fbpx

8 Jenis Obat Diare Alami yang Mujarab, Apa Saja?

Apr 24, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Mengalami diare menjadi suatu hal yang sangat menyebalkan, selain menimbulkan rasa sakit pada bagian perut, ternyata diare juga dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan bagi penderitanya karena harus bolak-balik ke kamar mandi. Ketika Anda sedang tidak berada di dalam rumah tentu hal ini menjadi suatu hal yang sangat menyebalkan. Apakah ada obat diare alami?

Selain menambah jam istirahat dalam memulihkan tubuh, Anda bisa mengkonsumsi salah satu dari 8 jenis obat diare alami berikut ini yang sudah dipercaya mujarab dalam mengobati diare secara alami, yaitu:

1. Tingkatkan porsi cairan

Untuk menghindari dehidrasi, penderita sangat dianjurkan untuk memperbanyak air putih maupun jus buah segar setiap 1 hingga 2 jam. Sebaiknya jus buah yang Anda buat tidak mengandung pemanis, baik itu susu, madu maupun gula. Selama penderita belum sembuh, dilarang mengkonsumsi kafein maupun alkohol.

2. Membuat obat oralit

Oralit dapat dibuat sendiri dengan melarutkan gula pasir sebanyak 6 sendok teh dengan setengah sendok teh garam dengan 1 liter air. Setelah itu penderita dapat mengkonsumsi 4 sampai 6 jam sekali. Kandungan garam bisa menahan simpanan cairan pada tubuh, sedangkan untuk gula dapat membantu tubuh supaya dapat menyerap garam. Kombinasi gula dan garam bisa menghindarkan dehidrasi  bagi penderita yang mengalami diare.

3. Buah pisang

Buah pisang mengandung banyak kalium yang dapat menggantikan elektrolit dari tubuh yang hilang karena diare yang terlalu parah. Pisang memiliki kandungan pektin dan serat yang bisa membantu untuk menyerap cairan dalam usus. Dengan demikian tinja yang keluar menjadi lebih padat dan tidak berair.

4. Konsumsi yoghurt

Mengkonsumsi yogurt setiap harinya dapat menghindarkan penyakit diare. Kandungan dalam yoghurt hasil dari fermentasi yang banyak mengandung probiotik dengan demikian maka minuman yoghurt bisa memulihkan jumlah bakteri baik dalam meredakan diare. Pilihlah yoghurt atau kefir yang memiliki kandungan rendah gula. Karena kandungan gula dapat memperburuk gejala diare.

5. Konsumsi kentang

Kentang memiliki kandungan berupa kalium yang dapat menghentikan gejala diare. Pada saat Anda akan mengolahnya, sebaiknya Anda mengupas kulit kentang hingga bersih kemudian merebus atau mengukus kentang. Anda bisa menambahkan garam sedikit namun Anda tidak dianjurkan untuk menambahkan mentega, saus pedas, bumbu asam, margarin maupun bumbu lain yang dapat memperparah diare.

6. Konsumsi wortel

Wortel memiliki kandungan pektin yang dapat membantu untuk menyerap cairan khusus yang berlebih sehingga menjadikan tinja yang keluar menjadi lebih padat. Sayur wortel dapat Anda masak dengan membuat menjadi bubur. Selain wortel, kacang hijau maupun buah bit juga dapat dijadikan sebagai pilihannya.

7. Gandum

Cara mengatasi diare alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung gandum misalnya seperti pasta gandum maupun roti putih. Kedua makanan tersebut mengandung serat yang sedikit sehingga akan lebih mudah dicerna pada bagian sistem pencernaan yang bermasalah.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kenali Gejala Dan Bahaya Stroke Yang Dapat Mengancam Nyawa
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
Awas, Bahaya Hipertensi Juga Bisa Mengancam Millennials!
Awas Bahaya Kanker Paru Menghantui Semua Umur Termasuk Milenial
Diare Masih Menjadi Penyebab Kematian, Bagaimana Cegah Diare?

8. Teh jahe

Jahe adalah rempah yang bersifat anti nyeri, anti radang dan anti bakteri yang sangat baik dijadikan sebagai obat diare secara alami. Kandungan antioksidan pada jahe bisa memberikan dampak yang positif untuk pencernaan perut. Mengkonsumsi teh jahe setiap hari selama diare dapat menenangkan perut yang terasa melilit.

Pada dasarnya diare dapat terjadi akibat adanya bakteri atau virus yang ada dalam sistem pencernaan. Untuk mengatasi penyakit diare bisa dilakukan melalui beberapa cara sederhana seperti yang ada di atas tanpa memberikan efek samping sama sekali.


Jika diare masih tidak kunjung berhenti dan anda mengalami diare dalam frekuensi lebih dari 3x sehari, maka sebaiknya anda berobat ke dokter. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis