fbpx

Awas Bahaya Kanker Paru Menghantui Semua Umur

Apr 22, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Jika berbicara mengenai penyakit tidak menular, yang mungkin akan muncul dalam benak kita adalah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan mungkin salah satunya adalah kanker. Kanker merupakan 30% dari penyebab kematian dini penyakit tidak menular di dunia pada orang dewasa (30-69 tahun). Tapi tahukah anda dari semua jenis kanker yang terdiagnosis, kanker paru merupakan kasus yang paling sering ditemukan? Mungkinkah milenial terbebas dari ancaman bahaya kanker paru?

Yuk simak informasi berikut yang telah tim Lifepack rangkum untuk anda.

Apa Itu Kanker Paru?

Kanker adalah penyakit di mana sel-sel dalam tubuh yang tumbuh tanpa terkendali. Ketika sel kanker muncul pada paru-paru, maka disebut juga dengan kanker paru-paru. Kanker paru dapat menyebar ke bagian tubuh lain seperti kelenjar getah bening atau otak, begitupun sebaliknya kanker dari organ lain juga dapat menyebar ke paru-paru. Hal ini disebut dengan metastasis.

Apa Bahaya Kanker Paru?

Sebagian orang berpikir bahwa kanker paru sama dengan kanker lainnya. Tapi tahukah anda, kanker paru merupakan penyebab kematian utama pada penyakit kanker? Dilansir dari WHO, pada tahun 2018 kanker paru merupakan penyebab kematian nomor satu, yaitu sebesar 18,4% dari 9,6 juta kematian akibat kanker.

Pada kanker paru, setiap orang bisa saja memiliki gejala yang berbeda. Terdapat sebagian orang hanya mengalami gejala umum seperti merasa tidak enak badan. Sebagian orang lainnya dapat memiliki gejala yang berkaitan dengan paru-paru, tetapi pada orang dengan kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis) dapat mengalami gejala yang spesifik pada bagian tubuh tersebut. 

Menurut CDC, gejala pada kanker paru dapat berupa batuk yang tidak kunjung sembuh, sakit dada, sesak napas, batuk darah, terdapat bunyi saat bernapas, merasa lelah sepanjang waktu, dan terjadi penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Namun orang dengan kanker paru lebih sering tidak memiliki gejala sampai kanker tersebut sampai pada tahap lanjut. Hal tersebut tentu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan terlambatnya diagnosis. Jurnal National Center for Biotechnology Information juga menyampaikan kanker paru pada tahap lanjut memiliki prediksi medis yang buruk, yaitu dengan keberlangsungan hidup lima tahun hanya sebesar 5%.

Kanker Paru Mengancam Millennial

Faktor penyebab kanker paru digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu faktor genetik, lingkungan, dan perilaku. 

Pada faktor genetik, beberapa penelitian menyebutkan bahwa risiko kanker paru meningkat 2-4 kali lipat pada kerabat tingkat pertama pasien kanker paru. 

Kemudian pada faktor lingkungan yang dapat menyebabkan kanker paru adalah dengan terhirupnya radon (gas radioaktif) dan asbestos (mineral yang terdapat pada bahan baku asbes), polusi dan kualitas udara, serta infeksi yang mungkin terjadi seperti tuberkulosis dapat meningkatkan risiko terserang kanker paru. 

Sedangkan pada faktor perilaku yang meningkatkan risiko untuk terserang kanker paru adalah merokok. Menurut WHO, 90% kanker paru dapat dihindari dengan tidak merokok. Pembakaran tembakau menghasilkan paling tidak 60 jenis karsinogen (zat penyebab kanker).

Lalu mengapa kanker paru dapat mengancam milenial? Hal tersebut dikarenakan jumlah perokok pada kaum muda yang terus meningkat. WHO memprediksi pada tahun 2020 terdapat 13,1% perokok pada usia 15-24 tahun, dan 18,8% pada usia 25-34 tahun di dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa milenial merupakan orang yang lahir pada tahun 1980-2000, yang mana pada tahun 2020 milenial akan masuk pada golongan umur tersebut. Tentunya peningkatan jumlah perokok pada milenial akan meningkatkan risiko kanker paru.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1K
Perawatan dan Pencegahan Cacar Air Dewasa
Ketahui Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan Anemia Lebih Dini
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B
Kenali Penyakit Sinusitis, Dari Gejala Hingga Pengobatan yang Tepat
Mengenal Penyakit Meningitis serta Cara Pencegahan

Pencegahan dini agar terhindar dari kanker paru tentu dapat dilakukan mulai sekarang. Selain dengan tidak merokok, pola hidup sehat dan pemeriksaan kesehatan secara berkala juga perlu diterapkan untuk mendukung kesehatan tubuh.

Sudahkah anda memeriksakan kesehatanmu? Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan? Yuk unduh Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang juga dan dapatkan kebutuhan obat mu tanpa harus antri.

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention
World Health Organization
National Center for Biotechnology Information

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis