5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal

Apr 14, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Memiliki berat badan ideal, tentu adalah impian bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Tak heran, saking terobsesinya mendapatkan tubuh ideal, banyak orang melakukan diet maupun olahraga ekstrem.

Sebenarnya, tubuh yang ideal bukan hanya baik bagi penampilan, namun juga upaya untuk mempertahankan kesehatan tubuh secara menyeluruh serta cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit. 

Coba saja perhatikan seseorang dengan tubuh berlebihan atau obesitas yang rentan mengalami risiko penyakit serius seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes melitus tipe 2, batu empedu, bahkan kanker.

Masalahnya, bagaimana cara mengetahui kondisi berat badan Anda saat ini? Apakah sudah ideal, berlebihan, atau malah kurang ideal? Setiap orang memiliki berat badan ideal yang berbeda-beda. Jadi, jangan sampai Anda membandingkan berat badan sendiri dengan orang lain ya!

Nah, untuk mengetahui berapa berat badan ideal Anda, sesuaikan dengan tinggi badan yang Anda miliki. Jadi, ketahui dulu berapa tinggi badan Anda saat ini. Kemudian, menggunakan rumus Broca Anda bisa menghitung apakah berat badan normal atau tidak.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Rumus berat badan normal (kg)= tinggi badan (cm) – 100

Misalnya saja, Anda memiliki tinggi badan 163 cm, maka berat badan normalnya adalah 60 kg saja. Namun, berat badan normal ini berbeda dengan berat badan ideal lho.

Jika berat badan normal antara laki-laki dan wanita dikatakan sama untuk tinggi badan yang sama, namun untuk mengetahui ideal atau tidak tentu berbeda antara laki-laki dan wanita. Hal ini dikarenakan komposisi tubuh pria dan wanita yang berbeda. Pria memiliki massa otot lebih banyak daripada wanita, sementara wanita memiliki komposisi lemak lebih banyak. Mari kita hitung berat badan ideal menurut Broca.

Berat badan ideal pria (kg)= [tinggi badan(cm)-100] – [(tinggi badan(cm)-100)x10%]

Berat badan ideal wanita (kg)= [tinggi badan(cm)-100] – [(tinggi badan(cm)-100)x15%]

Jadi, jika Anda wanita dengan tinggi badan 163 cm, maka berat badan idealnya adalah 53.55 kg. Nah, bagaimana? JIka hasilnya masih belum ideal, Anda bisa lakukan 5 cara berikut untuk memiliki berat badan yang ideal.

Cara Memiliki Berat Badan Ideal

Squat

Ya, squat adalah salah satu bentuk olahraga untuk membentuk tubuh ideal. Anda hanya perlu melakukan squat di pagi dan sore atau malam hari ketika hendak beranjak tidur. Tidak usah lama-lama, cukup luangkan selama 30 menit di pagi hari dan 30 menit di sore hari. Namun, jika Anda termasuk workaholic, sisihkan 30 menit saja sebelum tidur. Jika dilakukan secara konsisten, dipastikan dalam 7 hari tubuh Anda akan ideal.

Crunches

Selain squat, Anda juga bisa melakukan crunches untuk membuat badan lebih energik. Jika Anda melakukannya secara rutin, akan mendapatkan bonusnya berupa badan yang six packs. Gerakan crunches-nya pun sederhana. 

Dengan posisi tubuh berbaring telentang, kayuhkan kaki seperti mengayuh sepeda. Kemudian, perlu sedikit usaha dengan menyilangkan bagian tangan ke belakang kepala. Saat melakukan gerakan crunches, jangan lupa mengatur pola pernapasan. Sebab, jika salah mengatur napas, bisa-bisa hanya dapat capeknya saja. Lakukan saat pagi dan sore hari ya!

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya
Mengenal Penyakit Meningitis atau Radang Selaput Otak

Jogging

Setiap orang pasti sudah tidak asing dengan olahraga satu ini. Ya, jogging akan lebih seru jika dilakukan bersama-sama di akhir pekan. Namun, untuk mendapatkan hasil tubuh ideal yang optimal, harus konsisten jogging selama satu minggu ya. Jika tidak sedang ingin keluar rumah, cukup muter-muter sekeliling rumah selama 20 kali dengan ritme berbeda, 10 kali putaran pelan dan 10 kali putaran agak kencang.

Plank

Ingat, target kita saat ini adalah mendapatkan tubuh yang ideal selama satu minggu. Maka, olahraga lain yang harus Anda lakukan adalah plank. Memang, banyak orang merasa kesulitan melakukan plank pada gerakan dua menit pertama. Hal ini karena semua beban tubuh bertumpu pada otot perut, tangan, dan kaki. Bagi pemula, bisa lakukan plank selama 2 menit. Namun, bagi yang sudah terbiasa, pastikan bertahan selama 30 menit. Lakukan hal ini diwaktu pagi dan sore hari ya!

Skipping 

Terakhir adalah gerakan skipping. Tentu, Anda sudah tidak asing dengan gerakan ini mengingat masa kecil pasti pernah melakukan skipping. Skipping memicu tubuh menghasilkan keringat dan pembakaran lemak. Semakin sering skipping, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan tubuh yang ideal selama 1 minggu. Lakukan skipping ini di pagi dan sore hari ya!

Jangan hanya fokus pada kelima cara mendapatkan tubuh ideal di atas. Mengetahui batas tubuh untuk berolahraga juga penting. Jika anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mendapat rekomendasi atau saran memiliki berat badan ideal. 

Ingin konsultasi online mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis