Gangguan pernapasan yang Anda derita tentunya sangat mengganggu aktivitas  sehari – hari. Apalagi jika gangguan tersebut berupa batuk. Karena biasanya juga disertai dengan flu dan pilek. Selain mengganggu Anda pribadi, suara batuk juga mengganggu orang disekitar Anda. Sebagai upaya penyembuhan, Anda dapat mengonsumsi obat dengan kandungan Guaifenesin. 

Informasi 

Guaifenesin termasuk obat yang masuk dalam golongan obat ekspektoran, yaitu obat-obatan yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak di saluran napas. Sehingga Guaifenesin digunakan dalam obat untuk meredakan batuk dan rasa mampet yang disebabkan oleh pilek, bronkitis, dan penyakit pernapasan lainnya.

Hal yang perlu diingat, bahwa Guaifenesin tidak akan diberikan untuk pasien dengan batuk kronis akibat merokok, bronkitis akut, dan emfisema, kecuali jika dokter menyarankan sebaliknya. Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk, ada yang tablet, kapsul, larutan obat, hingga obat cair. Pada bentuk tablet, tersedia dalam pilihan dosis 200 mg dan 400 mg. Sedangkan pada tablet dosis besar untuk pemakaian pada jarak 12 jam, tersedia dalam ukuran 600 mg dan 1200 mg.

Pada Guaifenesin dalam bentuk cair atau larutan, tersedia dalam ukuran  100 mg/5 mL, 200 mg/10 ml, dan 300 mg/15 mL Sedangkan pada bentuk sirup atau suspensi, obat ini tersedia dalam ukuran 100 mg/5 mL

Dosis

Bagi pengguna Guaifenesin dewasa untuk meredakan batuk, dapat menggunakan bentuk kapsul, larutan obat, sirup, maupun tablet. Untuk penyembuhan batuk, dapat diberi dosis 200 – 400 mg yang dikonsumsi setiap empat jam sekali sesuai kebutuhan, dengan dosis maksimum yang dapat diberikan adalah 2.4 gram per hari.

  • Bagi pasien dewasa yang menggunakan obat ini dalam bentuk kapsul dan tablet extended-release, dapat diberi dosis 600 – 1200 mg yang digunakan setiap 12 jam sekali, dengan dosis yang maksimum yang bisa diberikan adalah 2.4 gram per hari.
  • Sedangkan bagi pasien Anak – anak, dapat menggunakan Guaifenesin untuk meredakan batuk dengan bentuk kapsul, larutan obat, sirup, dan tablet. Bagi anak usia di bawah 2 tahun bisa menggunakan bentuk sirup atau larutan dengan dosis 12 mg/Kg berat badan, diminum dalam 6 dosis terpisah.
  • Selanjutnya pemakaian Guaifenesin untuk anak usia 2-5 tahun adalah 50 – 100 mg diminum setiap 4 jam sekali, dengan dosis maksimum yang dianjurkan adalah 600 mg per hari. Sedangkan jika menggunakan bentuk kapsul dan tablet extended-release, bisa diberi dosis 300 mg diminum setiap 12 jam sekali dengan dosis maksimumnya 600 mg per hari.
  • Berbeda halnya pada pemakaian Guaifenesin untuk anak usia 6-11 tahun adalah 100 – 200 mg diminum 4 jam sekali sesuai kebutuhan, dengan dosis maksimum yang bisa diberikan adalah 1.2 gram per hari. Sedangkan jika memilih bentuk kapsul dan tablet extended-release, bisa diberi dosis 600 mg diminum setiap 12 jam sekali.
  • Sedangkan penggunaan Guaifenesin bagi  anak usia 12 tahun ke atas, bisa diberi dosis 200-400 mg diminum setiap 4 jam sekali, dengan dosis maksimum tidak melebihi 2.4 gram per hari. Sedangkan jika memilih menggunakan kapsul dan tablet extended-release, bisa memakai dosis 600-1200 mg diminum setiap 12 jam sekali, dengan dosis maksimum yang bisa diberikan tidak melebihi 2.4 gram per hari.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Sebaiknya Anda konsultasikan dan terbuka kepada dokter bila sedang dalam perawatan tertentu atau sedang menggunakan obat maupun herbal tertentu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadi reaksi yang tidak diinginkan, entah alergi atau penyerapan obat yang tidak maksimal, hingga bisa menyebabkan suatu komplikasi. 

Kelompok Orang Berisiko

Anda yang alergi terhadap Guaifenesin tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini. Jika Anda merokok dan sedang atau pernah mengalami batuk dengan dahak yang banyak atau pernah memiliki masalah pernapasan seperti asma, emfisema, atau bronkitis kronis, jangan langsung konsumsi obat ini. Konsultasikan hal tersebut pada dokter. Juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, kelainan bawaan fenilketonuria.

Efek Samping

Konsumsi Guaifenesin tentunya dapat menimbulkan efek samping, meskipun tidak semua pengguna mengalami. Efek samping yang bisa muncul seperti pusing,  mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, muncul ruam, hingga yang paling parah pembentukan batu ginjal.

Cara Konsumsi

Selama mengonsumsi Guaifenesin, Anda harus mengikuti saran dokter atau baca keterangan yang terdapat pada kemasan obat. Anda dapat mengonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan. Usahakan untuk tidak membelah atau mengunyah tablet Guaifenesin terlebih dahulu sebelum ditelan, kecuali disarankan dokter.

Apabila kondisi Anda tidak kunjung membaik setelah menggunakan obat ini selama 7 hari, segeralah untuk ke dokter. Anda bisa memberitahukan kepada dokter jika memiliki riwayat asma, bronkitis kronis, emfisema, batuk disertai dahak yang banyak, atau batuk darah.

Buatlah jadwal konsumsi Guafenesin di waktu yang sama setiap harinya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika Anda lupa mengonsumsi obat ini, disarankan untuk segera melakukannya begitu ingat, apabila jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Namun, jika jeda waktu berikutnya sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?