fbpx

Cara Jitu Hilangkan Kantung Mata Membandel dengan Mudah

Sep 25, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Apakah Anda memiliki kantung mata? Mungkin Anda salah satu orang yang kebingungan mencari cara menghilangkan kantung mata. Sebenarnya, masalah seperti kantong mata ini bisa diatasi dengan berbagai macam perawatan tepat. Kantung mata atau mata panda sering muncul beriringan dengan bertambahnya usia. Saat jaringan serta otot yang menopang bagian kelopak mata melemah biasanya kantung mata akan muncul.

Penyebab Kantung Mata Muncul

Kantung mata bisa terjadi karena pembengkakan yang dikarenakan penumpukan cairan sekitar mata atau yang sering disebut dengan edema periorbital. Kemunculan kantung mata karena penumpukan cairan yang biasanya memiliki sifat sementara. Ada beberapa penyebab kantung mata bisa muncul, seperti:

1. Kurang Tidur

Beberapa waktu belakangan ini, apakah Anda kekurangan jam tidur? Biasanya, kemunculan kantung mata berkaitan erat dengan kurangnya jam tidur. Kurang tidur membuat pembuluh darah yang berada di bawah mata menjadi melebar sehingga kantong mata terbentuk dan berubah lebih gelap. 

2. Alergi

Kantung mata juga bisa muncul dikarenakan alergi. Untuk beberapa kondisi alergi seperti rinitis alergi, biasanya terjadi peradangan yang berada di sekitar hidung, karena reaksi alergi. Gejala yang muncul seperti mata berat, bersih, serta bisa diiringi dengan timbulnya kantung mata.

3. Pola Makan

Mulai dari sekarang, Anda harus memperhatikan asupan gizi serta pola makan dengan baik. Paling tidak minum air kurang lebih 8 gelas dari sehari, sehingga kebutuhan cairan tubuh bisa dipenuhi dengan baik. Jika tubuh kekurangan protein dan cairan, tak hanya bisa mempengaruhi kesehatan, namun juga bisa mempengaruhi area mata Anda. 

4. Penuaan

Dengan bertambahnya usia, struktur jaringan yang berada di sekitar mata menjadi melemah. Selain itu kulit juga mulai mengendur. Cairan nantinya akan berkumpul tepat di bawah mata. Tak hanya itu, lemak yang ada di sekitar mata akan bergerak di bawah mata sehingga mata terlihat bengkak serta muncul kantung mata. 

Langkah Hilangkan Kantung Mata

Sebagai seorang wanita, tentu saja pasti Anda terganggu dengan kemunculan kantung mata. Tidak sedikit dari mereka yang rela untuk menghabiskan banyak uang hanya untuk menghilangkan kantung mata (Baca juga Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Kerap Mengganggu Penampilan). Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata ini secara alami, seperti:

1. Hindari Garam

Mengkonsumsi garam secara berlebihan pada makanan membuat tubuh mempertahankan banyak garam. Oleh sebab itu mulai dari sekarang, hindari mengkonsumsi garam secara berlebihan.

2. Cukupi Jam Tidur

Bagi Anda yang seharian letih bekerja, waktu tidur yang paling optimal ialah 7 hingga 8 jam. Sebisa mungkin, utamakan tidur ketika malam hari. 

3. Minum Air Putih

Konsumsi air putih paling tidak 8 gelas dalam sehari. Hal ini agar bisa mencegah kekurangan cairan serta dehidrasi. Dehidrasi pada tubuh juga menjadi penyebab terbentuknya kantung mata. 

4. Menggunakan Timun

Timun dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Anda cukup mencuci timun menggunakan sabun, setelah itu gunakan pisau yang bersih dan iris timun, tutup mata dengan menggunakan irisan timun sembari berbaring. Biarkan 20 menit, agar semakin fresh, Anda dapat menggunakan timun yang telah didinginkan. 

5. Hindari Mengkonsumsi Minuman Alkohol serta Mengandung Kafein Tinggi

Mengapa mengkonsumsi alkohol harus dihindari? Hal ini disebabkan karena alkohol bisa menjadi penyebab dari dehidrasi ringan serta mengganggu waktu tidur Anda. Jika jam tidur Anda tidak cukup, kantung mata akan terbentuk, bahkan lingkaran hitam juga terlihat begitu jelas. 

6. Pastikan Asupan Cairan Cukup

Sebisa mungkin, pastikan asupan cairan yang Anda miliki cukup. Hal ini juga berguna untuk menghindari dehidrasi serta mencegah terbentuknya kantung mata.

7. Pastikan Asupan Kalium Cukup

Asupan kalium akan membantu mengurangi cairan yang berlebihan pada tubuh. Cairan ini pula yang memicu kemunculan kantung mata. Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti kacang, yoghurt, pisang, sayuran hijau dan yang lainnya. 

8. Krim Mata

Anda dapat menggunakan krim mata yang memiliki kandungan mentimun, chamomile, serta arnica yang sangat berkhasiat untuk membantu mengencangkan kulit serta mengurangi peradangan.

Perawatan untuk Menghilangkan Kantung Mata

Selain berbagai perawatan di atas, ada beberapa perawatan lain di klinik kecantikan yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, seperti:

1. Mengkonsumsi Obat Alergi

Bila kondisi kantong mata ini disebabkan karena alergi, Anda dapat menghilangkannya dengan menghindari penyebab alergi serta mengkonsumsi obat alergi. 

2. Melakukan Perawatan Dermal Filler

Melakukan perawatan dermal filler dapat menjadi sebuah solusi mengatasi kantung mata. 

3. Melakukan Perawatan Laser

Perawatan laser dapat mengurangi pembesaran kantung mata. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan vitamin K. 

4. Menggunakan Krim Pemutih

Menggunakan krim pemutih juga dapat menjadi solusi untuk menghilangkan kantung mata. Biasanya, dokter kulit akan memberikan krim yang memiliki kandungan zat pencerah dan vitamin C.

Mengatasi masalah kantung mata memang tidak bisa secara instan dilakukan. Dibutuhkan tahapan demi tahapan agar kantong mata ini bisa mengempis sedikit demi sedikit. 

Itulah cara itu menghilangkan kantung mata. Semoga bermanfaat.

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan Anda? Nikmati konsultasi dokter online hanya dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis