fbpx

Penyakit Jantung Koroner: Penyebab dan Pengobatan Alami

Mei 6, 2020 | Jantung | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Mungkin Anda sudah sering mendengar penyakit jantung koroner. Penyakit ini menyerang jantung dan disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol serta zat lainnya yang berada di dinding pembuluh darah. Mungkin Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa penyebabnya, dan apakah penyakit ini dapat sembuh? 

Jantung adalah organ vital bahkan menjadi pusat aliran darah di dalam tubuh. Dengan pertambahan usia, keelastisan pembuluh darah mengalami penurunan, dan ditambah dengan radikal bebas serta plak lemak di dinding pembuluh darah.

Secara medis, penyakit jantung koroner juga sering disebut dengan jantung iskemik. PJK atau Penyakit Jantung Koroner merupakan penyebab kematian paling tinggi di Indonesia. Bahkan, 35% kematian masyarakat Indonesia disebabkan oleh penyakit ini. 

Penyebab Jantung Koroner

Jantung koroner sering disebabkan oleh penumpukan plak dalam lapisan pembuluh darah arteri koroner. Penumpukan ini dapat menyebabkan sebagian atau keseluruhan aliran darah di arteri besar jantung terblokir. Namun terdapat beberapa penyebab lain yang menjadi penyebab kemunculan penyakit ini, antara lain:

Penumpukan Kolesterol

Saat arteri yang memasok darah ke jantung menjadi menyempit dan mengeras maka terjadilah penyakit jantung koroner. Pengerasan arteri ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang sering disebut dengan plak di dinding pembuluh darah. Akibatnya, otot jantung tak lagi memperoleh darah atau oksigen yang diperlukan. Saat jaringan kekurangan asupan, hal tersebut akan direspons dengan nama nyeri dada khas jika tersumbat total, pasien masuk dalam kondisi serangan jantung.

Diabetes

Seseorang yang memiliki diabetes, harus waspada dengan kemunculan penyakit lain yang beriringan dengan penyakit tersebut. Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit ini harus menjaga dietnya dengan baik, karena jika tidak terkontrol akan membuat kolesterol menjadi mudah menembus dinding arteri serta membentuk plak yang berada di pembuluh darah

Kebiasaan Merokok

Pada penyakit jantung ini disebabkan oleh penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Tak hanya itu, Anda juga harus mengetahui beberapa kondisi ataupun kebiasaan tertentu yang membuat seseorang mempunyai risiko mengalami penyakit lain. Kebiasaan yang harus diwaspadai saat munculnya gejala jantung ini adalah merokok. Mungkin Anda juga sudah mengetahui bila rokok memberi dampak yang tak baik untuk jantung. Rokok bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung koroner karena adanya kandungan karbon monoksida dan nikotin di dalam rokok.

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Bila plak belum mengalami robekan atau tak mengganggu aliran darah, belum tentu gejala ini akan muncul, namun bila plak sudah besar, gejala yang ditimbulkan seperti:

  1. Nyeri dada. Nyeri dada. Nyeri ini biasanya menjalar ke rahang, leher, bahu, hingga punggung. Nyeri yang dirasakan mulai dari ringan hingga berat.
  2. Mual, muntah, dan keringat dingin
  3. Irama denyut jantung menjadi tak stabil, bahkan dapat menyebabkan henti jantung mendadak.

Pengobatan Jantung Koroner secara Alami

Selain penanganan medis, ada pula pengobatan penyakit ini secara alami yang dapat Anda lakukan, seperti:

Pola Makan yang Sehat

Pola makan sehat menjadi rahasia pengobatan penyakit ini secara alami. Perubahan pola makan yang harus dilakukan adalah mengurangi lemak. 

Mengkonsumsi Daun Sukun 

Untuk pengobatan penyakit jantung koroner secara alami dapat menggunakan daun sukun. Daun ini memiliki kandungan sitosterol serta flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah serta jantung. Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa merebus daun sukun tua.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kardiomiopati, Penyakit Jantung Yang Dapat Hadir Tanpa Gejala
Penyakit Gagal Jantung Yang Dapat Berujung Pada Kematian
Mengenal Aterosklerosis, Penyumbatan Pembuluh Darah Penyebab Serangan Jantung
Mengenal Sakit Jantung Koroner, Penyebab Kematian Nomor Satu Di Dunia
Kenali Gejala Dan Bahaya Stroke Yang Dapat Mengancam Nyawa
Cara Minum Obat Saat Puasa Ramadhan
Gaya Hidup Millennials Yang Menyebabkan Penyakit Kronis

Hindari stress

Stress menjadi pemicu yang sering terjadi dari kejadian serangan jantung. Stress dapat muncul karena rokok, makan berlebihan hingga kurang tidur.

Olahraga secara teratur

Pengobatan secara alami penyakit jantung koroner adalah melakukan olahraga secara teratur. Olahraga aktif akan mengurangi kejadian penyakit ini. tak hanya itu, olahraga secara teratur akan mengurangi faktor risiko penyakit ini seperti mengurangi tekanan darah, kadar kolesterol dan obesitas.

Mari kita upayakan pencegahan jantung koroner sejak dini. Sesal nanti tak berguna kemudian. Lebih baik kita selalu berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi:
U.S National Heart, Lung, and Blood Institute

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis