fbpx
BerandaHidup SehatMemahami Peran Kolesterol bagi Metabolisme Tubuh

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

peran-kolesterol

Kolesterol seringkali dikenal luas sebagai salah satu jenis lemak yang dipandang negatif di mata masyarakat awam. Padahal kolesterol hanya berbahaya bagi tubuh saat kadarnya tinggi melebihi batas normal. Justru terdapat banyak peran kolesterol bagi metabolisme tubuh manusia. 

Seperti kita tahu bahwa pada prinsipnya apa yang berlebihan masuk ke tubuh tidaklah bagus. Begitu juga dengan kolesterol yang sebenarnya punya fungsi penting bagi metabolisme. 

Namun, seringkali karena konsumsi makanan yang tidak terkontrol berakibat pada penumpukan kolesterol dalam tubuh. Berikut akan dibahas lebih jauh mengenai kolesterol dan perannya bagi metabolisme tubuh manusia.

Pengertian Kolesterol

Mari berkenalan dulu dengan kolesterol. Kolesterol adalah jenis lemak yang terdapat pada tubuh manusia. Kolesterol bisa diproduksi sendiri dan juga didapatkan dari makanan yang dikonsumsi seperti daging sapi, telur, juga susu. Termasuk ke dalam golongan lemak, tubuh manusia sebenarnya membutuhkan kolesterol namun dalam batas yang normal.

Kolesterol dalam tubuh manusia juga dibedakan menjadi dua jenis. Berikut adalah dua jenis kolesterol yang penting untuk dipahami dengan baik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Kolesterol Jahat

Low Density Lipoprotein atau LDL merupakan jenis kolesterol yang dikategorikan ‘jahat’. Kolesterol jahat ini memiliki kandungan protein yang rendah selain itu bobotnya juga tergolong ringan. Mudah sekali bagi LDL untuk bergerak menuju sel-sel di dalam tubuh untuk membagikan kolesterol. LDL akan membawa kolesterol ke sel-sel yang membutuhkan lewat alirah darah.

Namun ketika LDL ini mengalami oksidasi, maka akan terjadi proses inflamasi. Lemak kemudian akan tertimbun di bagian dinding pembuluh darah. Tumpukan lemak ini kemudian membentuk plak. Jika flek terus bertambah maka terjadilah sumbatan pembuluh darah dan bisa berakibat fatal jika ini terjadi di pembuluh darah jantung.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Kolesterol Baik

Jenis kolesterol berikutnya adalah HDL atau High Density Lipoprotein. Ini merupakan jenis kolesterol baik yang memiliki kandungan protein lebih tinggi. HDL ini memiliki tugas mengambil kolesterol dari sel-sel tubuh untuk diserahkan ke organ hati. Sebagai kolesterol baik, jika kadarnya tinggi di dalam tubuh maka bisa membantu mencegah munculnya penyakit kardiovaskular.

Peran Kolesterol dalam Metabolisme Tubuh

Meskipun memiliki nilai negatif di mata masyarakat awam, sebenarnya kolesterol memegang peran penting dalam metabolisme tubuh manusia. Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk menjaga keseimbangan metabolisme. Namun tentu saja dibutuhkan kolesterol dalam kadar yang normal. 

Apa saja peran kolesterol di dalam tubuh kita? Berikut adalah beberapa peran kolesterol dalam metabolisme tubuh yang sebaiknya Anda perhatikan.

1. Peran Kolesterol dalam Memelihara Sel

Keberadaan kolesterol sangat dibutuhkan untuk membantu memelihara sel-sel yang ada di dalam tubuh. Proses pembentukan membran maupun struktur sel ternyata membutuhkan peran dari kolesterol. Kolesterol akan membantu membuat membran sel menjadi lebih cair dengan masuk ke molekul lemak yang ada di dalam sel.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Pembentukan Hormon

Kolesterol juga sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan hormon, khususnya hormon steroid. Hormon-hormon steroid diketahui punya fungsi penting bagi tubuh. Misalnya kortisol yang berperan dalam proses metabolisme tubuh. Kemudian ada aldosteron yang berfungsi menjaga keseimbangan jumlah air serta garam mineral dalam tubuh.

3. Peran Kolesterol dalam Pembentukan Empedu

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membantu membentuk empedu. Organ hati akan membutuhkan kolesterol agar bisa memproduksi empedu. Empedu ini merupakan cairan penting yang akan membantu melakukan pencernaan lemak di dalam tubuh. Itulah mengapa HDL atau kolesterol baik akan masuk ke hati agar produksi empedu bisa berjalan lancar.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Produksi Vitamin D

Kolesterol ternyata juga punya peran penting dalam proses produksi vitamin D. Vitamin D ini punya banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang juga gigi. Tubuh akan menggunakan kolesterol untuk memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Itulah mengapa Anda disarankan untuk berjemur di pagi hari demi memenuhi kebutuhan Vitamin D harian.

Kadar Kolesterol

Fungsi kolesterol bagi metabolisme tubuh ini bisa berjalan baik jika kadarnya dalam batas normal. Saat kadar kolesterol ada di angka yang tinggi maka harus dilakukan tindakan untuk menurunkannya kembali. Kadar kolesterol yang tidak melebihi angka 200 mg/dL dikatakan normal atau ideal. 

Jika kadar kolesterol berada di angka 200 hingga 239 mg/dL maka bisa dikatakan bahwa Anda harus waspada. Angka ini menunjukkan bahwa kadar kolesterol akan menuju ke kadar yang tidak normal. Jika kadar kolesterol sudah masuk lebih dari angka 240 mg/dL maka perlu dilakukan tindakan lebih lanjut. 

Saat kadar kolesterol ada dalam angka tinggi, maka segera konsultasikan kepada dokter. Jaga pola makan dan kurang jenis makanan berlemak tinggi. Lakukan olahraga rutin dan periksa kadar kolesterol Anda secara teratur untuk mengetahui statusnya. Kembalikan kadarnya ke batas normal agar peran kolesterol bagi metabolisme tubuh bisa kembali didapatkan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selalu sedia obat kolesterol sesuai dengan obat yang diresepkan dokter Anda. Lifepack menyediakan obat kolesterol seperti Atorvastatin Dexa 20 MG Tab 30S – Obat Antikolesterol (Rp173.300). Obat ini termasuk ke dalam golonganpenghambat HMG-CoA reduktase (statin) dan dapat digunakan untukmenurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022
diet penyakit tbc

Bantu Proses Penyembuhan, Cek Diet Penyakit TBC Berikut

Hidup Sehat   06/11/2022
diet penyakit saluran cerna bawah

Ini Diet Penyakit Saluran Cerna Bawah: Konstipasi, Diare, Seliak, dan lain-lain

Hidup Sehat   06/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman