fbpx

Mecobalamin, Suplemen untuk Mengobati Neuropati Perifer

Mei 6, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Mecobalamin merupakan bentuk lain vitamin B12. Suplemen ini juga sering disebut Metilkobalamin. Mecobalamin adalah senyawa vitamin yang dapat larut ke dalam air, secara fisiologis, bentuk suplemen ini mirip dengan vitamin B12. 

Biasanya, suplemen ini digunakan bersama dengan obat lain untuk mengatasi berbagai macam keluhan di dalam tubuh karena kekurangan vitamin B12, selain itu secara umum, vitamin B12 memiliki peran yang sangat penting untuk sistem metabolisme tubuh, pembentukan DNA, pembentukan sel darah merah hingga sel saraf.

Selain itu, mecobalamin juga digunakan untuk mengobati banyak penyakit, seperti defisiensi B12 dan sindrom penyakit Alzheimer.

Berbagai Manfaat yang Dimiliki oleh Mecobalamin

Menurut jurnal National Center for Biotechnology Information, untuk penggunaan mecobalamin atau penggunaan mecobalamin dengan campuran lain memiliki efek analgesik potensial pada pasien dengan nyeri punggung bawah yang tidak spesifik, sakit leher, nyeri neuropatik diabetik, neuralgia herpes subakut, neuralgia glossofaringeal, dan neuralgia trigeminal.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya yang dimiliki suplemen ini, antara lain:

  1. Membantu defisiensi vitamin B12 serta dapat mengatasi penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12;
  2. Memiliki peran penting untuk pembentukan sel darah merah dan dapat mengobati beberapa penyakit seperti anemia megaloblastik, karena kekurangan vitamin B12, juga dapat menjadi penyebab anemia;
  3. Membantu mengatasi nyeri yang disebabkan oleh kerusakan saraf tepi.

Dosis Penggunaan Mecobalamin

Obat ini tersedia bentuk tablet 5 mg  dan 1 mg, serta dalam bentuk suntik. Untuk orang dewasa, dengan tujuan mengobati anemia, bisa mengkonsumsi sebesar 500 mcg per hari, 3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk mengatasi neuropati sebesar 500 mcg per hari yang diberikan 3 kali sehari. Biasanya, suplemen ini diberikan bersama dengan jenis vitamin B12 lain. 

Untuk anak-anak, ibu hamil dan menyusui, lebih baik berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat ini, karena dosis yang kurang tepat akan menyebabkan masalah dikemudian hari. 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Ketika mengkonsumsi mecobalamin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

Efek samping

Suplemen ini adalah jenis senyawa vitamin yang sebetulnya aman dikonsumsi, namun bukan berarti suplemen ini tidak memiliki efek samping sama sekali. Ada beberapa efek samping yang muncul sesudah penggunaan obat ini. Walaupun gejalanya ringan, namun biasanya efek samping yang muncul seperti diare, muntah dan mual.

Sedangkan, suplemen yang diberi dalam bentuk suntik, biasanya akan memberikan efek samping seperti keringat berlebih, ruam merah, sensasi panas terbakar hingga sakit kepala. Bila efek samping yang Anda rasakan ringan, besar kemungkinan akan hilang tidak lama setelah obat dikonsumsi, namun jika efek samping yang Anda rasakan berat seperti tungkai membengkak, hingga sesak napas, segera hubungi dokter. 

Peringatan penggunaan

Selain efek samping, hal lain yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi obat ini adalah peringatan penggunaan. Bagi Anda pasien hipertensi serta memiliki gangguan pernapasan, Anda harus berhati-hati mengkonsumsinya, dan pastikan dosis yang Anda konsumsi dibawah pengawasan dokter.

Selain itu, selalu diskusikan pada dokter terlebih dahulu mengenai riwayat penyakit yang Anda miliki. Apakah aman menggunakan obat tersebut bersamaan dengan obat resep penyakit lain, ataupun obat herbal. Karena terkadang, beberapa obat akan menimbulkan reaksi dan mampu menurunkan kerja obat, hingga menimbulkan efek samping.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya
Suplemen dan Vitamin Yang Baik Untuk Puasa
8 Jenis Obat Diare Alami yang Mujarab
Mengenal Penyebab Asam Urat dan Pengobatannya

Mecobalamin memang menjadi salah satu suplemen andalan saat anemia mendera, namun bukan berarti Anda dapat secara terus menerus menggunakan obat ini. Konsumsi obat secara teratur dan hindari mengurangi dosis tanpa anjuran dokter. 

Jika setelah mengkonsumsi obat ini secara teratur dan dengan dosis yang tepat kondisi Anda tak kunjung membaik, segera hubungi dokter agar Anda mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda. 

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Referensi:
National Center for Biotechnology Information

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis