fbpx

Manfaat Obat Ambroxol dan Cara Penggunaannya

Mei 8, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Pernahkah Anda mendengar obat Ambroxol? Anda mungkin bertanya-tanya apa fungsi obat Ambroxol? Obat ambroxol masuk ke dalam salah satu jenis obat golongan mukolitik yang berfungsi untuk mengencerkan dahak. Obat ini mungkin masih terdengar asing untuk kebanyakan orang karena umumnya dijual dalam bentuk sudah dicampur dengan senyawa obat lainnya. Meski begitu, jika Anda perhatikan kemasan obat batuk berdahak dengan cermat Anda bisa menemukan nama ambroxol pada komposisinya.

Meski umumnya dijual dalam bentuk sudah dipatenkan dengan merek dagang tertentu, obat ini juga tersedia dalam bentuk generik. Umumnya bisa Anda temukan dalam kemasan botol sirup maupun tablet. Bagi Anda yang mungkin sedang menderita batuk berdahak, ada baiknya Anda mengetahui kegunaan dan cara penggunaan obat ambroxol ini.

Fungsi Obat Ambroxol

Secara umum, obat ambroxol ini memang difungsikan sebagai pengencer dahak. Dalam beberapa kondisi, tubuh seringkali menghasilkan dahak berlebih yang menyebabkan pernapasan terganggu dan tenggorokan menjadi gatal. Fungsi obat ini adalah untuk mengencerkan dahak yang mengental pada tenggorokan agar lebih mudah dikeluarkan lewat batuk. 

Dengan mengkonsumsi ambroxol, maka pernapasan pun menjadi lebih lega karena dahak telah encer dan bisa keluar dengan mudah. Obat ini dapat dimanfaatkan untuk mengencerkan dahak pada orang yang mengalami kondisi seperti di bawah ini:

  • Bronkitis asmatik
  • Bronkitis kronis serta akut
  • Bronkiektasis
  • Pneumokoniosis bronchitis
  • Emfisema

Kondisi di atas akan menyebabkan produksi dahak pada tubuh berlebih dan menyumbat pernapasan. Oleh sebab itu mengkonsumsi ambroxol dapat melegakan pernapasan dengan mengencerkan dahak.

Meski obat ini bermanfaat untuk mengencerkan dahak, ada beberapa ketentuan apabila ingin mengkonsumsi obat ini bagi ibu hamil. Oleh sebab itu, dokter akan mengevaluasi apakah lebih banyak memberikan manfaat apabila ibu hamil mengkonsumsi obat ini ataukah lebih tinggi risikonya.

Dosis untuk Mengkonsumsi Obat Ambroxol

Dosis ambroxol yang diberikan pada orang dewasa umumnya sebanyak Ambroxol HCl 30mg sampai 120 mg setiap harinya. Jumlah dosisnya sendiri akan sesuai dengan kondisi pasien yang diobati. Kondisi pasien ini akan dilihat dari keparahan hingga respons tubuh terhadap konsumsi obat. Selain itu, usia pasien dan berat badan juga menjadi pertimbangan terutama untuk pasien anak-anak.

Apabila merasakan reaksi alergi pada tubuh seperti pernapasan dan panca indera lainnya terganggu, sebaiknya segera hentikan konsumsi obat. Apabila alergi terlalu parah segera kunjungi dokter.

Konsumsi obat ambroxol yang tepat adalah setelah makan agar lambung telah terisi makanan. Untuk dosis pemberian yang tepat adalah setiap 4 sampai 6 jam sekali. Akan lebih baik jika jadwal konsumsi obat ambroxol Anda setiap harinya sama agar obat bekerja lebih efektif. 

Apabila Anda lupa untuk mengkonsumsi obat ini di salah satu jadwal, maka segera konsumsi obat ini ketika ingat. Namun, jangan menggandakan dosis apabila telah terlewat dosis sebelumnya.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Obat Ciprofloxacin: Kegunaan dan Cara Penggunaan
Mecobalamin, Suplemen untuk Mengobati Neuropati Perifer
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya
Cara Minum Obat Saat Puasa Ramadhan
Suplemen dan Vitamin Yang Baik Untuk Puasa

Efek Samping yang Mungkin Timbul

Setiap obat terutama obat farmasi yang kita konsumsi tentu memiliki efek samping yang dapat terjadi pada tubuh. Meski begitu, tidak semua orang akan merasakan efek samping yang sama. Beberapa bahkan tidak merasakan efek samping sama sekali. 

Meski begitu, akan lebih baik jika Anda memahami efek samping obat ini untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan yang dapat terjadi. Berikut efek samping obat ambroxol:

  • Reaksi alergi obat. Bentuk reaksi alergi ini sangat beragam antara satu orang dan orang lainnya. umumnya reaksi alergi bisa dalam bentuk tubuh membengkak hingga gatal-gatal.
  • Saluran cerna mengalami gangguan ringan seperti sembelit, diare, mual serta muntah.

Sekarang lebih jelas kan info lengkap seputar obat ambroxol ini? Pastikan ikuti aturan pakainya ya. 

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis