fbpx
BerandaHipertensiPilihan Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tanpa Obat

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

tekanan-darah-tinggi

Hipertensi atau kondisi tekanan darah tinggi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang banyak dialami masyarakat di Indonesia. Hipertensi tergolong sebagai penyakit kronis dan dibutuhkan kontrol yang tepat agar penderita bisa menjalani hidup dengan baik. Apalagi mengingat kondisi ini bisa berakibat fatal bahkan berujung kematian jika tidak ditangani secara tepat.

Kontrol tekanan darah yang tepat sangat dibutuhkan demi menjaga kualitas hidup penderita. Konsumsi obat rutin juga dilakukan agar tidak terjadi efek negatif yang fatal terhadap tubuh pasien. Namun, selain konsumsi obat juga ada cara-cara lain yang bisa dilakukan agar tekanan darah tetap dalam batas normal. Berikut akan dibahas seperti apa teknik penurunan tekanan darah tanpa obat.

Kontrol Tekanan Darah

Setiap orang harus mengupayakan yang terbaik bagi kesehatan tubuhnya. Begitu juga bagi penderita hipertensi yang harus melakukan upaya terbaik untuk menurunkan tekanan darah mereka. Anda dapat menurunkan tekanan darah dengan mengkonsumsi Canderin 8 MG 30 Tablet – Obat Penurun Tekanan Darah (Rp288.000). Tetapi, tekanan darah dapat Anda lakukan secara alami. Berikut adalah pilihan cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa harus konsumsi obat.

1. Kurangi Konsumsi Garam

Penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam dalam makanan mereka. Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi garam akan meningkatkan risiko hipertensi dan gangguan jantung bahkan strok. Jika Anda memasak makanan sendiri, maka kurangi penggunaan garam atau kalau bisa hindari.

Cermatlah dalam membaca label makanan jika Anda ingin mengonsumsi makanan kemasan. Pilih jenis makanan yang rendah garam. Hindari jenis makanan cepat saji dan makanan beku yang mengandung tinggi garam.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Lakukan Latihan Fisik Rutin

Berolahraga menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah. Aktivitas fisik yang dilakukan rutin sangat membantu memperkuat jantung dan meningkatkan efektivitas pemompaan darah. Anda bisa memilih jenis olahraga yang paling disukai. Anda bisa berjalan rutin 30 menit sehari, berenang, berlari, dan lain sebagainya. 

3. Terapkan Pola Makan Sehat

Mengelola diet sehat adalah kunci utama untuk menjaga kondisi tubuh. Begitu juga dengan penderita hipertensi. Sangat penting bagi mereka untuk menerapkan pola makan yang sehat. Jenis makanan yang dikonsumsi harus sangat diperhatikan dan tidak boleh sembarangan. Anda disarankan untuk tidak banyak mengonsumsi jenis makanan kemasan atau makanan siap saji.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pilih jenis makanan tinggi potasium seperti tomat, kentang, melon, tuna, salmon, kacang-kacangan, juga produk susu seperti yogurt. Hindari jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Hindari juga konsumsi makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi seperti tepung putih.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Bukan hanya oleh pasien tekanan darah tinggi, sebenarnya kebiasaan merokok ini harus dihentikan oleh siapa saja. Merokok jelas akan membawa dampak buruk bagi tubuh. Tak hanya paru-paru yang rusak, jantung juga bisa mengalami penurunan fungsi akibat kebiasaan merokok.

Perlu diketahui bahwa setiap batang rokok yang Anda konsumsi berperan besar dalam meningkatkan angka tekanan darah. Lebih baik hentikan merokok sekarang juga agar tekanan darah kembali normal. Lagipula berhenti merokok juga bisa membuat tubuh Anda sehat secara keseluruhan.

5. Hindari Konsumsi Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol juga sangat tidak disarankan bagi penderita hipertensi. Sebenarnya konsumsi alkohol dalam batas kecil diketahui bisa menurunkan tekanan darah. Hanya saja ini tidak berlaku jika jumlah alkohol yang dikonsumsi terlalu banyak. Justru tekanan darah bisa meningkat drastis saat jumlah alkohol yang masuk ke tubuh berlebihan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Perlu diketahui juga bahwa konsumsi alkohol dapat menghambat efektivitas obat penurun tekanan darah yang Anda konsumsi. Jika Anda masih mengonsumsi obat hipertensi secara rutin maka pastikan untuk menghindari minum alkohol. Percuma saja jika Anda mengonsumsi obat tapi juga masih minum alkohol. Tekanan darah bukannya turun tapi justru bisa semakin meningkat.

6. Kurangi Konsumsi Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga bisa memberi efek pada kondisi tekanan darah. Pada orang yang sudah terbiasa mengonsumsi kafein, memang tidak ditemukan kenaikan tekanan darah yang signifikan. Namun pada golongan orang yang tidak terbiasa, tekanan darah bisa meningkat tajam. Alangkah jauh lebih baik jika konsumsi kafein tetap dibatasi agar tidak berbahaya bagi tubuh. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

7. Kelola Stres dengan Baik

Peningkatan tekanan darah juga bisa disebabkan oleh faktor stres. Kemampuan Anda dalam mengelola stres akan sangat membantu menurunkan tekanan darah ke angka normal. Penderita hipertensi sebaiknya berusaha untuk mengendalikan emosi dan berpikir lebih rileks agar tidak mengalami stres yang berkepanjangan.

8. Kontrol Berat Badan

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, maka usahakan untuk menurunkannya ke angka normal. Orang dengan kondisi obesitas atau kelebihan berat badan memiliki risiko tinggi mengalami hipertensi. Lakukan olahraga dan terapkan pola diet sehat agar bisa mendapat bobot tubuh yang ideal.

Itulah tadi pilihan cara mengatasi tekanan darah tinggi tanpa perlu mengonsumsi obat. Tetap konsultasikan kondisi kesehatan Anda kepada dokter untuk mendapatkan rekomendasi terbaik. Periksakan juga tekanan darah dan status kesehatan lainnya untuk memastikan tubuh dalam kondisi normal.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

menu diet hipertensi

Masih Bisa Makan Enak, Cek Contoh Menu Diet Hipertensi Sehat!

Hipertensi   27/10/2022
manfaat puasa

Manfaat Puasa bagi Penderita Hipertensi

Hidup Sehat   14/07/2021
hipertensi adalah

Mengenal Tanda dan Gejala Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi   04/02/2021
hipertensi

Awas! Ternyata Hipertensi Bisa Sebabkan Stroke

Hipertensi   15/12/2020
Sabun Antibakteri vs Sabun Biasa, Manakah yang Sebaiknya Digunakan?

Sabun Antibakteri vs Sabun Biasa, Manakah yang Sebaiknya Digunakan?

Hipertensi   11/09/2020

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman