fbpx

Aluminium Hidroksida (Al (OH)3

Nov 4, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf A | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Apakah anda salah satu penderita gangguan asam lambung? Bagi Anda yang yang menderita gangguan ini, mungkin anda sangat familiar dengan obat aluminium hidroksida atau Al (OH)3. Biasanya obat ini digunakan untuk mengatasi gejala yang terjadi akibat asam lambung berlebih. Gejala gangguan asam lambung yang diatasi oleh obat ini berupa rasa nyeri pada ulu hati, mual atau muntah, dan kembung (Baca juga Bahaya Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya).

Namun bagi Anda yang belum familiar dengan obat ini, tentu anda mengalami kekhawatiran akan keamanan dan keefektifan dari kinerja obat aluminium hidroksida atau Al (OH)3. Simak penjelasannya lebih lanjut pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Apa Itu Obat Aluminium Hidroksida (Al (OH)3)

Memang banyak sekali jenis obat yang dapat mengatasi gejala gangguan asam lambung. Salah satu obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi gejala gangguan ini adalah obat aluminium hidroksida atau Al (OH)3.

Obat ini merupakan obat yang masuk ke dalam golongan antasida dan sering digunakan karena dapat menetralisir asam lambung berlebih sehingga Anda terhindar dari iritasi akibat asam lambung. Selain itu obat ini juga dapat mengatasi gejala asam lambung seperti nyeri pada ulu hati, mual, muntah, dan rasa kembung. Selain kemampuannya dalam mengatasi gangguan akibat asam lambung, obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kadar fosfat pertama pada orang yang memiliki penyakit ginjal. 

Obat yang satu ini dijual secara bebas di pasaran dalam bentuk sediaan tablet kunyah, sirup dan kaplet. Obat ini tersedia dalam beberapa merek dagang seperti Antasida Doen, Hufamag, Samtacid,, Ranacid Forte, dan masih banyak lagi. 

Dosis

Selain digunakan secara tunggal, Obat aluminium hidroksida juga dapat dikombinasikan dengan obat-obatan lain seperti simetidin dan ranitidin untuk mengatasi gangguan asam lambung. Namun penggunaannya perlu resep dokter agar menghindari efek buruk dari kombinasi obat. Berikut rekomendasi dosis yang biasa diberikan oleh dokter. 

1. Gastritis

Penggunaan aluminium hidroksida pada orang dewasa yang menderita gastritis biasanya diberikan 5 sampai 30 ml aluminium hidroksida sirup setelah makan dan sebelum tidur. 

2. Tukak Lambung

Pada penggunaan aluminium hidroksida untuk orang dewasa dengan kondisi tukak lambung, biasanya diberikan obat aluminium hidroksida oral 320 mg yang dikonsumsi dua kali sehari yakni setelah makan dan sebelum tidur.

3. Esofagitis Erosif

Untuk mengatasi esofagitis erosif biasanya rekomendasi dosis yang diberikan adalah 320 mg obat aluminium hidroksida oral yang dikonsumsi setiap jam. 

4. Hiperfosfatemia

Penggunaan obat aluminium hidroksida untuk mengatasi hiperfosfatemia adalah dengan 1.500-2.500 mg secara oral, yang terbagi menjadi 3-4 kali minum sehari.

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Penggunaan obat aluminium hidroksida dapat menimbulkan kontraindikasi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain. Obat ini dapat menimbulkan kontra indikasi jika digunakan bersamaan dengan obat digoxin, papozanib, dan obat-obatan antibiotik.

Kelompok Orang Berisiko

Selain dapat menimbulkan kontraindikasi karena penggunaan bersamaan dengan obat-obatan lain, obat ini juga dapat menimbulkan kontraindikasi jika digunakan oleh beberapa orang yang masuk ke dalam kelompok berisiko. Orang-orang yang dikontraindikasikan dengan obat aluminium hidroksida adalah orang yang memiliki alergi terhadap obat ini, pecandu alkohol, orang dengan masalah ginjal, gangguan hati, penyakit jantung, dan pasien yang mengalami dehidrasi. 

Efek Samping

Penggunaan obat aluminium hidroksida juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Gejala efek samping yang umum akibat penggunaan obat ini adalah :

  1. Lemas
  2. Lemah otot
  3. Mual atau muntah
  4. Sakit perut
  5. Nafsu makan menurun

Gejala efek samping dapat memburuk. Jika anda merasa gejala efek samping semakin parah seperti timbulnya ruam, demam, sulit bernapas, hingga menurunnya kesadaran, segera periksakan diri ke dokter atau pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. 

Itulah informasi mengenai obat aluminium hidroksida. Semoga bermanfaat.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis