fbpx
BerandaTelemedikMengenal Konsep Telemedicine di Indonesia

Perkembangan teknologi kini semakin maju dan merambah berbagai bidang, termasuk kesehatan. Alat-alat kesehatan kini semakin canggih dan sangat membantu terutama dalam diagnosis dan pengobatan pasien. Namun tidak hanya sampai di situ, teknologi kesehatan kini juga berkembang pada sistem pelayanan kesehatan. Tidak menutup kemungkinan perkembangan teknologi ini dapat mempengaruhi konsep telemedicine di Indonesia.

konsep telemedicine

Mungkin Anda sudah mendengarnya? Ya, perkembangan besar yang terjadi pada sistem pelayanan kesehatan adalah telemedicine atau telemedika. Layanan telemedika merupakan layanan kesehatan yang memudahkan pasien dalam menjangkau pelayanan kesehatan.

Mungkin sebagian dari Anda masih belum familiar dengan layanan kesehatan yang satu ini? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Apa Itu Layanan Telemedis?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa layanan telemedicine atau telemedis adalah layanan kesehatan yang memudahkan pasien dalam menjangkau pelayanan kesehatan. Dengan adanya layanan telemedis, pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online tanpa harus bertatap muka secara langsung (telekonsultasi).

Terdapat beberapa jenis layanan telekonsultasi, dapat berupa percakapan teks (chat), panggilan suara, dan panggilan video. Hal ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan pasien sehingga pasien lebih fleksibel dalam tempat dan waktu. Selain memudahkan pasien, tentunya hal ini mempermudah dokter dalam menolong pasien. Terlebih dalam situasi pandemi seperti saat ini. Risiko akan terjadinya penularan penyakit pun menjadi lebih rendah.

Konsep Telemedicine di Indonesia

Meski layanan kesehatan yang satu ini cukup terkenal dan sudah banyak digunakan di mancanegara, di Indonesia sendiri layanan ini masih kurang banyak digunakan. Di Indonesia sendiri, layanan telekonsultasi yang paling sering digunakan adalah percakapan teks, panggilan suara, dan panggilan video.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dalam pelaksanaannya, layanan telemedis dilakukan secara real time atau memerlukan kehadiran kedua belah pihak di waktu yang sama. Selain itu layanan telemedis juga memerlukan media penghubung yang menjadi perantara pasien dengan dokter seperti internet dan perangkat keras (komputer dan telepon genggam).

konsep telemedicine
Perkembangan teknologi kini semakin maju dan merambah berbagai bidang, termasuk kesehatan. Berikut penjelesan konsep telemedicine di era ini.

Selain itu layanan telemedis juga dalam bentuk store and forward, yakni mencakup pengumpulan data medis dari pasien untuk diberikan kepada tenaga kesehatan terkait untuk dijadikan bahan evaluasi dan pendukung diagnosis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika pemeriksaan lebih lanjut dibutuhkan, pasien juga dapat mengunjungi fasilitas kesehatan secara langsung untuk melakukan pemeriksaan medis agar diagnosis yang ditegakan tepat dan akurat (Baca juga Konsultasi Dokter Online, Apakah Aman?).

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Telemedis

1. Memudahkan Pasien dalam Mengakses Pelayanan Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa keuntungan pertama akibat munculnya teknologi ini adalah memudahkan pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan. Pasien jadi jauh lebih fleksibel dalam waktu dan tepat. Terlebih layanan ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

2. Praktis

Selain memudahkan pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan, layanan ini juga membuat layanan kesehatan jadi lebih mudah dan praktis. Tidak hanya sampai layanan konsultasi, layanan tebus obat kini juga bisa diakses secara online sehingga pasien tidak perlu ke apotek dan mengantri. Bahkan, obat kronis seperti Clopidogrel HJ 75 mg – 10 tablet – Obat Resep Dokter (Rp404.300) yang digunakan untuk mengatasi penyakit jantung dapat Anda beli secara online.

3. Keterbatasan Ruang dan Waktu

Jika sebelumnya kita membahas mengenai kelebihan dari layanan ini, telemedis juga memiliki keterbatasan, salah satunya adalah keterbatasan ruang dan waktu. Hal ini membuat dokter menjadi lebih kesulitan dalam menegakkan diagnosa karena tidak bisa memeriksa fisik pasien secara langsung.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Kesalahan Teknis

Meski mempermudah pasien dan dokter, hambatan lainnya dalam melaksanakan layanan kesehatan ini adalah kesalahan teknis. Terkadang hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi seperti kecepatan internet yang lambat, aplikasi error, dan sebagainya. Hal ini dapat membuat informasi yang diberikan antara pasien dan dokter menjadi tidak maksimal dan berisiko menimbulkan kesalahan informasi.

Itulah informasi mengenai telemedicine dan konsep telemedicine di Indonesia. Anda dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mempermudah pengobatan. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Mungkin Anda memiliki rasa khawatir untuk keluar rumah karena risiko penularan COVID-19 (Baca juga Pentingnya Layanan Telemedik di Masa Sekarang).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tenang! Lifepack punya solusinya! Anda dapat melakukan konsultasi dokter online. Kami juga menyediakan layanan tebus obat yang dapat Anda akses dengan mudah. Unduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store sekarang! Atau Anda bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik di Jovee

Ditulis oleh: Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

lowongan-kerja-dokter

Cara Mendaftar Lowongan Kerja Dokter untuk Layanan Online

Telemedik   27/05/2021
tanya-jawab-dokter

Memahami Aktivitas Tanya Jawab Dokter secara Online

Telemedik   27/05/2021
dokter-online-terbaik

Cara Efektif Menjadi Dokter Online Terbaik

Telemedik   25/04/2021
konsultasi-online

Layanan Kesehatan yang Bisa Diakses lewat Konsultasi Online

Telemedik   25/04/2021
pro-kontra-telemedicine

Menilik Pro Kontra Telemedicine di Masyarakat

Telemedik   24/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman