fbpx
BerandaHidup SehatPertanyaan yang Wajib Diajukan Ke Tenaga Profesi Apoteker

Saat dalam kondisi tidak sehat, kita memerlukan obat-obatan untuk membantu mengobati gejalanya. Namun, dalam mengonsumsi obat kita tidak boleh sembarangan. Alih-alih menjadi sehat kembali seperti sediakala, justru obat-obatan yang kita konsumsi tanpa pengawasan dokter atau apoteker menjadi bumerang yang membahayakan kesehatan kita.

profesi-apoteker

Kali ini, ada beberapa pertanyaan yang bisa diajukan oleh Anda terhadap tenaga profesi apoteker. Hal ini bisa mengurangi kesalahan yang cukup fatal ketika membeli obat di luar sana. Penasaran bukan, Anda bisa mendapatkan jawabannya di sini. 

6 Pertanyaan yang Harus Ditanyakan Ke Tenaga Profesi Apoteker 

Inilah pertanyaan yang harus dipertanyakan kepada tenaga profesi apoteker, di antaranya sebagai berikut: 

1. Mengapa saya perlu mengkonsumsi obat ini? 

Sebelum Anda membeli dan mengkonsumsi obat, maka sebaiknya Anda bisa menanyakannya kepada dokter. Alasan terutama mengkonsumsi obat yang sudah dituliskan dalam resep obat. 

Setelah obat diberikan, sebaiknya Anda melihat ulang dari botol yang terisi obatnya. Apakah hal ini sudah sama dengan resep yang telah dilakukan. 

2. Bagaimana cara untuk mengkonsumsi obat? 

Anda bisa menanyakan mengenai cara untuk mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan. Anda bisa mengonfirmasikan mengenai obat yang seharusnya dikonsumsi,seberapa sering harus mengkonsumsinya, hingga waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obatnya. Apakah Anda bisa mengkonsumsi obat sebelum atau sesudah makan? 

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Haruskah diri saya menghindari beberapa makanan, minuman, atau alkohol saat menggunakan obat ini? 

Selanjutnya, Anda bisa menanyakan mengenai “Haruskah saya menghindari beberapa makanan, minuman, atau alkohol, saat menggunakan obat ini?” Penting diketahui ketika Anda melakukan pengobatan dan mengkonsumsi alkohol maka efek dari obat sendiri tidaklah efektif bekerja di dalam tubuh. 

Bahkan ketika Anda mengkonsumsi alkohol, maka ada beberapa obat yang malah meningkatkan efek dari alkohol. Tidak hanya itu sebenarnya, ada beberapa makanan yang mampu mengubah efek dari obat. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati ketika mengkonsumsi makanan maupun minuman. Anda jangan sampai mengkonsumsi jeruk, karena jeruk sendiri mengurangi efektivitas dari obat-obat yang telah dikonsumsi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Apa yang akan terjadi ketika saya lupa mengkonsumsi obat? 

Tanyakan kepada tenaga profesi apoteker “Apa yang akan terjadi ketika saya lupa mengkonsumsi obat?” Anda harus mengetahui apabila salah satu dosis dari obat yang terlewati, akan memberikan efek apa terhadap tubuh. 

Anda bisa meminta perincian yang lengkap dan padat dari para tenaga profesi apoteker. Tidak perlu sungkan atau pun takut untuk menanyakan hal seperti ini. Pastikan hal ini dengan bertanya kepada dokter atau apoteker.

Anda harus tahu tiap obat memiliki jadwal dan dosis yang berbeda. Ketika Anda melewati satu dosis, maka bisa Anda harus menunggu hingga waktu minum obat selanjutnya. Pastikan jika terjadi hal ini dengan menanyakannya kepada tenaga profesi apoteker. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Berapa lama harus mengkonsumsi obat? 

Pertanyaan untuk apoteker yang selanjutnya bisa ditanyakan adalah berapa lama waktu yang diwajibkan ketika mengkonsumsi suatu obat. Anda bisa menanyakan secara spesifik mengenai waktu untuk mengkonsumsi obat-obatan kepada tenaga profesi apoteker. Mungkin saja, Anda perlu untuk mengkonsumsi obat dalam sisa waktu hidup Anda – tidak ada yang tahu akan hal itu karena obat ada yang penggunaannya dalam jangka panjang tergantung penyakit yang diderita Anda. 

Tidak hanya itu saja, Anda bisa melihat tanggal kadaluarsa dari obat. Jangan sampai Anda mengkonsumsi obat dengan tanggal kadaluarsa yang sudah terlewati. Pastikan sebelum membelinya, melihat label dari kadaluarsa dari obat yah. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

6. Apakah ada dampak lain ketika saya mengkonsumsi obat yang lain? 

Anda bisa tanya tenaga profesi apoteker atau dokter, mengenai dampak lain ketika mengkonsumsi obat lain. Yah, Anda harus tahu bahwa ketika Anda mengkonsumsi dua obat sekaligus maka akan menimbulkan interaksi yang tidak bagus untuk tubuh saat ini. Walaupun, obat tersebut merupakan obat-obat herbal atau obat resep. Sangat tidak baik ketika dikonsumsi secara bersamaan. 

“Anda juga bisa menanyakan kepada apoteker terkait cara penyimpanan obat dan kualitas obat setelah kemasannya dibuka, karena ada beberapa obat yang kualitasnya menurun jika dibiarkan berbulan-bulan setelah dibuka kemasannya apalagi jika cara penyimpanannya salah. Dan tanggal kadaluarsa obat yang tercantum dalam kemasan hanya berlaku jika kemasan belum dibuka, informasi ini berguna agar obat yang anda konsumsi selalu dalam keadaan baik sehingga manfaat dari obat tersebut bisa didapat sempurna,” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack.

Maka dari itu, ketika Anda akan membeli obat, Anda bisa mencatat daftar mengenai obat lain yang dikonsumsi saat ini. 

Demikian informasi seputar pertanyaan yang wajib diajukan ke tenaga profesi apoteker. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas perempuan indonesia

Komunitas Perempuan Indonesia di Bidang Kesehatan

Hidup Sehat   27/09/2023
minuman untuk pengidap diabetes

Minuman yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Hidup Sehat   25/09/2023
puding untuk diabetes

Tips dan Resep Puding untuk Pengidap Diabetes

Hidup Sehat   24/09/2023
tips menjaga kesehatan mental

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mental

Hidup Sehat   02/09/2023
kalkulator kesehatan mental

Kalkulator Kesehatan Mental: Simak Rekomendasinya

Hidup Sehat   01/09/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman