fbpx

Mengenal Obat Comtusi, Obat Yang Dapat Atasi Batuk

Nov 4, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Anda tentu pernah mengalami batuk bukan? Biasanya penyakit yang satu ini datang ketika pergantian musim kemarau ke musim hujan. Selain itu penyakit ini juga disebabkan oleh infeksi virus. Banyak sekali obat-obatan yang dapat mengatasi batuk, salah satunya adalah obat batuk Comtusi

Obat yang satu ini dikenal dengan khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi batuk berdahak maupun batuk kering. Namun apakah obat Ini aman untuk dikonsumsi? Apakah ada efek samping yang timbul akibat penggunaan obat ini? Masa nggak punya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini. 

Mengenal Apa Itu Obat Comtusi

Obat batuk comtusi merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi batuk kering dan batuk berdahak. Obat Ini mengandung bahan aktif oxomemazine dan guaifenesin. Cara kerja obat ini adalah melonggarkan saluran pernapasan dan mencairkan dahak sehingga tidak terjadi penyumbatan pada saluran napas dan membuat bernapas menjadi lebih mudah.

Selain digunakan untuk mengatasi batuk biasa, obat ini juga biasa digunakan untuk mengatasi batuk akibat penyakit kronis seperti bronkitis dan emfisema. Comtusi merupakan obat keras sehingga penggunaan tidak dapat sembarangan dan memerlukan resep dokter. Obat ini tersedia dalam bentuk sirup dan kapsul yang dikonsumsi secara oral.

Dosis

1. Comtusi Kapsul

Penggunaan obat batuk comtusi kapsul oleh orang dewasa dan anak-anak >12 tahun biasanya digunakan dengan dosis 2 kapsul yang dikonsumsi 3 sampai 4 kali sehari.

2. Comtusi Sirup

Sedangkan penggunaan comtusi sirup terdapat beberapa rekomendasi untuk penggunaannya, antara lain :

  1. Anak usia 2-6 tahun : 5 ml yang dikonsumsi 2-3 kali sehari
  2. Anak usia 6-12 tahun : 5-10 ml yang dikonsumsi 2-3 kali sehari
  3. Dewasa : 5-10 ml yang dikonsumsi 3-4 kali sehari

Efek Samping

Penggunaan obat konsumsi juga dapat menimbulkan efek samping. Beberapa gejala efek samping yang umum akibat penggunaan obat ini, antara lain : 

  1. Diare (Baca juga Diare : Penyebab, Gejala, dan Pengobatan)
  2. Mulut menjadi kering
  3. Retensi urin
  4. Mengantuk
  5. Penglihatan menjadi kabur

Jika gejala efek samping menjadi bertambah buruk seperti muncul ruam, demam, kejang, dan kehilangan kesadaran, segera periksakan diri Anda ke dokter atau pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. 

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Obat ini dapat bersifat kontraindikasi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain serta map bersamaan dengan obat-obatan depresi SSP (Sistem Saraf Pusat) adiktif, alkohol, barbiturat, opioid, analgesik, dan obat penenang.

Kelompok Berisiko

Kain dapat bersifat kontraindikasi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain, obat ini juga dapat bersifat kontraindikasi jika digunakan pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Obat ini memiliki kontraindikasi jika digunakan dengan orang yang memiliki masalah kesehatan seperti glaukoma, ileus paralitik,  adenoma prostatik, stenosis pilorus, myasthenia, asma dan gangguan pernapasan lainnya.

Peringatan

Sebelum mengkonsumsi obat ini sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Pastikan anda benar-benar memahami Bagaimana cara penggunaan obat ini, dosis, dan efek sampingnya. Jika Anda belum memahami benar, tanyakan pada dokter atau apoteker untuk menghindari kesalahan informasi.

Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dari dokter. Obat ini merupakan obat keras sehingga Anda tidak dapat mengkonsumsi obat ini sembarangan tanpa rekomendasi dari dokter. 

Konsultasikan kepada dokter penggunaan obat ini jika anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Anda juga perlu mengonsultasikan penggunaan obat ini jika Anda sedang hamil, menyusui atau akan melakukan program kehamilan.

Baca juga: Mengapa Obat Wellbutrin Berisiko Turunkan Berat Badan?

Itulah informasi mengenai manfaat, dosis, efek samping, dan kontraindikasi obat batuk comtusi. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis