fbpx

Pentingnya Layanan Telemedik di Masa Sekarang

Sep 18, 2020 | Telemedik | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Kini kita telah sampai pada masa yang penuh dengan berbagai macam teknologi yang memudahkan kita dalam beraktivitas, terutama berkomunikasi. Hanya dengan internet, kini kita sudah bisa menjelajahi dunia walau hanya dari ponsel, komputer, atau perangkat keras lainnya. Berkomunikasi dengan orang yang kita cintai walaupun jarak jauh, kini hal itu bukanlah masalah.

Apa Itu Layanan Telemedik?

Kemajuan teknologi tidak hanya sampai di situ, melainkan juga merambah di dunia kesehatan. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah “Telemedik”? Ya, istilah yang satu ini memang memiliki peran penting dalam revolusi pelayanan kesehatan. Bagi Anda yang belum tahu, telemedik atau telemedicine adalah teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan dan informasi kesehatan jarak jauh, serta memungkinkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa harus melakukan tatap muka.

WHO menyebutkan bahwa telemedik memiliki 4 elemen yang menjadi tujuannya, yaitu:

  1. Memberikan dukungan pelayanan kesehatan klinis
  2. Menjangkau pasien yang tidak berada di lokasi fisik yang sama
  3. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan
  4. Meningkatkan kesehatan masyarakat

Kelebihan Telemedik

Layanan telemedik atau telemedicine adalah layanan yang dapat Anda akses hanya dengan menggunakan ponsel atau komputer loh! Anda sudah bisa berkomunikasi untuk  mendapatkan informasi tentang kesehatan, konsultasi dengan dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Tidak hanya itu, sekarang Anda juga bisa membeli atau menebus obat dengan resep dokter secara online tanpa perlu keluar rumah. Anda hanya perlu membuka aplikasi atau website layanan telemedik dan memilih kebutuhan Anda. Semua dilakukan secara online dan cepat, bahkan  obat diantar langsung ke rumah tanpa perlu antri di apotek loh!

Terlebih saat ini kita sedang dilanda oleh pandemi COVID-19 yang membatasi kegiatan kita di ruang publik. Jumlah kasus positif COVID-19 yang terus meningkat, membuat Anda khawatir untuk pergi ke pelayanan kesehatan atau bahkan ke apotek hanya untuk membeli obat.

Ya, layanan telemedik memang bisa Anda andalkan, terutama jika Anda khawatir akan risiko penularan COVID-19 di pelayanan kesehatan. Apa lagi saat ini layanan telemedik semakin berkembang. Tidak hanya konsultasi dokter umum, berbagai layanan dokter spesialis hingga kesehatan jiwa dapat Anda akses dengan layanan kesehatan ini.

Meski begitu, jika dibutuhkan diagnosis lebih lanjut, biasanya dokter akan merujuk Anda ke pelayanan kesehatan agar mendapat dukungan pemeriksaan lain. Hal ini dibutuhkan untuk keakuratan penegakan diagnosis.

Lifepack sebagai Apotek Digital

Lifepack merupakan apotek digital yang dapat Anda akses secara online. Kami hadir untuk memudahkan Anda dalam melakukan penebusan resep obat terutama bagi pasien dengan penyakit kronis. 

Anda dapat membeli obat secara aman dan terpercaya hanya dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Pesanan Anda akan diantar langsung ke rumah.

Lifepack juga menyediakan konsultasi dokter yang dapat Anda akses di aplikasi. Anda dapat mengonsultasikan berbagai macam keluhan dan masalah kesehatan dengan dokter Lifepack secara gratis.

Selain layanan tebus obat dan konsultasi dokter gratis, aplikasi Lifepack juga menyediakan fitur pengingat minum obat agar Anda tidak melupakan waktu minum obat. Sehingga obat dapat Anda konsumsi secara teratur selama masa pengobatan berlangsung.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

CDC. Uses of Telehealth during COVID-19 in Low Resource Non-U.S. Settings. Diakses pada 2020.

WHO. TELEMEDICINE: Opportunities and developments in Member States. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis