Perawatan dan Pencegahan Cacar Air Dewasa

Apr 22, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa cacar air hanya terjadi saat masih kecil. Tapi perlu diketahui bahwa di usia dewasa sekalipun Anda juga bisa mengalami cacar air dewasa yang bisa menimpa di berbagai usia. Hal ini dikarenakan cacar disebabkan oleh virus varicella-zoster, sehingga orang dewasa juga bisa terserang penyakit ini. Cacar air dewasa lebih besar kemungkinan terjadi pada wanita hamil dan juga orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Gejala dan Komplikasi dari Cacar Air Dewasa

Sama seperti cacar pada anak kecil, cacar dewasa akan menimbulkan gejala berupa bintik-bintik melepuh dan gatal yang tersebar di seluruh tubuh. Bintik-bintik tersebut akan berkembang selama beberapa hari, dan cacar dewasa ini juga bisa membuat Anda merasa lelah dan kehilangan nafsu makan.

Sebelum timbulnya bintik-bintik air, biasanya penderita cacar dewasa akan mengalami demam dengan suhu yang tinggi disertai dengan sakit kepala dan juga tubuh terasa pegal.

Cacar dewasa terjadi hanya selama 5 hingga 10 hari. Namun dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah. Beberapa komplikasi yang dapat timbul dari cacar dewasa ini antara lain:

  • Infeksi kulit,
  • Peradangan sendi
  • Pneumonia
  • Peradangan otak (Ensefalitis)

Dalam jangka panjang, cacar dewasa dapat menyebabkan munculnya herpes zoster.

Cara Penularan Cacar Air Dewasa

Cacar dewasa sangat bisa menular, yang mana virus dari cacar ini dapat menyebar melalui udara dan menetap pada pakaian atau selimut, sehingga bisa masuk ke tubuh orang lain. Melakukan kontak fisik dengan penderita cacar, baik secara langsung maupun tidak juga dapat membuat risiko tinggi untuk tertular cacar dewasa tersebut.

Jika sudah tertular virus ini, Anda membutuhkan waktu 7-21 hari hingga gejala cacar dewasa timbul. Penularan cacar ini dapat disebarkannya sebelum bintik-bintik timbul, bahkan setelah mengering pun juga masih bisa menularkan virus.

Cara Pencegahan Cacar Air Dewasa

Langkah yang cukup efektif untuk melakukan pencegahan guna menghindari terkena cacar dewasa adalah dengan melakukan vaksinasi cacar (Varicella) yang dianjurkan bagi anak kecil atau orang dewasa yang belum melakukan vaksinasi tersebut. Biasanya pemberian vaksinasi cacar pertama kali dilakukan pada usia 12-15 bulan, dan dilakukan vaksinasi lanjutan ketika anak berusia 2-4 tahun. Untuk anak dengan usia lebih besar dan untuk orang dewasa, perlu mendapatkan dua kali vaksinasi dengan rentan waktu sekitar 28 hari.

Bagi Anda yang sudah mengalami cacar air, tidak perlu melakukan vaksinasi karena imun tubuh sudah secara otomatis melindunginya dari virus ini selama hidup. Begitu juga dengan anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang sudah pernah menderita cacar, karena imunitas dari tubuh ibunya diturunkan kepada si anak melalui plasenta dan ASI untuk beberapa bulan setelah kelahiran.

Pastikan Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan vaksinasi, untuk mengetahui beberapa kondisi yang tidak diperkenankan. Misalnya seperti sedang sakit, memiliki alergi terhadap beberapa bahan dalam vaksin tersebut, sistem kekebalan tubuh lemah, mengkonsumsi obat kortikosteroid jangka panjang, atau menderita HIV/AIDS.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Ketahui Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan Anemia Lebih Dini
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan
Ragam Gejala Tipes Mulai yang Ringan sampai Berat
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1K

Jika Anda menderita cacar dewasa dan mengalami gangguan yang lebih parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab perawatan cacar dewasa berfokus pada melakukan pengobatan gejalanya, yaitu dengan menggunakan lotion calamine yang dapat meredakan gatal, serta menggunakan pereda nyeri untuk mengatasi demam.

Dalam kondisi tertentu, dokter akan memberikan resep obat antivirus seperti valacyclovir atau acyclovir. Obat tersebut guna melawan virus dan mencegah komplikasi.

Itulah beberapa cara perawatan dan pencegahan cacar air dewasa. Semoga bermanfaat! Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis