fbpx
BerandaHidup SehatMengenal Hematologi dan Perannya di Bidang Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

hematologi

Dunia medis memang begitu kompleks dengan cabang-cabang keilmuan yang lebih rinci. Salah satu bidang yang ada di dunia kesehatan adalah hematologi. Bidang ini mempelajari semua hal yang berhubungan dengan darah sekaligus beragam jenis gangguan yang terjadi pada darah

Darah menjadi bagian penting dalam tubuh manusia. Kelainan pada darah juga sangat beragam jenisnya mulai dari anemia, hemofilia hingga kondisi kanker yang dikenal dengan nama leukimia. Semua ini dipelajari dalam satu bidang ilmu dan dokter yang menguasai bidang tersebut dikenal dengan nama hematolog.

Tujuan Pemeriksaan Hematologi ke Dokter Hematolog

Kapan bidang ilmu ini dibutuhkan dan jenis tes seperti apa yang harus dilalui oleh pasien? Hematologi adalah bidang studi kesehatan yang berhubungan dengan darah dan pemeriksaan di bidang ini sangat dibutuhkan pada kondisi tertentu. Berikut adalah beberapa tujuan dilakukannya pemeriksaan ke dokter hematolog.

1. Mengetahui Adanya Infeksi

Dokter hematolog membutuhkan pemeriksaan darah untuk mengetahui adanya indikasi infeksi. Infeksi bisa saja terjadi karena berbagai macam sebab dan dapat berakibat fatal pada sebagian individu. Setelah dilakukan pemeriksaan darah maka dokter bisa mengambil tindakan tepat jika memang ditemukan adanya indikasi infeksi.

2. Diagnosis Penyakit

Pemeriksaan darah juga biasa dilakukan saat dokter harus melakukan diagnosis penyakit. Terutama jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan kelainan darah. Sebut saja seperti anemia, leukemia, limfoma, hemofilia, dan lain sebagainya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun perlu diketahui juga bahwa pemeriksaan darah bukanlah acuan utama bagi dokter dalam mengeluarkan diagnosis. Ini hanya menjadi salah satu media yang akan mempermudah dokter. Bisa saja dilakukan deretan tes lainnya untuk memastikan kondisi yang sedang dialami oleh pasien.

3. Keperluan Transfusi Darah dan Sumsum Tulang

Pemeriksaan darah juga menjadi langkah penting yang perlu dilakukan saat pasien akan melakukan transfusi darah. Baik bagi pihak penerima maupun pendonor sama-sama harus menjalani pemeriksaan darah. Tak hanya transfusi darah, pemeriksaan darah juga penting untuk dijalani bagi calon pendonor dan penerima sumsum tulang.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Penilaian Kondisi Pasien Operasi

Pasien yang akan menjalani operasi juga akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan hematologi. Tak hanya dilakukan sebelum tindakan operasi namun pemeriksaan juga biasanya dilakukan setelah operasi selesai. Ini dilakukan untuk mengetahui status kesehatan pasien dan menilai keamanan maupun keberhasilan tindakan operasi.

5. Kebutuhan Pengobatan

Pemeriksaan darah akan disarankan oleh dokter hematolog sebelum dijalankan prosedur pengobatan tertentu. Dokter perlu mengetahui seperti apa status kesehatan pasien lewat pemeriksaan darah. Hasil pemeriksaan ini akan menunjukkan apakah pasien bisa menerima jenis obat tertentu atau tidak. Pemeriksaan juga bisa dilakukan setelah pengobatan untuk menilai efektivitas obat yang diberikan.

Jenis Pemeriksaan Hematologi

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter hematologi dibedakan ke dalam beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis pemeriksaan kondisi darah yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Complete Blood Count

Jenis tes yang pertama adalah CBC atau complete blood count test. Tes ini merupakan tes darah lengkap yang akan memberikan analisis sel darah merah, sel darah putih, serta trombosit. Tes CBC ini juga mencakup pemeriksaan terhadap hematokrit, hemoglobin, hitung darah putih, sekaligus indeks darah merah dalam tubuh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. PT, PTT, INR

Pemeriksaan darah berikutnya yang bisa dijalani pasien adalah Prothrombin Time (PT), Partial Thromboplastin Time (PTT), dan International Normalized Ratio (INR). Tiga jenis tes ini sudah menjadi satu rangkaian yang biasanya dipakai saat dokter ingin menganalisis gangguan pembekuan darah. Rangkaian tes ini juga dilakukan untuk memantau kondisi pasien setelah menerima prosedur pengobatan tertentu.

3. Pemeriksaan Hematologi dengan Sumsum Tulang Belakang

Dokter hematolog juga bisa melakukan pemeriksaan biopsi terhadap sumsum tulang belakang. Jenis tes ini biasanya dilakukan saat dokter akan melakukan diagnosis dan perlu sampel sel sumsum tulang belakang. Pemeriksaan ini juga bisa dilakukan saat dibutuhkan donor sumsum tulang pada pasien untuk jenis penyakit tertentu.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Waktu yang Tepat untuk Menjalani Tes Hematologi

Pemeriksaan darah sebenarnya adalah jenis tes yang sebaiknya dijalankan secara rutin. Lewat tes darah dokter bisa mengetahui apabila terjadinya gangguan kesehatan tertentu di tubuh Anda. Deteksi penyakit akan bisa dilakukan lebih dini sehingga lebih mudah pula untuk diatasi. Jadi konsultasikan kepada dokter Anda apakah memang dibutuhkan pemeriksaan darah rutin atau tidak.

Anda sebaiknya segera melakukan tes darah saat mengalami penyakit tertentu. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi infeksi akibat penyakit tersebut atau tidak. Tes darah juga bisa dilakukan setelah menderita sakit untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan nutrisi atau tidak.

Bagi pasien yang memiliki riwayat genetik gangguan darah juga sebaiknya melakukan pemeriksaan darah secara lengkap. Orang dengan riwayat genetik gangguan darah memiliki peluang yang besar untuk menderita gangguan yang sama. Jadi sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih dini sebagai langkah antisipasi.

Pemeriksaan hematologi dilakukan demi menjaga kondisi tubuh dan mendapatkan pertolongan lebih dini jika memang terjadi kelainan di tubuh Anda. Pemeriksaan ini bukanlah suatu hal yang harus ditakuti dan justru bisa dilakukan rutin berdasarkan rekomendasi dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman