fbpx

Cara Mengobati Penyakit Campak yang Tepat

Apr 29, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Penyakit campak atau rubella merupakan infeksi yang menular karena adanya serangan virus. campak menjadi salah satu jenis penyakit endemik yang bisa menimbulkan kematian paling banyak setiap tahunnya, terutama ketika imunisasi campak belum digalakkan. Sehingga, sangat penting untuk mencegah dan mengetahui cara mengobati penyakit campak dengan benar. Salah satu penyebab dari penyakit campak yaitu virus pada keluarga Paramyxovirus yang pada umumnya akan ditularkan dengan cara kontak langsung dengan penderitanya maupun melalui udara.

Virus akan menginfeksi pada bagian saluran pernafasan kemudian akan menyebar hingga ke seluruh tubuh. Gejala penyakit campak yang paling mudah dikenali yaitu adanya ruam kulit yang berwarna kemerahan pada hari ke-7 hingga 14. Jika penyakit campak menyerang anak-anak maka dapat menimbulkan komplikasi yang mematikan apabila tidak ditangani dengan baik. Sebab itu jangan mengabaikan campak, terutama ketika menyerang pada anak.

Ada beberapa cara mengobati penyakit campak supaya tidak menimbulkan dampak yang buruk. Jika Anda belum mengetahui cara penanganan penyakit campak silahkan simak penjelasan berikut ini.

Meningkatkan jam istirahat

Salah satu cara yang dapat membantu mengobati campak yaitu meningkatkan jam istirahat. Terlebih lagi jika penyakit campak menyerang pada anak maka para orangtua dihimbau supaya membatasi aktivitas fisik anak, terutama ketika bermain di luar rumah. Tubuh yang mendapatkan istirahat secara cukup maka sistem kekebalan tubuh juga akan semakin kuat dalam melawan infeksi virus yang telah berkembang biak pada tubuhnya.

Membatasi kontak langsung dengan lingkungan sekitar

Penderita campak memang harus diasingkan dari lingkungan sekitar terlebih dahulu untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan penyakit campak masuk sebagai kategori penyakit menular. Sehingga agar penyakit campak tidak menular ke orang lain sebaiknya penderita campak beristirahat di dalam rumah. Untuk anak yang mengalami campak sebaiknya meminta izin untuk tidak berangkat ke sekolah supaya campak tidak menular ke teman-temannya di sekolah.

Perhatikan asupan makan

Asupan makanan yang dikonsumsi penderita campak dapat menyumbang besar dalam mengatasi campak pada anak, bayi maupun orang dewasa. Makanan yang sangat dianjurkan yaitu makanan yang mengandung gizi seimbang baik itu sayuran maupun buah yang memiliki banyak kandungan vitamin

Meskipun penderita campak tidak memiliki nafsu makan namun sebaiknya hal ini harus dilawan supaya tidak menimbulkan iritasi pada bagian kerongkongan tubuh. Solusi yang bisa dilakukan supaya penderita tetap mau makan yaitu dengan memberikan makanan pada bentuk bubur. Sebaiknya penderita campak menghindari makanan atau minuman yang dingin dan gorengan

Penderita campak diperbolehkan mandi

Kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa penderita campak tidak boleh mandi. Akan tetapi jika anak sudah tidak mengalami demam, penderita campak diperbolehkan untuk mandi. Dengan melakukan mandi maka dapat mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh ruam. Selain itu hal ini juga akan memberikan kenyamanan bagi penderita campak. Akan tetapi ketika mandi sebaiknya penderita memilih jenis sabun yang tidak menimbulkan iritasi pada bagian kulit. Setelah itu keringkan tubuh menggunakan kain lembut dan jangan menggosok bagian kulit, kemudian gunakan bedak khusus gatal hingga ke seluruh tubuh.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Rekomendasi Makanan Sehat Saat Ramadhan
Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Mengenal Infeksi Flu Singapura, Penyebab, dan Gejalanya
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes

Perbanyak konsumsi air putih

Pada saat campak muncul pertama kali maka akan menimbulkan demam yang cukup tinggi. Kondisi tubuh yang terlalu demam dapat menguras cairan maupun elektrolit dalam tubuh. Sebab itu untuk mengatasi hal ini penderita tampak diharapkan untuk memperbanyak konsumsi air putih.

Walaupun penyakit campak banyak dianggap sebagai penyakit yang sepele, namun penyakit ini menimbulkan bahaya dan ketidaknyamanan. Sebab itu lakukan pengobatan sesegera mungkin supaya campak tidak menyebar hingga ke seluruh tubuh. Pengobatan yang dilakukan bisa untuk mengobati gejala yang ada.

Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat.Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis