki atau jogging

4. Menari

Tak semua orang mungkin mengetahui kalau menari termasuk juga ke dalam jenis olahraga. Makanya, Anda bisa pilih olahraga satu ini, untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Menarilah selama sekitar 25 menit, sebanyak 3 kali dalam seminggunya. Selain menurunkan kadar gula darah, menari juga akan mengurangi level stres, dan membakar kalori.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Naik Turun Tangga

Jika Anda punya tangga di rumah ataupun di kantor, manfaatkan fasilitas tersebut untuk berolahraga. Naik dan turun tangga memang merupakan olahraga yang sangat pas untuk menurunkan kadar gula darah, serta membakar kalori dan menyehatkan jantung dan paru-paru. Cukup lakukan olahraga ini dengan rutin selama 3 menit, sekitar 1 hingga 2 jam setelah Anda makan.  

6. Yoga Juga Olahraga yang Tepat untuk Diabetes

Ingin melakukan olahraga yang bisa menurunkan kadar gula darah, sekaligus menghilangkan stres? Jika iya, maka yoga merupakan olahraga yang tepat untuk Anda lakukan. Anda bisa mendaftarkan diri ke kelas yoga yang ada di sekitar Anda, untuk memulai olahraga yang menenangkan ini. Jangan heran jika nantinya Anda bisa tidur dengan pulas setelah ikut kelas yoga tersebut. 

7. Tai Chi

Jenis olahraga yang tepat untuk diabetes selanjutnya adalah tai chi. Tai chi merupakan aktivitas yang diisi dengan gerakan tubuh yang dilakukan secara lambat dan rileks, lalu dipadukan dengan teknik pernapasan khusus. Tai chi sangat ideal bagi penderita diabetes, karena tak hanya membuat bugar tubuh, namun juga mengurangi stres, sehingga gula darah pun bisa stabil. 

8. Pilates Merupakan Jenis Olahraga yang Tepat untuk Diabetes

Jenis olahraga yang tepat untuk diabetes lainnya adalah pilates. Pilates merupakan aktivitas olahraga yang didesain khusus untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh. Bagi penderita diabetes tipe 2, pilates akan bisa meningkatkan kontrol tubuh atas gula darah yang tinggi. Jika tak bisa ikut kelas pilates langsung, tonton saja video pilates yang banyak diunggah di luar sana. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

9. Latihan Kekuatan Otot

Daripada berdiam diri saja di rumah, baiknya Anda lakukan gerakan sederhana untuk melatih kekuatan otot, sekaligus menjaga kestabilan gula darah. Anda bisa lakukan olahraga ini dengan melakukan gerakan seperti mengangkat botol minuman, push up, dan sit up. Latih kekuatan otot Anda ini dengan rutin melakukannya sebanyak 2 kali seminggu. 

10. Angkat Beban Merupakan Jenis Olahraga yang Tepat untuk Diabetes

Angkat beban juga bisa jadi opsi bagi para penderita diabetes untuk bisa menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Angkat beban juga bakal membantu membentuk massa otot, serta meningkatkan jumlah pembakaran kalori dalam tubuh. Agar terjaga keamanannya, baiknya Anda lakukan olahraga angkat beban ini di bawah pemantauan fitness trainer yang profesional. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

dr. Irma Lidia menambahkan, “Ada banyak manfaat berolahraga ketika menderita diabetes. Olahraga dapat membantu tubuh menggunakan insulin, membantu Anda menjaga tekanan darah,  membantu meningkatkan kolesterol (lemak darah) sehingga olahraga dapat membantu menghindari komplikasinya.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu relaksasi pikiran dan tubuh karena olahraga melepaskan endorfin, yang merupakan hormon bahagia mengurangi tingkat stres. Apabila sebelumnya belum pernah berolahraga mulailah secara perlahan, dan bisa juga dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah ada pantangan tertentu sesuai kondisi”

Itulah tadi 10 jenis olahraga yang tepat untuk diabetes. Baiknya, sebelum berolahraga, pastikan Anda memiliki panduan olahraga untuk diabetes, agar tak terlalu lelah setelah berolahraga. Selain itu, jangan lupa juga untuk cek gula darah dulu sebelum berolahraga, dengan menggunakan alat cek gula darah, yang bisa Anda pesan langsung di Lifepack. 

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat diabetes seperti Pionix, Glibenclamide, hingga Daonil. Lifepack solusi berobat bebas antri.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman