fbpx
BerandaHidup SehatEfek yang Dirasakan Akibat Pembekuan Darah

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

pembekuan-darah

Pembekuan darah atau penggumpalan darah, sejatinya merupakan proses yang normal terjadi, sebagai bentuk respons atas terlukanya pembuluh darah. Dengan menggumpalnya darah, maka pendarahan pun akan bisa dihindari. Namun, pada kondisi tertentu, membekunya darah terjadi di organ penting dalam tubuh, yang kemudian menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh. 

Penyebab Terjadinya Pembekuan Darah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membeku atau menggumpalnya darah dalam tubuh merupakan hal yang wajar dan normal. Umumnya, penggumpalan darah terjadi disebabkan karena adanya luka pada pembuluh darah. Dengan menggumpalnya darah, maka pendarahan akan bisa terhenti. 

Menggumpalnya darah menjadi berbahaya, saat kondisi tersebut berpindah dan terjadi di bagian atau organ penting dalam tubuh, seperti jantung, otak, atau paru-paru. Jika sudah begini, maknanya terjadi gangguan penggumpalan darah. Umumnya, kondisi ini dipicu oleh beberapa faktor misalnya seperti obesitas, kebiasaan merokok, kehamilan, hingga baru selesai menjalani operasi.  

Gejala Pembekuan Darah 

Gejala yang ditimbulkan karena adanya gangguan saat penggumpalan darah terbilang bervariasi, tergantung pada dimana terjadinya penggumpalan darah tersebut. Dengan mengetahui gejala yang ditimbulkan oleh kondisi ini, maka penanganan medis akan bisa lebih cepat diperoleh. Berikut adalah gejala yang muncul berdasarkan lokasi terjadinya penggumpalan darah. 

Efek Pembekuan Darah

Pembekuan atau penggumpalan darah yang terjadi di beberapa bagian penting tubuh tentu saja menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh. Bahkan, kondisi ini bisa memicu penyakit yang terbilang mematikan seperti serangan jantung. Berikut ini adalah beberapa efek yang kerap dipicu karena adanya gangguan pembekuan atau penggumpalan darah tersebut.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Emboli Paru

Emboli paru merupakan sebuah kondisi yang disebabkan karena adanya penggumpalan darah di paru-paru. Penggumpalan darah tersebut memicu munculnya sumbatan, yang kemudian menyebabkan luka permanen di organ pernapasan ini. Akibatnya, level oksigen dalam darah mengalami penurunan dan berpotensi melukai organ lainnya. 

2. Serangan Jantung

Terjadinya penggumpalan darah di organ jantung, sangat berpotensi menyebabkan terjadinya serangan  jantung. Gumpalan darah tersebut sepenuhnya menyumbat pembuluh arteri koroner yang berfungsi menyuplai darah ke otot jantung. Akibatnya, otot jantung pun tak bisa berfungsi dengan normal dan mati. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Strok

Strok merupakan risiko yang ditimbulkan oleh menggumpalnya darah di bagian otak. Darah yang dialirkan ke otak, memuat oksigen serta nutrisi yang dibutuhkannya. Namun, saat sumbatan terjadi karena menggumpalnya darah, maka secara otomatis darah tak bisa dialirkan ke bagian otak tertentu, yang kemudian menyebabkan otak jadi kekurangan oksigen dan nutrisinya. 

4. Gagal Jantung

Penggumpalan darah juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami gagal jantung. Pasalnya, gumpalan darah tersebut menyumbat beberapa arteri pulmonalis yang ukurannya terbilang kecil. Akibatnya, tekanan darah pada arteri pulmonalis pun menjadi meningkat dan memberikan tekanan lebih pada jantung. Gejala penggumpalan darah di kondisi seperti ini kerap tak terlihat. 

5. Trombosis Vena Dalam

Trombosis vena dalam atau dikenal juga dengan istilah deep vein thrombosis (DVT) merupakan salah satu kondisi yang dipicu oleh menggumpalnya darah.  Pada kondisi ini, penggumpalan darah terjadi pada pembuluh vena dalam. Permukaan kulit di bagian kaki atau lengan, tempat terjadinya penggumpalan darah di pembuluh vena dalam ini, akan terasa hangat. 

Cara Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah

Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati, begitu pun dengan risiko terjadinya gangguan pembekuan atau penggumpalan darah ini. Anda bisa menghindari risiko terjadinya kondisi ini dengan menjalankan gaya hidup sehat. Aktiflah dalam melakukan aktivitas fisik, berhenti merokok, konsumsi makanan sehat dan bergizi, dan jaga berat badan di ambang normal. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penanganan Kondisi Pembekuan Darah

Pengobatan yang dilakukan atas pasien dengan gangguan pembekuan atau penggumpalan darah adalah untuk mencegah makin besarnya pembekuan yang terjadi. Selain itu, pengobatan atas gangguan ini juga akan menurunkan risiko seseorang untuk mengalami kondisi serupa di masa yang akan datang. 

Salah satu bentuk penanganan atas kondisi ini adalah dengan pemberian obat-obatan seperti antikoagulan dan trombolitik. Antikoagulan diformulasi khusus untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sedangkan untuk obat trombolitik bermanfaat untuk memecah gumpalan darah yang telah terbentuk.Obat lainnya adalah Miniaspi 80 mg – 100 tablet (Rp63.000) yang merupakan anti-platelet dengan cara menghambat pembentukan trombus pada sirkulasi arteri.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pembekuan darah yang terjadi di saat yang tak tepat dapat memicu ragam gangguan kesehatan, misalnya seperti serangan jantung dan stroke. Gaya hidup yang sehat merupakan salah satu kunci agar bisa terhindar dari risiko kondisi ini. Kenali juga gejalanya dengan baik, agar bisa mendapatkan pengobatan atau penanganan, tanpa harus menunggu kondisinya makin memburuk. 

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack: faktor risiko tertentu meningkatkan kemungkinan kita mengalami pembekuan darah. Misalnya baru saja operasi besar, dan beberapa faktor umum yang dapat meningkatkan resiko misalnya berusia di atas 65 tahun, perjalanan yang panjang (posisi duduk lebih dari 1 jam misal di pesawat/ bus perjalanan panjang), bedrest jangka lama, kegemukan, kehamilan , adanya riwayat keluarga pembekuan darah, merokok, kanker, pil KB tertentu. Beberapa faktor resiko tidak dapat diubah, namun beberapa dapat diusahakan dihindari.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman