fbpx

Apa itu Diabetes dan Gejalanya

Apr 29, 2020 | Diabetes | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Diabetes merupakan penyakit kronis yang jumlah penderitanya cukup banyak di Indonesia. Tidak hanya orangtua, anak muda juga bisa menderita diabetes karena pola hidup yang tidak sehat. Mari pelajari apa yang harus anda ketahui tentang apa itu diabetes.

Apa itu Diabetes?

Penyakit ini adalah penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa darah (gula darah) yang dapat mengakibatkan komplikasi pada organ lain seperti jantung, ginjal, mata, saraf, dan pembuluh darah.

Tipe Diabetes

Diabetes digolongkan menjadi dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe 1 penyebab pastinya tidak diketahui. Menurut World Health Organization, para pakar menyepakati bahwa penyebab diabetes 1 disebabkan dari hasil interaksi yang kompleks antara gen dan faktor lingkungan. Sebagian besar diabetes 1 diderita oleh anak-anak dan remaja. Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan oleh keturunan dan metabolisme.

Faktor Risiko Diabetes

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes, salah satunya adalah:

Riwayat keluarga terkena penyakit diabetes

Menurut jurnal Diabetic Medicine, orang dengan riwayat saudara kandung yang terkena penyakit diabetes memiliki risiko 1,53 kali lebih besar untuk terkena diabetes.

Diabetes Gestasional (Diabetes Pada Kehamilan)

Diabetes gestasional atau diabetes pada kehamilan disebabkan oleh kelebihan berat badan, pertambahan berat badan yang berlebihan pada masa kehamilan, usia (semakin tua usia, semakin tinggi risiko terkena diabetes pada kehamilan) dan riwayat keluarga terkena diabetes. Selain itu diabetes pada kehamilan juga dapat meningkatkan risiko untuk terkena diabetes di masa mendatang.

Kurang olahraga dan Obesitas

Kelebihan berat badan dan obesitas yang dibarengi dengan kurangnya olahraga merupakan penyebab sebagian besar diabetes di dunia. 

Diet tidak sehat

Beberapa praktik diet tidak sehat yang dikaitkan dengan berat badan tidak sehat dikarenakan tingginya asupan lemak jenuh dan konsumsi serat yang sedikit.

Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, terutama pada perokok berat. Pada perokok berat, peningkatan risiko terkena diabetes akan tetap terjadi sampai 10 tahun setelah berhenti merokok.

Komplikasi Yang Disebabkan Diabetes

Jika diabetes tidak diobati dengan baik dapat berakibat pada kerusakan jantung, pembuluh darah, mata, ginjal dan saraf, serta meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Kerusakan tersebut dapat mengakibatkan pada berkurangnya aliran darah yang juga diikuti dengan kerusakan saraf (neuropati) di kaki yang meningkatkan kemungkinan radang kaki dan dapat berakibat pada amputasi. 

Komplikasi lain akibat diabetes adalah retinopati. Retinopati merupakan penyebab kebutaan akibat komplikasi diabetes. Hal ini disebabkan kerusakan jangka panjang pada pembuluh darah kecil di retina. Selain itu diabetes juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mencegah Diabetes?

Beberapa hal dapat anda lakukan untuk mencegah diabetes, yaitu dengan :

  • Menjaga berat badan normal
  • Melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang 30 menit sehari
  • Makan makanan yang sehat
  • Hindari asupan gula dan lemak jenuh berlebih
  • Hindari merokok yang dapat meningkatkan diabetes dan penyakit jantung

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes
Kenali Bahaya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2!
10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah
Rekomendasi Makanan Sehat Saat Ramadhan
Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar

Diagnosis Dini Diabetes

Diagnosis dini diabetes dapat dilakukan dengan melakukan tes kadar gula darah. Kadar gula darah dikatakan normal apabila pengambilan gula darah sewaktu ≤ 200 mg/dL. Jika kadar gula darah sewaktu lebih dari > 200 mg/dL disertai dengan gejala khas diabetes seperti banyak makan, sering buang air kecil, sering haus, dan mengalami penurunan berat badan secara tidak normal, sebaiknya segera memeriksakan diri Anda ke dokter.

Itulah beberapa informasi mengenai diabetes mulai dari tipe hingga diagnosis dini diabetes. Jika anda merasakan gejala diabetes segeralah periksakan diri ke dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan mu? Unduh aplikasi Lifepack di Google Play Store dan App Store dan nikmati menebus resep obat tanpa antri.

Sumber

World Health Organization
Kemenkes Republik Indonesia
US National Library of Medicine National Institutes of Health, Prevalence and risk of diabetes based on family history in the Shanghai High Risk Diabetic Screen (SHiDS) study, 2016

Ditulis oleh: Nada Karisma 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis