fbpx

10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah

Apr 29, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Jika Anda memiliki berat badan berlebih tentu akan lebih baik jika Anda menjalani program penurunan berat badan. Penurunan berat badan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih tidak hanya berguna untuk mempercantik penampilan namun juga agar menunjang kesehatan. Bagaimana cara menurunkan berat badan?

Seseorang dapat dikatakan memiliki berat badan berlebih/overweight bila Indeks Massa Tubuh (IMT) seseorang melebihi >22,9 kg/m2. IMT dapat dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dibagi kuadrat tinggi badan Anda dalam meter.

KlasifikasiIMT
Berat badan kurang (Underweight)< 18,5
Berat badan normal18,5 – 22,9
Kelebihan berat badan (Overweight) dengan risiko23 – 24,9
Obesitas25 – 29,9
Obesitas II≥ 30

Sumber: P2PTM Kementerian Kesehatan RI

Sayangnya, beberapa orang mengaku kesulitan untuk menurunkan berat badannya. Berikut adalah cara mudah yang bisa Anda tempuh untuk membantu menurunkan berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga. Olahraga secara rutin dapat membakar lebih banyak kalori yang Anda konsumsi setiap harinya. Sehingga tubuh pun akan kembali sehat dan bugar.

1. Berjalan Kaki Setelah Makan

Olahraga jalan kaki adalah olahraga murah dan mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Setelah makan, Anda disarankan untuk berjalan kaki secara perlahan selama sekurang-kurangnya 10 menit saja. hal ini sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan. Selain itu, membantu metabolisme tubuh dalam pembakaran lemak. Para ahli juga mengatakan bahwa bergerak setelah makan akan dapat membersihkan gula darah dari pembuluh darah. 

2. Olahraga Lari

Lari secara rutin sekitar 30 menit setiap hari dapat membakar lebih banyak kalori. Lari termasuk dalam olahraga kardio yang dapat menurunkan stress dan hormon penyebab rasa lapar. Jogging ringan setiap pagi bahkan dapat terus membakar kalori meski Anda berlari 2 jam yang lalu.

3. Squat jump dan Push up

Anda bisa melakukan olahraga seperti squat jump dan push up di rumah setiap pagi. Cukup lakukan selama 15 menit saja setiap harinya. Olahraga ini mampu membantu membakar lebih banyak lemak di perut, lengan dan juga kaki.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mengatur Pola Hidup

Pola hidup sehat seperti makan yang sehat dan tidak berlebihan harus dilakukan dalam rangka program penurunan berat badan.

1. Banyak Konsumsi Air Putih

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air putih sebanyak 1 sampai 2 gelas setiap memulai hari mampu mengaktifkan sistem metabolisme dalam tubuh termasuk menyingkirkan racun. Anda disarankan untuk sebaiknya mengkonsumsi air hangat. Konsumsi air juga sebaiknya dilakukan setiap sebelum makan. Setidaknya 1 gelas setengah jam sebelum makan. Hal ini penting untuk mencegah keinginan makan berlebihan.

2. Makan Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat tidak hanya baik untuk pencernaan seseorang namun juga membantu mempertahankan rasa kenyang. Pencernaan akan membutuhkan waktu lebih lama dalam memproses serat sehingga tubuh akan lebih lama mempertahankan rasa kenyang. Makanan serat bisa diperoleh dari buah dan sayur.

3. Mengurangi Konsumsi Garam

Garam-garam baik garam yang Anda tambahkan pada makanan maupun garam dari snack kemasan harus dikurangi. Garam yang dikonsumsi pada makanan memiliki sifat mengikat air pada tubuh sehingga menyebabkan tubuh berukuran lebih besar. Garam juga memancing seseorang untuk makan lebih banyak lagi.

4. Mengunyah Makanan Pelan-Pelan

Saat seseorang mengunyah makan pelan-pelan, maka otak akan memiliki waktu lebih lama untuk memproses bahwa Anda sedang makan. Saat Anda makan dengan mengunyahnya dalam waktu lama, maka rasa kenyang pun akan lebih dapat dirasakan dalam tubuh. Hal ini karena otak memang membutuhkan waktu untuk memproses kegiatan kita.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Protein bisa Anda jadikan sebagai makanan pengganti karbohidrat. Protein dapat bekerja untuk memberikan rasa kenyang pada tubuh. Hal ini akan merangsang tubuh Anda untuk mengurangi karbohidrat. Makanan tinggi protein yang disarankan bisa berasal dari ikan, telur maupun dada ayam yang sedikit kandungan lemaknya.

6. Jaga Pola Tidur

Kebiasaan kurang tidur justru dapat menyebabkan seseorang semakin gemuk. Hal ini dikarenakan hormon leptin yang merupakan hormon perangsang rasa lapar akan terganggu tatkala seseorang kekurangan tidur. selain itu, hormon penyebab stres seperti kortisol akan meningkat saat seseorang kekurangan tidur. 

 7. Makan dengan Piring Kecil

Gunakan wadah yang kecil saat sedang makan. Ukuran piring yang kecil akan dapat membantu men-setting otak Anda agar mudah kenyang meski makan menggunakan wadah berukuran kecil. Otak Anda akan melihat makanan yang disajikan dalam wadah kecil sudah cukup untuk Anda. Dengan begitu, Anda pun akan tetap merasa kenyang meski makan dengan porsi yang lebih sedikit ketimbang kebiasaan selama ini.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Rekomendasi Makanan Sehat Saat Ramadhan
Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Mengenal Infeksi Flu Singapura, Penyebab, dan Gejalanya
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes

Konsultasi Online dengan Dokter dari Lifepack

Melakukan cara-cara menurunkan berat badan tentu tidak bisa sembarangan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu seperti maag. Tips ini harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan gaya hidup seseorang. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Diedit oleh: Aileen Velishya

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis