fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Gagal jantung adalah salah satu kondisi parah yang dapat terjadi pada manusia. Terutama penyakit ini pastinya berhubungan erat dengan organ jantung. Kalau kamu mengidap penyakit ini memang ada beberapa sebabnya. Sehingga kalau kamu penasaran maka kamu bisa langsung kunjungi dokter terdekat, ya.

Bisa jadi karena jantung tak mampu memompa sehingga bisa menyebabkan sakit gagal ini. Lagi pula dengan jantung yang lemah maka bisa memiliki pengaruh besar terhadap organ lainnya. Bahkan kalau sedang sakit jantung.

Maka aliran darah tidak akan bisa mengalir dengan baik. Padahal jantung adalah bagian yang paling penting dalam tubuh manusia. Kalau jantung saja tidak bisa bekerja dengan baik maka akan berpengaruh ke hal yang lainnya.

Apalagi kondisi ini memang harus diperhatikan karena kalau dibiarkan begitu saja bisa menyebar ke beberapa organ yang lainnya. Untuk itu ada beberapa penjelasan yang bisa dipahami kalau ingin tahu seperti apa sakit jantung itu. Berikut ini:

Informasi

Gagal jantung atau yang sering disebut dengan heart failure kalau dalam bahasa Inggris adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa penyakit kronis. Apalagi kalau sudah tahu terkena penyakit jantung maka manusia harus bisa mengontrol tubuhnya sendiri.

Karena kalau  sendiri bisa menjaga kesehatan maka penyakit jantung ini akan hilang secara perlahan-lahan. Tentunya  harus didampingi dengan dokter yang berpengalaman pada saat pemulihan sakit gagal khusus jantung ini.

Gejala

Agar bisa mencegah penyakit satu ini, maka tentunya  harus tahu sebenarnya ada banyak sekali gejala dari penyakit ini. Bukan hanya sekedar sakit biasa melainkan gejala ini bisa dialami sendiri. Kalau sudah penasaran seperti apa gejalanya, berikut ada beberapa gejalanya yang harus diketahui sehingga lebih mudah dicegah:

  • Sesak nafas
  • Kelelahan
  • Terdapat pembekakan di bagian tungkai serta pergelangan kaki
  • Tidak bisa memiliki konsentrasi yang baik
  • Jantung selalu berdebar dengan cepat
  • Nafsu makan menurun
  • Sering buang air kecil pada malam hari
  • Batuk – batuk secara terus menerus

Penyebab

Dalam hal ini, penyebab dari sakit jantung ini memang bisa dibedakan menjadi beberapa penyebab. Mungkin salah satu penyebabnya pernah dialami oleh salah satu penderita dari penyakit gagal khusus jantung ini.

Pertama, diakibatkan oleh penyakit jantung koroner yang merupakan penyakit yang sering kali menggerogoti tubuh manusia. Kedua, hipertensi yang menyebabkan aliran darah tinggi sehingga jantung tidak kuat untuk memompa darah ke aliran tersebut. Ketiga, terdapat katup jantung rusak, katup jantung ini disebabkan oleh aliran darah yang terhambat di jantung.

Faktor Risiko

Selain adanya penyebab serta gejala yang diderita oleh penderita sakit jantung. Tentunya setiap jantung memang memiliki kemampuan yang berbeda – beda. Ada jantung yang kuat dengan penyakit yang terdapat di dalam tubuh. Dan ada pula yang tidak kuat.

Tetapi sebenarnya ada beberapa faktor risiko yang harus  diketahui. Pertama, biasanya orang yang mengidap gagal jantung ini memiliki usia lanjut yaitu 65 tahun ke atas. Kedua, selain itu biasanya ada beberapa orang yang sudah memiliki riwayat khususnya penyakit jantung.

Diagnosis

Agar  bisa mengetahui seperti apa saja hal yang dialami ketika mengidap penyakit jantung. Maka salah satu jalannya adalah bisa dengan diagnosis dengan menjalankan beberapa tes saja. Contohnya saja seperti tes darah, MRI, CT SCAN, serta beberapa tes yang lainnya.

Biasanya ada beberapa rumah sakit yang menyediakan salah satu tes kesehatannya, sebab itu bisa langsung saja konsultasikan dengan dokter. Kalau sudah menjalani tes kesehatan maka biasanya akan diminta menunggu beberapa waktu. Tunggu sampai hasil tes yang dijalani itu keluar.

Pengobatan

Gagal jantung adalah penyakit yang memerlukan konsultasi dokter jika Anda melakukan pengobatannya. Karena setiap orang mungkin punya gejala yang berbeda-beda. Sehingga bisa disesuaikan langsung dengan pengobatannya.

Tetapi walaupun sedang dalam masa pengobatan, maka diharapkan untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin. Karena dengan menjaga kesehatan seperti mempunyai aturan jam kerja, istirahat yang cukup serta makanan yang sehat.

Pencegahan

Tentunya semua tahu mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Salah satu hal yang bisa dilakukan jika ingin mencegah penyakit jantung ini adalah menjalani kehidupan yang sehat. Dengan menjalani kehidupan yang sehat maka tak mungkin kalau ada penyakit yang mau menggerogoti tubuhnya.

Maka bisa kurangi beberapa makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji salah satunya. Pastinya setiap manusia tidak tahu apakah makanan cepat saji dibuat dengan bahan alami atau tidak. Selain itu kurangi konsumsi makanan tinggi lemak trans dan jenuh, serta lakukan aktivitas fisik selama 30-40 menit setiap harinya.

Menurut dr. Irma Lidia, untuk menjaga jantung tetap sehat, Anda dapat memilih makanan sehat.  Perbanyak makan sayur buah, pilih whole grain untuk asupan karbohidrat, pilih sumber protein yang rendah lemak. Memilih daging yang tidak berlemak/ayam tanpa kulit/ikan, telur, batasi lemak tidak sehat dan ganti dengan lemak tidak jenuh seperti olive oil, alpukat, kacang kenari. Anda juga sebaiknya membatasi asupan garam. Membatasi frozen food, dan makanan kaleng karena umumnya tinggi garam dan batasi kalori berlebih.

Jangan lupa untuk tetap menjaga berat badan normal untuk mencegah terjadinya gagal jantung. Selain itu Anda juga bisa mengikuti beberapa tes kesehatan yang disediakan, ya!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis