fbpx

Mengenal Penyebab Asam Urat dan Pengobatannya

Apr 22, 2020 | Hidup Sehat, Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Pernah mendengar penyakit asam urat? Penyakit asam urat atau bisa disebut juga sebagai Gout, merupakan suatu penyakit yang terjadi pada sendi. Penyebab asam urat adalah akibat kadar asam pada urat dalam darah terlalu tinggi. Dalam kondisi normal, asam pada urat akan larut dalam darah dan keluar melalui urine.

Namun dalam kondisi tertentu, tubuh akan menghasilkan asam yang berlebih pada urat sehingga mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam tersebut dan membuatnya menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam tersebut akan membentuk suatu kristal pada sendi yang mana dapat memicu pembengkakan dan nyeri di berbagai sendi tubuh. Walaupun pada umumnya kristal tersebut terbentuk pada sendi, namun tidak bisa dipungkiri kristal tersebut juga dapat terbentuk pada saluran kemih dan ginjal. Sehingga hal ini bisa menyebabkan batu pada saluran kemih dan mengganggu fungsi ginjal.

Faktor Penyebab Asam Urat

Bagi kamu yang menderita penyakit Gout ini, menemukan bahwa kadar asam yang terdapat dalam tubuh sudah melebihi batas normal. Sehingga tubuh akan sulit untuk membuang kelebihan asam tersebut. Hal ini disebabkan oleh sebuah zat purin yang dihasilkan oleh tubuh dan juga terdapat pada beberapa jenis makanan. Sebab, untuk mengurai zat purin tubuh akan secara alami menghasilkan Gout, yang mana nantinya akan dibuang melalui urine dan juga feses.

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan kadar Gout dalam darah meningkat, antara lain:

  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Seperti jeroan hewan, daging merah, dan beberapa makanan laut (misalnya ikan tuna, ikan sarden, ikan teri, dan juga kerang).
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga minuman yang mengandung gula tinggi.
  • Memiliki keluarga yang memiliki riwayat dengan penyakit asam urat.
  • Memiliki kondisi medis seperti diabetes, leukemia, anemia, kolesterol tinggi, penyakit jantung, penyakit ginjal, hipertensi, obesitas, sleep apnea, penyakit tiroid, dan juga sindrom metabolik.
  • Menggunakan obat-obatan seperti obat aspirin, obat diuretic, obat cyclosporin, dan beberapa obat kemoterapi lainnya.
  • kamu baru saja menjalani operasi atau mengalami cedera.

Biasanya penyakit asam pada urat ini sering dialami oleh pria yang memiliki usia 30-50 tahun. Namun cukup kemungkinan, wanita juga dapat mengalami penyakit ini. Terutama bagi kamu para wanita setelah melalui masa menopause.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Untuk pengobatan dalam menangani masalah penyakit asam pada urat ini, biasanya dilakukan dengan memberikan obat-obatan. Obat-obatan yang biasa diberikan adalah obat untuk meringankan gejala nyeri dan mencegah penyakit agar tidak kambuh kembali. Jenis obat yang biasanya diresepkan oleh dokter adalah OAINS (obat anti inflamasi non steroid), colchicine, dan obat kortikosteroid (bagi kamu yang tidak bisa mengkonsumsi dua obat lainnya).

Bagi kamu yang sering mengalami nyeri yang cukup hebat atau serangan Gout beberapa kali dalam setahun, dokter akan memberikan resep obat lain untuk mencegah komplikasi. Jenis obat yang diberikan adalah allopurinol yang mana dapat bekerja untuk menghambat produksi asam pada urat di tubuh. Selain itu juga terdapat jenis obat untuk meningkatkan pembuangan asam berlebih dari tubuh, obat itu adalah probenecid.

Sehingga untuk mencegah terjadinya kembali serangan Gout, kamu akan disarankan untuk memenuhi asupan protein dengan mengkonsumsi susu rendah lemak dan rutin berolahraga agar bisa mencapai serta menjaga berat badan tetap ideal.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Perawatan dan Pencegahan Cacar Air Dewasa
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan
Ragam Gejala Tipes Mulai yang Ringan sampai Berat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1K

Walaupun penyakit asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam pada urat dalam darah (hiperurisemia), namun tidak semua penderita hiperurisemia akan terserang penyakit tersebut. Secara faktanya, hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami penyakit ini.

Itulah beberapa fakta tentang penyakit asam urat. Semoga bermanfaat! Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Diedit oleh: Aileen Velishya

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis