fbpx
BerandaHidup SehatTanda-Tanda Umum Orang Memiliki Kolesterol Tinggi

Gaya hidup yang semakin tidak sehat di perkotaan membuat lebih banyak orang mudah mengidap kolesterol tinggi. Tidak hanya gaya hidup di kota, namun kolesterol tinggi juga kini banyak diidap oleh mereka yang tinggal di pedesaan. Kolesterol tinggi lebih umum disebabkan oleh makanan yang tidak sehat serta jarang berolahraga. Makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, akan memicu penumpukan kolesterol jahat LDL.  Apa saja ciri ciri kolesterol tinggi?

tanda-tanda-kolesterol-tinggi

Tanda-Tanda Umum Seseorang Memiliki Kolesterol Tinggi

Kolesterol dalam darah sebenarnya terbagi menjadi HDL, LDL dan trigliserida. Kolesterol baik atau HDL memang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang LDL dan trigliserida. Namun, tatkala gaya hidup tak sehat, maka lebih sering kolesterol LDL ataupun trigliserida yang menumpuk pada aliran darah hingga menyebabkan ciri ciri kolesterol tinggi sebagai berikut.

1. Organ Gerak Mudah Terasa Kesemutan

Kesemutan adalah salah satu tanda-tanda yang mudah dialami oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sayangnya, banyak orang mengabaikan gejala satu ini karena menganggap hal biasa. Gejala kesemutan akan muncul pada area kaki dan juga tangan. Organ gerak akan mengalami ngilu dan juga nyeri.

Akibat kadar kolesterol yang tinggi maka aliran darah di pembuluh arteri akan terganggu. Alhasil, aliran darah yang kaya oksigen menuju kaki dan tangan terganggu. Apabila asupan darah berkurang, maka saat itulah tubuh akan merasakan nyeri. Penderita akan sangat mudah mengalami kesemutan bahkan dalam jangka waktu yang lama. Kesemutan ini muncul tiba-tiba dan menyebabkan tangan serta kaki terasa panas. 

2. Xanthoma

Tatkala kadar kolesterol jahat dalam tubuh berlebih, maka Anda mungkin akan mengalami penimbunan lemak pada lipatan bawah kulit. Timbunan lemak paling sering muncul pada bagian persendian terutama siku dan juga lutut. Xanthoma juga dapat muncul pada bagian pantat. Xanthoma yang muncul berupa benjolan dengan berbagai ukuran. Benjolan ini tidak akan terasa sakit bahkan apabila dipegang.

Kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang tinggi. Benjolan ini terkadang berwarna kuning hingga kecoklatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Rasa Nyeri di Area Dada

Tanda-tanda kolesterol tinggi berupa rasa nyeri di area dada atau sering disebut sebagai angina ini kerap dialami oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan mereka yang memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi mungkin saja mengalami penumpukan kolesterol jahat pada area pembuluh darah arterinya.

Saat pembuluh darah arteri mengalami penumpukan kolesterol, maka aliran darah ke jantung akan terganggu. Alhasil, jantung akan kekurangan oksigen yang dibutuhkan. Hal inilah yang menyebabkan jantung terasa nyeri pada akhirnya atau angina. Memang benar angina akan hilang dengan sendirinya. Namun, apabila gejala ini kerap timbul dan dibiarkan, maka bisa berujung pada sakit jantung serius. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Disfungsi Ereksi

Tanda-tanda lain yang terjadi ketika kadar kolesterol darah tinggi adalah terjadinya disfungsi ereksi. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh berlebih, maka kolesterol tersebut akan menumpuk pada pembuluh darah hingga menciptakan plak. Plak yang muncul pada aliran darah akan menghalangi darah yang mengalir ke berbagai organ tubuh termasuk area kemaluan. Aliran darah yang terhambat pada bagian genital seperti penis akan menyebabkan penis kesulitan untuk ereksi. Pada kondisi yang mengkhawatirkan, kolesterol LDL tinggi akan menyebabkan impoten pada pria.

5. Sakit di Bagian Rahang

Selain menjadi tanda kadar kolesterol yang tinggi, rasa sakit pada area rahang bisa jadi disebabkan oleh masalah pada jantung. Masalah pada jantung juga berkaitan erat dengan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh. Saat kolesterol menumpuk di dalam pembuluh darah arteri, maka Anda mungkin akan merasakan rasa nyeri di bagian rahang.

Gejala sakit pada rahang akan disertai oleh gejala sakit lainnya seperti nafas yang putus-putus, nyeri di bagian dada, stress berlebih, tekanan pada bagian dada dan sebagainya. 

6. Otot Tubuh Sangat Lelah

Otot kaki akan terasa sangat lemah bagi mereka yang merupakan penderita hipertensi dengan kondisi kolesterol darah tinggi. Selain penderita hipertensi dengan kolesterol tinggi, hal ini memang umum dialami oleh penderita kolesterol tinggi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Otot tubuh mudah merasa lelah disebabkan oleh terjadinya sumbatan aliran darah yang terjadi pada pembuluh darah arteri. Pada akhirnya otot kekurangan darah untuk bermetabolisme dan menjadi mudah lelah.

7. Mudah Merasa Lelah

Mudah merasa lelah merupakan salah satu tanda-tanda kolesterol yang tinggi. Gangguan berupa kolesterol tinggi akan menyebabkan beberapa bagian tubuh kekurangan asupan oksigen akibat terganggunya aliran darah di dalam pembuluh darah. Pada akhirnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sel dalam tubuh juga harus bermetabolisme lebih keras lagi karena adanya gangguan terhadap peredaran darah. Hal ini akan menyebabkan tubuh lebih cepat lelah. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kondisi gejala kolesterol di atas seringkali diabaikan oleh masyarakat karena memang hampir serupa dengan penyakit lainnya. Selain itu, beberapa justru disalahartikan karena tubuh yang terlalu letih bekerja. Apa saja dampak bagi tubuh akibat kolesterol tinggi?

Dampak Tubuh Akibat Kolesterol Tinggi

Dampak tubuh akibat kolesterol tinggi adalah meningkatnya risiko terkena penyakit jantung. Ketika tubuh memiliki kolesterol tinggi, Anda dapat menyebabkan lemak berada di aliran darah dan membuat darah sulit untuk melewati arteri. Penggumpalan itulah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke (Baca juga Manfaat Oatmeal dalam Menurunkan Kadar Kolesterol).

Penggumpalan darah dapat ditangani dengan mengkonsumsi obat dengan resep dokter. Anda dapat membeli obat Atorvastatin HJ 20MG (Rp165.000). Atorvastatin HJ 20 mg adalah obat yang mengandung bahan aktif atorvastatin 20 mg. Obat ini digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan membantu mencegah terjadinya aterosklerosis. 

Untuk mencegah masalah yang lebih berat, Anda dianjurkan untuk sering memeriksakan kadar kolesterol.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021
covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman