fbpx
BerandadirektoriObatNitroglycerin

Nitroglyserin atau disebut juga glyceryl trinitrate (GTN) merupakan jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi dan mencegah angina (nyeri dada) penyebab penyakit jantung koroner. Namun obat nitroglycerin tidak menyembuhkan penyebab dari angina. Penyakit angina biasanya disebabkan oleh otot jantung yang tidak mendapatkan aliran  darah yang kuat sehingga fungsi dari obat nitroglycerin bermanfaat meredakan angina (Baca juga Mengenal Seluk Beluk Serangan Jantung).

nitroglycerin

Informasi

Nitroglycerin termasuk dalam golongan obat nitrat yang cara kerjanya yaitu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan pasokan darah serta oksigen yang masuk ke otot jantung. Obat ini tersedia dalam berbagai macam bentuk kemasan yaitu tablet minum, sublingual dan suntik. Obat ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa saja dan termasuk jenis obat resep yang membutuhkan resep dari dokter sehingga tidak bisa didapatkan secara bebas. 

Dosis

Berikut dosis nitroglycerin sesuai dengan jenisnya, antara lain:

  • Dosis obat nitroglycerin tablet minum: Untuk mencegah angina dosis yang diberikan 2,5 mg sebanyak 3-4 kali sehari. Sedangkan dosis maksimalnya yaitu 26 mg 4 kali sehari.
  • Dosis obat nitroglycerin tablet sublingual: Dosis yang diberikan yaitu 300-600 mcg diletakkan tepat di bawah lidah. Selanjutnya, dosis dapat diulangi setiap 5 menit dan maksimal sebanyak 3 kali konsumsi. Jika setelah 15 menit kondisi tidak kunjung mereda, Anda harus segera menghubungi dokter.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Anda perlu memberi tahu dokter jika memiliki riwayat alergi tertentu, terutama alergi terhadap obat nitroglycerin. Namun juga perlu memberi tahu dokter jika sedang mengonsumsi obat-obatan lain seperti suplemen, vitamin dan obat herbal. Tidak diperbolehkan menggunakan obat nitroglycerin bersamaan dengan obat riociguat atau sildenafil. 

Kelompok Orang Berisiko

Tidak dianjurkan menggunakan obat nitroglycerin jika sedang menderita penyakit ginjal, penyakit tiroid, gangguan fungsi hati atau kardiomiopati. Anda juga tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini jika sedang mengalami serangan jantung, gagal jantung, cedera kepala, anemia berat, glaucoma atau hipotensi. 

Anda perlu memberi tahu dokter jika akan merencanakan operasi termasuk operasi gigi. Jika Anda ingin mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat, maka Anda tidak diperbolehkan menggunakan obat nitroglycerin karena obat ini dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing sehingga akan membahayakan Anda dalam melakukan aktivitas. Sebelum menggunakan obat nitroglycerin, Anda sebaiknya menghubungi dokter terlebih dahulu jika dalam kondisi hamil, menyusui atau dalam program kehamilan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek Samping

Setiap obat-obatan memiliki efek samping yang berbeda-beda pada setiap orang. Obat nitroglycerin juga terdapat efek samping yang ditimbulkan di antaranya:

  • Pusing atau sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Detak jantung tidak teratur
  • Mulut terasa kering
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Merasa melayang atau lemas

Beberapa efek samping serius yang mungkin terjadi dari obat nitroglycerin seperti:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Penglihatan semakin buram
  • Sakit kepala hebat
  • Pucat dan keringat dingin
  • Napas yang pendek, rhinitis, faringitis
  • Terjadi pingsan
  • Kesemutan atau parestesia
  • Hipotensi ortostatik
  • Jantung berdetak lebih cepat atau lambat

Namun tidak semua gejala efek samping terjadi seperti yang disebutkan di atas. Jika Anda merasa ragu dengan gejala efek samping yang dialami setelah menggunakan obat nitroglycerin, Anda sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Lakukan pemeriksaan kepada dokter jika gejala efek samping Anda tidak kunjung mereda dan bahkan cenderung memburuk. 

Cara Konsumsi

Anda dapat memperoleh kandungan nitroglycerin atau glyceryl trinitrate pada obat dengan merek dagang Nitrokaf Retard 5 mg (Rp514.500). Cara penggunaan yang tepat untuk mengonsumsi obat nitroglycerin, Anda harus mengikuti anjuran dari dokter serta membaca petunjuk dan aturan pakai yang tertera pada kemasan obat. Pada umumnya, obat nitroglycerin digunakan saat pasien terkena angina atau beberapa saat sebelum melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Untuk penggunaan obat nitroglycerin dalam bentuk tablet sublingual, Anda letakkan obat di bawah lidah secara utuh dan biarkan obat hingga larut. Namun, jika Anda mengonsumsi obat kemasan tablet minum, Anda harus menelannya secara utuh dengan bantuan segelas air putih. Anda tidak diperbolehkan mengunyah atau menghancurkan obat karena dapat meningkatkan resiko efek samping dari obat tersebut jika tidak menelannya secara utuh. Setelah selesai menggunakan obat nitroglycerin, simpanlah obat di dalam suhu ruangan yang baik. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak serta hindari dari paparan sinar matahari secara langsung.

Sebaiknya Anda konsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap harinya untuk membantu Anda mengingat. Jika Anda terlupa mengonsumsinya, Anda dapat langsung meminumnya saat teringat asalkan tidak berdekatan dengan jadwal konsumsi berikutnya. Anda tidak diperbolehkan menambah atau mengurangi dosis tanpa sepengetahuan dokter. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah obat secara rutin dan teratur. Jika kondisi Anda semakin memburuk dan tidak kunjung membaik selama pengobatan, Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
simvastatin vs atorvastatin

Sama-sama Obat Kolesterol, Ini Bedanya Simvastatin vs Atorvastatin

direktoriObat   06/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman