fbpx
BerandaObatObat Ciprofloxacin: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Jika berkunjung ke dokter untuk periksa, pernahkah Anda mendapatkan resep Obat Ciprofloxacin HCl? Jika iya, bisa jadi diagnosis penyakit yang Anda rasakan karena infeksi bakteri pada bagian organ tubuh tertentu. Iya, bukan? Pernahkah Anda bertanya Ciprofloxacin obat apa? Apa kegunaan obat Ciprofloxacin? Simak penjelasan lengkap obat Ciprofloxacin HCl di bawah ini.

Obat Ciprofloxacin: Kegunaan dan Cara Penggunaan

Mengenal Obat Ciprofloxacin

Kegunaan Obat Ciprofloxacin HCl 500 Mg merupakan salah satu jenis antibiotik untuk mengatasi berbagai masalah infeksi akibat bakteri, diantaranya infeksi saluran kemih, infeksi saluran pencernaan, infeksi mata, hingga infeksi menular seksual. 

Manfaat obat Ciprofloxacin adalah mengatasi penyakit berdasarkan infeksi tersebut. Cara kerja dari obat ini yaitu dengan membunuh atau mencegah perkembangan dari bakteri penyebab infeksi tersebut. 

Perlu diperhatikan, karena target sasaran dari obat ini adalah bakteri, maka obat ini tidak akan efektif untuk mengatasi infeksi akibat virus seperti pilek atau flu.

Ada berbagai macam merek dagang dari Ciprofloxacin, misalnya wiaflox, phaproxin, baquinor eye drops, dan masih banyak lagi. Kategori obat ini termasuk dalam obat resep dari golongan antibiotik kuinolon (quinolone). 

Manfaat obat Ciprofloxacin untuk mengobat infeksi akibat dari bakteri dan diperuntukkan untuk dewasa dan anak-anak. Untuk pengobatan penderita dalam kategori ibu menyusui atau ibu hamil, oleh karena itu obat ini termasuk dalam kategori C. Artinya, obat ini telah dilakukan studi terhadap binatang percobaan dan menunjukkan adanya efek samping pada janin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun, belum dilakukan studi terkontrol pada wanita hamil. Meski demikian, pemberian obat ini tetap dipertimbangkan ketika manfaat yang diberikan melebihi besarnya risiko yang terjadi pada janin. Bentuk obat ini berupa tablet, sirup, obat oles, obat tetes mata, infus, dan obat tetes telinga.

Peringatan Penggunaan Obat Ciprofloxacin

Perlu diperhatikan bahwa obat ini tidak boleh sembarangan dikonsumsi. Pasalnya, harus sesuai dengan resep dokter. Beberapa peringatan yang patut dicermati atas konsumsi obat Ciprofloxacin diantaranya bagi:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • penderita gangguan ginjal,
  • penderita penyakit jantung,
  • penderita aritmia,
  • penderita tendonitis,
  • penderita myasthenia gravis,
  • penderita G6PD,
  • penderita epilepsi,
  • dan gangguan lain yang memicu terjadinya kejang-kejang.

Peringatan kedua, waspadai konsumsi obat Ciprofloxacin bagi penderita ABS atau sinusitis bakterial akut, ABE CB, hingga infeksi kandung kemih tanpa komplikasi. Apabila tidak ada pilihan terapi lain, bisa gunakan Ciprofloxacin golongan fluorokuinolon lain. 

Ketiga, pastikan untuk mengkonsumsi obat ini sesuai dosis yang diberikan dokter supaya bakteri penyebab infeksi musnah seluruhnya tanpa risiko kambuh lagi. 

Keempat, beberapa zat lain yang menghambat kinerja obat ini yaitu susu, suplemen dengan kandungan zat besi, obat antasida, dan jeruk. Jadi, usahakan untuk tidak mengonsumsi zat tersebut ketika meminum obat Ciprofloxacin. Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hentikan penggunaan dan periksakan diri ke dokter.

Dosis Ciprofloxacin

Dosis Ciprofloxacin yang diberikan pada pasien berbeda-beda. Hal ini didasarkan oleh jenis infeksi yang dialami dan tingkat keparahannya. Lebih amannya, pastikan untuk mengkonsumsi obat ini sesuai resep dokter ya!

Jaminan Lifepack untuk Anda

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –

5 Gejala Serangan Jantung Yang Harus Anda Waspadai

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mecobalamin, Suplemen untuk Mengobati Neuropati Perifer

Kenali Gejala Penyakit Asma dan Penanganan yang Tepat

Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Penyakit Jantung Koroner: Penyebab dan Pengobatan Alami

Jaminan Lifepack untuk Anda

Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya

Penyakit Hipotensi: Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penggunaan Obat Ciprofloxacin yang Benar

Ciprofloxacin HCl Monohydrate 500 Mg obat yang baik dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Jangan lupa untuk mengoptimalkan cairan dengan konsumsi lebih banyak air putih ketika minum obat ini. Sebab, air putih mampu menurunkan risiko munculnya efek samping. Selain itu,  jangan sekali-kali mengkonsumsi produk susu ataupun yang mengandung kafein saat sedang dalam masa penggunaan obat ini. 

Begitu pula dengan konsumsi antasida, suplemen vitamin dengan kandungan zat besi. Sebab, konsumsi kedua hal tersebut dalam waktu bersamaan akan mengurangi keefektifannya.

Selain itu obat Ciprofloxacin dapat menimbulkan kontraindikasi pada orang dengan hipersensitivitas terhadap Ciprofloxacin atau komponen formulasinya. Pemberian tizanidine bersamaan dengan Ciprofloxacin juga dapat menimbulkan efek kontraindikasi, sehingga sangat penting untuk mengikuti anjuran dokter.

Demikian informasi seputar obat Ciproflozacin. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Butuh konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Atau kunjungi apotek kami offline Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jam operasional pada hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman