fbpx

Bisoprolol 5 MG 10 Tablet: Fungsi, Dosis, dan Efek Samping

Nov 4, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Bagi Anda yang yang menderita hipertensi mungkin anda sudah sangat familiar dengan obat yang ini satu ini, yaitu obat bisoprolol. Ini terkenal akan khasiatnya yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun Apakah obat Ini aman seperti obat-obat hipertensi lainnya? Berapa dosis yang tepat untuk penggunaan obat ini? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini (Baca juga Bisoprolol Fumarate).

Mengenal Obat Bisoprolol Fumarate

Bagi Anda yang belum familiar dengan bisoprolol mungkin anda bertanya-tanya Apa itu obat bisoprolol? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bisoprolol merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Ini merupakan obat golongan beta blocker yang bekerja dengan cara memperlambat detak jantung dan tekanan pada otot jantung sehingga beban jantung lebih ringan saat memompa darah ke seluruh tubuh.

Hipertensi obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit lain seperti aterosklerosis, angina pektoris, aritmia dan mencegah stroke. Obat ini merupakan obat yang dapat digunakan hanya dengan menggunakan resep dokter, sehingga penggunanya tidak bisa sembarangan. 

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet bisoprolol 5 mg. Biasanya bisoprolol terdiri dari 10 hingga 30 tablet dalam satu kemasan. Dalam mengonsumsi obat ini jika Anda belum memahami benar cara penggunaannya, sebaiknya tanyakan pada dokter atau apoteker sampai Anda benar-benar paham. Hal ini guna menghindari kesalahan informasi yang menyebabkan efek buruk.

Dosis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa merupakan obat yang digunakan dengan resep dokter. Pastikan Anda mengonsumsi obat bisoprolol sesuai dengan resep dokter. Meski penggunaan obat ini didasarkan pada resep dokter, terdapat beberapa rekomendasi resep yang biasanya digunakan oleh dokter, yaitu:

Hipertensi dan Angina Pectoris

Dalam mengatasi tekanan darah tinggi dan angina pectoris biasa penggunaan obat ini pada orang dewasa dengan dosis bisoprolol fumarate 5 mg yang dikonsumsi satu kali sehari. Namun dosis bisoprolol ini dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan dari penyakit yang diderita. Dalam tingkatan sedang, obat bisoprolol dapat diberikan dengan dosis 5 mg yang dikonsumsi dua kali sehari. Sedangkan pada kasus berat, obat bisoprolol dapat diberikan dengan dosis 5 mg yang dikonsumsi maksimal sebanyak 4 kali sehari.

Hipertensi dan Gagal Jantung Kronis

Untuk penggunaan obat bisoprolol fumarate pada hipertensi dan gagal jantung kronis biasanya diberikan dosis sebanyak 1,25 mg yang dikonsumsi 1 kali sehari. Dosis ini dapat ditingkatkan Sesuai dengan perkembangan kondisi kesehatan hingga 5 mg yang dikonsumsi 2 kali sehari. 

Efek Samping

Penggunaan obat bisoprolol fumarate dapat menimbulkan efek samping pada beberapa kasus. Gejala efek samping yang umumnya muncul akibat penggunaan obat bisoprolol fumarat adalah : 

  1. Lemas
  2. Bradikardi
  3. Kejang otot
  4. Detak jantung melambat
  5. Diare
  6. Sakit kepala
  7. Mual atau muntah
  8. Jari-jari terasa dingin

Gejala efek samping di atas, gejala efek samping ini dapat berkembang dengan ditandai terjadinya halusinasi, dan kehilangan kesadaran. Oleh karena itu sebaiknya jangan gunakan obat ini tanpa mengikuti aturan dokter. Jika Anda merasa gejala efek samping semakin parah, segera periksakan diri ke dokter atau pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kontraindikasi Bisoprolol

Interaksi Obat

Bisoprolol dapat menimbulkan kontraindikasi jika penggunaannya bersamaan dengan obat-obatan lain seperti obat verapamil yang dapat menyebabkan penghambatan atrioventrikuler. Obat lain yang dapat menimbulkan kontra indikasi jika digunakan bersamaan dengan obat bisoprolol adalah klonidin dan metildopa.

Kelompok Berisiko

Selain menimbulkan kontraindikasi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain, obat ini juga dapat menimbulkan kontraindikasi pada kelompok-kelompok berisiko seperti ibu hamil, menyusui, orang dengan penyakit ginjal, gangguan hati, dan penyakit jantung.

Cara Konsumsi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan obat ini harus mengikuti resep dokter. Anda tidak dapat mengurangi atau menambah kan dosis tanpa pengawasan dari dokter karena dapat menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan. Ikuti dosis yang direkomendasikan oleh dokter. Dalam menyimpan obat ini sebaiknya simpan ditempat yang sejuk dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Peringatan

Sebelum menggunakan obat ini pastikan bahwa anda benar-benar memahami Bagaimana cara penggunaan obat bisoprolol. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dari dokter karena dapat berdampak buruk pada kesehatan anda. Selain itu, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika anda ingin menggunakan obat ini bersamaan dengan obat-obatan lain, vitamin, atau suplemen. 

Anda juga perlu mengkonsultasikan penggunaan obat ini jika anda dalam kondisi hamil, menyusui, atau akan melakukan program kehamilan. Sebaiknya konsultasikan juga kepada dokter jika anda memiliki beberapa masalah kesehatan seperti gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Itulah informasi mengenai obat bisoprolol. Jika Anda merasakan gejala efek samping yang terjadi pasca mengonsumsi obat bisoprolol, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis