fbpx

Suplemen dan Vitamin Yang Baik Untuk Puasa

Apr 29, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Tubuh yang sehat sangat diperlukan terutama saat berpuasa. Tentunya dengan tubuh sehat, ibadah puasa yang kita jalankan akan terasa lebih mudah ketimbang saat sakit. Asupan pola hidup sehat dan asupan nutrisi yang cukup dapat mendukung kesehatanmu saat berpuasa. Namun, sudahkah Anda tahu apa saja vitamin yang baik untuk puasa?

Yuk simak beberapa informasi mengenai vitamin dan suplemen untuk puasa berikut ini.

Suplemen dan Vitamin Untuk Puasa

Vitamin C

Konsumsi vitamin C saat berpuasa dapat membantu Anda tetap sehat selama berpuasa, kenapa?

Berdasarkan jurnal The College of Canadian Family Physician, vitamin C memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dengan memberikan antioksidan yang dikandungnya. Konsumsi vitamin C yang bagi bagi pria adalah 90 mg untuk dan 75 mg untuk wanita. Batas maksimal konsumsi vitamin C adalah 2000mg yang dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan dan diare.

Vitamin D

Selain baik untuk kesehatan tulang, vitamin D juga dapat merangsang proliferasi sel kekebalan tubuh dan produksi sitokin yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi. Jurnal Institut Penelitian Medis Feinstein menyebutkan bahwa vitamin D juga berfungsi dalam modulasi respon imun bawaan dan adaptif. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit autoimun, sehingga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

Vitamin A

Nutrisi lainnya yang baik dikonsumsi saat berpuasa adalah vitamin A. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga penglihatan, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan terutama pada anak-anak. Menurut Journal of Clinical Medicine, vitamin A juga dikenal sebagai vitamin anti-inflamasi karena perannya yang penting dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, respons imun seluler, dan proses imun humoral. Oleh karena itu, konsumsi vitamin A dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ketika berpuasa.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Rekomendasi Makanan Sehat Saat Ramadhan
Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Mengenal Infeksi Flu Singapura, Penyebab, dan Gejalanya
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes

Zinc

Zinc dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi saat berpuasa. Salah satu jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Wayne Amerika Serikat juga menyebutkan bahwa orang yang kekurangan zinc dapat mengalami disfungsi kekebalan tubuh yang parah. Oleh karena itu konsumsi zinc sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Konsumsi suplementasi zinc dapat menurunkan stres oksidatif dalam tubuh yang dapat menyebabkan aterosklerosis, kanker, dan penyakit jantung.

Itulah beberapa vitamin dan suplemen yang dapat Anda konsumsi untuk mendukung kesehatan selama berpuasa.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack di Google Play Store dan App Store, serta dapatkan kemudahan menebus resep obat tanpa antri.

Sumber:

  • Centers for Disease Control and Prevention
  • World Health Organization
  • Journal of Wayne State University School of Medicine, United States
  • Journal of The College of Canadian Family Physician of Canada
  • Journal of Feinstein Institute for Medical Research, New York

Penulis: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis